Serangan perangkat mobile ada 5 kategori. Ini yang harus dikenali


Security | 6 June 2013

Dari perusahaan antivirus Lookout, mengeluarkan laporan 5 ciri serangan pada perangkat mobile.

Adware
Chargeware
Spyware
Surveillance
Trojan.

4 negara dijadikan sampel oleh data Lookout. Serangan banyak terjadi di India, mencapai 5,49%, sedangkan Inggris hanya 2,16%, dan Amerika 1,66%.

Surveillance atau serangan untuk memata-matai data di perangkat mobile.
Dirancang khusus untuk menangkap dan mentranmisikan data tanpa sepengetahuan user. Targetnya untuk mendapatkan informasi
Berita tersebut terungkap dengan software Pegasus dari perusahaan Israel untuk mata mata yang seharusnya ada kerja sama antara negara.
Tujuan pembuatan Pegasus untuk mencegah kejahatan internasional

Terakhir disebutkan software Pegasus dijual ke perusahaan
Entah mengapa software tersebut dijual ke luar tanpa perjanjian antar negara.
Software mata mata adalah mendengar semua aktivitas di smartphone.
Jurnalis di Amerika Latin yang vokal, dikabarkan menjadi korban software tersebut.



mSpy Android salah satu aplikasi Spyware, tetapi tidak secanggih Pegasus.
Berfungsi untuk mematai-matai sebuah ponsel sampai mengambil data.
mSpy bisa berarti baik dan buruk. Bila mereka yang membeli, dan menginstall di satu smartphone.
Si pemilik akun dapat memantau ponsel tersebut. mSpy dapat bersembunyi setelah di install tanpa terlihat aplikasi tersebut ada di depan layar.

Spyware mirip seperti diatas, tapi lebih umum dan luas mencuri data penting.
Spyware lebih bebas, terkait siapa yang membuat, menyebar dalam berbagai bentuk
Seperti software, crack dan hal lain yang disusup. Tujuannya lebih personal atau organisasi dengan beberapa tujuan yang mereka inginkan.

Chargerware, aplikasi ini tersembunyi.
Diam diam melakukan panggilan telepon atau SMS dan penguna akan dikenakan biaya premium.
Sebelumnya negara Jerman paling rentan karena memiliki beberapa layanan jenis ini.

Adware sudah kita ketahui.
Aplikasi yang menampilkan iklan tanpa keinginan pemakai.
Bila mendapatkan aplikasi seperti ini, ada baiknya di uninstall.
Khususnya mereka yang tidak memiliki layanan Plan Data internet di smartphone, aplikasi akan memanfaatkan terlalu banyak biaya internet.

Trojan menargetkan serangan untuk remote ke perangkat mobile.
Bila sudah ditembus dan menginfeksi, maka perangkat akan dimanfaatkan oleh penyebar Trojan.


Trojan lebih banyak di temukan dalam software computer.
Trojan adalah alat untuk masuk, dan di belakangnya nanti menyusul serangan lain seperti Botnet, spamming dan lainnya.

India terbesar dengan serangan Adware, disusul Jerman, Amerika, Inggris dan terkecil di Jepang. Serangan trojan relatif sama di 4 negara tersebut.

Berita terkait
Bila mengunakan model WIFI Router, khususnya perangkat Range Extender. Lihat tanggal produksi antara tahun 2010-2015. Periksa untuk update firmware bila tersedia. Malware Mirai telah terditeksi sedang di coba oleh penjahat internet untuk memanfaatkan kelemahan di WIFI Router.

Cara memeriksa file online file Android atau Windows. Setidaknya 4 layanan dapat digunakan memeriksa apakah file terinfeksi dan menganggu computer OS Windows. Termasuk data file pernah masuk ke layanan antivirus dan kapan sudah disebarkan. Virustotal.com layanan terbaik, dengan data engine antivirus paling lengkap



Pegasus ditemukan setidaknya 50 ribu nomor telepon. Menyusup di smartphone kalangan eksekutif, jurnalis, aktivis yang menjadi target. NSO grup pembuat software mata mata tersebut menolak pengunaan software mereka untuk warga biasa. Yang terjadi berbeda, setelah terungkap oleh badan Amnesty dan dilakukan investigasi lebih lanjut. Aplikasi Pegasus sudah menyusup di smartphone jurnalis.

Memeriksa malware dari layanan Google dengan Google Play Protect dapat diaktifkan dari smartphone. Sekarang dapat diperiksa apakah ada aplikasi berbahaya di smartphone. Cara setting Google Play Protect. Antivirus tidak sepenuhnya aktif, karena dapat memboroskan power baterai.

Layanan security Dr.Web menemukan 9 aplikasi yang telah di download 5,8 juta kali. Tapi aplikasi tersebut mencuri akun login Facebook anda.  Google telah menghapus 9 aplikasi berbahaya tersebut, tapi sebagian sudah di download oleh penguna, terdiri dari aplikasi Android foto, olahraga, ramalan, dan kunci

Peneliti Check Point menemukan sistem Android 6 akan menjadi masalah bila penguna tidak mengetahui adanya permintaan dari aplikasi. Di Android 6 Marshmallow, Google menambahkan ijin dari Permission SYSTEM_ALERT_WINDOW. Atau ada yang mencuri foto anda diam diam dengan SonicSpy di aplikasi Hulk Messenger, Troy Chat dan Soniac




No popular articles found.