Estimated Size Universe, ini bagus sekali untuk belajar antariksa


Science | 5 April 2013

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan

Diawali ukuran manusia, lalu membesar menjadi planet sampai menjauh lagi dengan galaksi dan terakhir sebagai perkiraan alam semesta yang ada saat ini. Menariknya dari gambar animasi Flash bisa memberikan pelajaran sebesar apa Nebula dibanding galaksi yang kita tinggali saat ini. Atau membayangkan sebuah galaksi yang besar, ternyata di alam semesta ini hanya sebesar pentol korek juga.

Melihat matahari yang besar, dan ukuran bumi yang kecil. Tetapi matahari malah jauh lebih kecil dibanding bindang lain seperti WOH G64, Cephei dan lainnya. Ukurannya entah berapa ribu kali lebih besar dibanding Matahari, Karena diameter bintang raksasa bisa selebar jarak matahari ke bumi dan lebih lebih besar lagi.



Bagaimana dengan galaksi, ukuran galaksi Milkyway atau Bima Sakti dan galaksi terdekat Andromeda cuma imut saja dibanding luas IC1101 atau Abel 2029. Sejauh apa mata teleskop, akhirnya berakhir di bidang gelap dan tidak bisa dlihat lagi. Sejauh ini manusia menyebut sebagai alam semesta yang mereka ketahui. Dimana ujung alam semesta, itu pertanyaan yang tidak terjawab

Gambar bisa di lihat di situs htwins.net/scale2


Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. Voyager 2 memasuki Heliosphere.sempat mengalami gangguan, 5 Februari 2020 berhasil di Reboot.

Kalau di tanya berapa jauh jarak 1 tahun cahaya itu. Bukan berarti satu sinar menempuh perjalanan selama 1 juta tahun, dan jaraknya menjadi sangat jauh. Berapa tepatnya jarak 1 tahun cahaya. Cahaya memiliki kecepatan dan dihitung dalam satuan cahaya. Animasi dari kecepatan cahaya, sangat cepat di bumi. Tapi di ruang angkasa terlihat sangat lambat.



2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.



NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Cosmic Ray membantu manusia mengerti tentang alam semesta. Kita hanya mengetahui 4% dari apa alam semesta terbentu. Bisakah kita mengetahui yang ada di luar galaksi kita. Cosmic ray seperti data yang mengirim pesan ke Bumi untuk dipelajari.

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.



Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi. Apakah bintang terdekat memang sangat dekat

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.



Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar

Fisikawan Inggris Stephen Hawking memperingatkan kepada kita, manusia tidak akan bertahan di bumi. Nasihatnya, kita harus pergi ke luar angkasa, dan kita tidak akan bertahan di planet yang rapuh ini kecuali melarikan diri ke planet lain.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

Foto pertama dari beberapa harta karun penemuan hutan tua di China. Mungkin sangat tua, karena berumur 298 juta tahun lalu. Ditemukan di bawah tambang batubara di Wuda Mongolia Cina.




No popular articles found.