Semut ternyata memiliki tugas, dibagi dari usia


Science | 20 April 2013

Manusia mulai sekolah lalu bekerja. Yang muda akan berusaha, lalu menjaga yang lebih tua. Semakin tua manusia cenderung memperluas pandangan. Semakin tua dan semakin bijak manusia hidup.

Demikian lingkungan semut. Penelitian dari Swiss melakukan test koloni semut yang dibuat di koloni mereka. Semut diberikan kode agar bisa dibaca oleh computer. Dan selama berbulan bulan dan tercatat 2,4 milyar data untuk diteliti dan mengungkap kehidupan yang tidak pernah kita ketahui tentang semut.

Peneliti menemukan sekitar 40% semut bertugas sebagai perawat, menjaga ratu dan telur semut dan anak anak semut. Memberikan makanan yang dibawa dari semut diluar. 30% adalah pemburu yang mengumpulkan makanan, biasanya ada di sekitar sarang pintu masuk. Sisainya adalah bagian pembersih, terkadang ditemukan di dekat timbunan sampah koloni.




Semut berpindah tugas sesuai umur. Yang muda berada di dalam, yang lebih tua bekerja diluar tetapi berinteraksi dengan semut di dalam untuk membawa makanan. Sedangkan semut tua berada diluar tetapi tidak lagi masuk ke dalam agar koloni mereka tidak tercemar.

Penjelasan dapat dilihat dari BBC Youtube.


Berita terkait
Nyamuk tidak hanya berbahaya tapi dapat membawa parasit. Seperti penyakit malaria atau parasit yang menginfeksi manusia. Tapi nyamuk juga berjasa, dan tidak mungkin dimusnakan begitu saja. Nyamuk menjadi ekositem mahluk lain.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan



Seorang pria berumur 69 tahun, pekerjaannya sebagai pengemudi truk. Setiap bekerja pada sisi wajah kirinya lebih banyak terkena sinar matahari. Selama 28 tahun sebagai pengemudi, wajah kirinya mengalami penuaan dini.




No popular articles found.