Soyus pecahkan rekor ke ISS stasiun ruang angkasa kurang 4 jam sudah sampai


Science | 11 July 2018

2013 Maret Soyuz ke ruang angkasa sampai dalam waktu 6 jam.
Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz 34 hanya membutuhkan waktu 6 jam.

Misi Expedition 35 menjadi waktu tercepat perjalanan astronot ke ruang angkasa minggu ini.

Setelah diluncurkan , 6 jam langsung sampai di ISS. Berangkat dari Baikonur Comodrome di Kazakhstan hari Jumat jam 4:43 sore atau jam 8:43 GMT. Dan sudah docking di ISSjam 3:28 GMT. Soyuz 24 membawa 3 astronot ke ISS.

Ketiga astronot Cassidy, Vinogradov dan Misurkin langsung mendapatkan rekor kecepatan sebagai manusia yang melakukan perjalanan paling cepat dalam waktu 6 jam.

Untuk mendapatkan waktu tersebut perlu diperhitungkan kapan ISSmelewati daerah peluncuran. Teknik ini disempurnakan oleh pihak antariksa Rusia.

 

2020 Oktober pecahkan rekor 3 jam 2 menit
3 astronot, NASA Kate Rubins dan kosmonot Rusia Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov.
Berangkat jam 2 dan tiba di ISS jam 4:48. Hanya 3 jam 2 menit setelah lepas landas. Tetapi palka baru dibuka jam 07:07.
Ketika waktu yang tepat, kapsul hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk menyesuaikan kecepatan dengan stasiun ruang angkasa.
Dengan 2 kali orbit dapat sampai di ISS, dan 3 astronot bergabung dengan 3 astronit lain yang sudah disana.

2018 Juli 10, pesawat The Progress 70 sampai dalam waktu kurang dari 4 jam.
Rekor baru peluncuran pesawat ruang angkasa, langsung sampai 4 jam di stasiun ruang angkasa ISS.



Pesawat Progress 70 milik Rusia, diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada jam 17:51 (ET). Dan sampai di stasiun ruang angkasa ISS pada jam 21:31 ET.
Pesawat Progress 70 tidak membawa astronot, tapi membawa 3 ton kebutuhan astronot di ISS. Seperti makanan, bahan bakar, dan suplai.
5 tahun sejak rekor paling cepat dalam 6 jam, akhirnya terpecahkan di bulan Juli 2018.


Berita terkait
www.nasa.gov/home/hqnews/2013/mar/HQ_13-089_Soyuz_Launch.html
Rusia telah melepas modul Pirs yang berusia 20 tahun diganti dengan modul ruang angkasa baru. Stasiun ruang angkasa ISS mengunakan sistem modul untuk merakit menjadi unit lebih besar. Setelah tertunda selama 13 tahun, Pirs diganti dengan Nauka

Setelah Rusia memutuskan mundur mengurus ISS. Tahun 2021 ini, proyek Tianhe dari stasiun ruang angkasa China dimulai. Bukan prototipe, tapi stasiun yang akan dibangun untuk dihuni astronot. Rencananya stasiun Tianhe selesai pada tahun 2020, setidaknya membutuhkan peluncuran sampai 10x



Dari ESA membuat merekam keadaan di dalam kapsul ruang angkasa Soyuz. Berangkat ke ruang angkasa biasa saja, dan membutuhkan waktu 8 menit. Kembali dari ruang angkasa, rekaman 20 menit sebagai latihan bagi astronot ketika lepas dari stasiun ISS untuk kembali ke bumi. Seperti apa sih di dalamnya, kata astronot lebih kacau dari roolercoaster.

Astronot paling lama tinggal di ruang angkasa adalah Jeff William. Dia baru saja melewati rekor astronot Amerika sebelumnya Kelly. Menyusul astronot wanita Peggy Whitson tinggal di stasiun ISS baru pulang September 2017

Setelah melakukan perjalanan selama 5 tahun. Pesawat Juno kirim 1300 gambar dari jarak 2,8 miliar km. Foto planet Jupiter diambil dari tanggal 12 - 29 JUni 2016

Operasi stasiun ruang angkasa internasional kabarnya akan berakhir. Rusia berencana memisahkan diri dari pengunaan modul IIS, dan membuat menjadi stasiun ROS atau Russian Orbital Station. Sejauh ini peralatan Rusia sudah bekerja bertahun tahun di stasiun ISS, menjaga kru atau astronot aman disana.

DSCOVR berada 1,6 juta km dari Bumi. Satelit tersebut posisinya lebih jauh dari posisi bulan ke Bumi. Jadi bisa mengabadikan posisi Bumi lebih luas. Satu video dari Nasa ini menarik, karena foto bulan yang diambil bukan dari sisi depan tapi di sisi belakang.



Modul ruang angkasa termasuk 3 astronot ke stasiun ruang angkasa ISS. Apakah langsung terbang ke atas dan menyatu dengan ISS. Modul antariksa tidak langsung terbang tapi harus mengejar stasiun tersebut. Ada tahapan untuk menyamakan posisi, sebelum modul terhubung ke pintu stasiun

Dan Winters seorang fotographer dan dia bisa mengambil sayap pesawat ruang angkasa Atlantis dari jarak sangat dekat. Apakah dia berada dekat dengan mesin roket yang sedang mengangkat pesawat Atlantis.

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.




No popular articles found.