Seagate Desktop HDD.15 kapasitas 4TB harddisk murah dibanding WD


Hardware | 3 April 2013

Harddsisk 4 TB buatan Seagate hanya $190, baru diumumkan minggu ini. Harga tersebut relatif lebih murah dibanding produk WD. Seagate mengunakan 4 platter, satu platter menampung 1TB dat.

Seagate 4TB memiliki buffer 64MB, SATA3, kompatibel dengan SATA 2 dan SATA 1. Tetapi putaran hanya 5900RPM, sedangkan model sebelumnya seperti Barracuda memiliki putaran 7.200RPM.
Seagate mengatakan untuk putaran RPM lebih rendah akan menurunkan pemakaian energi lebih rendah sampai 35%.

Kecepatan tranfer Seagate Desktop HDD.15  sekitar 180MB/s, sedangkan model 7.200RPM mencapai 210MB/s. Sedikit lebih lambat, tetapi lebih hemat power.

Jangan lupa mengunakan harddisk 2TB keatas membutuhkan OS Windows 7 keatas dan BIOS UEFI. Kecuali anda ingin mengunakan di OS lama seperti Windows XP, bisa memanfaatkan fitur software DiskWizard. Untuk harddisk sebagai boot system, tetap memerlukan BIOS baru tipe UEFI.

Berita terkait
www.seagate.com/internal-hard-drives/desktop-hard-drives/desktop-hdd/?cmpid=friendlyurl-_-desktop-hdd-amer
Seagate keluarkan harddisk yang mampu bekerja 24 jam nonstop dengan kapasitas 4TB. Pemakaian power lebih hemat 32% dan harga harddisk lebih murah. Seagate memberikan garansi selama 3 tahun pemakaian.

Seagate keluarkan 3 harddisk baru khusus untuk NAS atau storage network. Model ST4000VN000, ST3000VN000, ST2000VN000 mengunakan interface SATA dengan kapasitas dari 4, 3 dan 2TB.



Highpoint keluarkan Rocket 750 dengan 40 port SATA3 controller. Mengunakan jack motherboard PCIe 2.0 x8 satu port di belakang dapat dipasangkan mini SAS cable sampai 4 buah.

Harddisk masih mahal, tidak juga. Seagate keluarkan harddisk baru dengan teknologi OptiCache, kombinasi teknologi tinggi dari microprocesorr harddisk, DRAM dan alogaritma

Hanya penurunannya seperti mengulang dari awal. Karena harga harddisk sempat melambung pada bulan Oktober 2011 lalu. Bisa dilihat dari  grafik Dynamite Data, harga harddisk sudah kembali normal

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

SSD sampai saat ini masih terkendala dengan harga dan kapasitas. Membeli harddisk masih lebih murah dibanding SSD. Sekarang SSD sudah turun, memang belum mampu menandingi harga harddisk. Secara logika , produksinya berbeda, teknologi berbeda dan kecepatannya tentu berbeda.




No popular articles found.