Cosmography of the Local Universe menceritakan sebesar apa alam semesta


Science | 13 June 2013

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Itulah galaksi yang Bimasakti dan di dalamnya terdapat tata surya, dan di dalamnya lagi ada planet bumi.

Video Cosmography of the Local Universe ditampilkan dalam gambar 3 galaksi. Posisi Bimasakti bisa terlihat, sebagai titik pandang astronomi melihat sejauh mungkin ukuran alam semesta.





Dari video diberikan pengetahuan untuk melihat secara bertahap, dari ukuran galaksi Bimasakti, dan galaksi terdekat, lalu menjauh sampai ke seluruh universe. Termasuk letak cluster , lubang hitam , gugus Hercules dan lainnya.
Melihat pergerakan alam semesta dekat kita (bukan semuanya, hanya yang terdekat di analsisa). Video ini menceritakan gerakan benda di alam semesta, tidak diam tetapi bergerak ke arah berbeda.

Video Cosmography of the Local Universe bisa dilihat via Vimeo
Download video irfu.cea.fr/cosmography

Info dari Cornel University


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Kalau di tanya berapa jauh jarak 1 tahun cahaya itu. Bukan berarti satu sinar menempuh perjalanan selama 1 juta tahun, dan jaraknya menjadi sangat jauh. Berapa tepatnya jarak 1 tahun cahaya. Cahaya memiliki kecepatan dan dihitung dalam satuan cahaya. Animasi dari kecepatan cahaya, sangat cepat di bumi. Tapi di ruang angkasa terlihat sangat lambat.

El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.



Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya.

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.



Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Ilmu astronomi untuk membayangkan sebesar apa sebuah galaksi. Bayangkan tata surya itu hanya sebesar pasir, lalu letakan pasir di sebuah rumah ibadah . Dikalikan seribu kali ruangan rumah ibadah itulah ukuran sebuah galaksi, atau mungkin lebih besar lagi




No popular articles found.