Intel kabarnya rubah rencana BGA, socket lama dipertahankan sampai tahun 2015


Hardware | 23 March 2013

Intel rubah rencana, tetapi memperpanjang pengunaan socket LGA. Informasi dari produsen di Taiwan menyebutkan socket procesor LGA akan dipertahankan sampai 95%. Setidaknya sampai awal tahun 2015.

Socket LGA akan bertahan sampai arsitek Skylake. Kecuali versi entry level  untuk desktop berbasis Broadwell, Skylake akan dibuat dengan BGA atau procesor ditanam ke motherboard langsung. sedangkan computer kelas menengah keatas tetap menghadirkan socket LGA.

Teknologi chip BGA atau procesor yang ditanam langsung ke motherboard memberikan keuntungan kinerja lebih baik. Seperti pemakaian di tablet, ultrabook atau computer all in one desktop seperti iMac sudah mengunakan chip BGA.

Kendala pengunaan procesor BGA, dari pabrikan motherboard harus menyediakan banyak pilihan. Dengan socket LGA, pembeli yang memilih procesor yang mereka perlukan, sedangkan pabrik motherboard menyediakan 1 atau 2 motherboard.

Dengan sistem BGA, pabrikan motherboard harus menyediakan banyak model motherborad dengan procesor berbeda beda. Pembeli tinggal memilih motherboard dan tipe procesor mereka, walau pembeli tidak mungkin menganti procesor bila membeli motherboard tipe BGA. Pabrik motherboard akan repot menjual produk dengan socket BGA karena harus menyiapkan banyak procesor dan motherboard.

Dari Intel sendiri sebenarnya kurang menguntungkan bila pindah ke LGA, walau harga motherboard akan lebih murah karena hilangnya biaya komponen socket LGA. Sementara AMD terus membanjiri model procesor mereka dan lebih banyak dari produk Intel. Membuat pembeli lebih senang dengan banyak pilihan.Hari ini beli procesor murah saja, beberapa bulan baru upgrade ke procesor yang lebih baik.

Berita terkait
Socket computer memudahkan pemiliknya untuk menganti procesor dikemudian hari. Ada kabar tentang procesor Broadwell sebagai procesor mainstream akan dikemas dalam bentuk BGA. Jadi procesor tidak bisa dicabut pasang, dan dipasang permanen seperti chip procesor smartphone.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.




No popular articles found.