Apakah bumi mampu menghasilkan makanan yang cukup bagi manusia


Green | 14 June 2013

Produksi daging sapi sudah mencapai 7x lipat dibanding tahun 1950an. Planet bumi adalah mesin raksasa pembuat makanan, setiap manusia membutuhkan makan dan bumi masih mencukupi. Sekarang jumlah penduduk dunia memasuki era 7 milyar manusia. Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia.

Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.

Petani di seluruh dunia memiliki padang rumput yang mencukupi. Tetapi tidak mampu menutupi permitaan daging bagi semua orang untuk dijadikan daging hamburger. Harga daging sapi di Amerika sudah naik akibat kurangnya pasokan daging sapi karena padang rumput mengalami kekeringan.

Bagaimana dengan ikan. 85% populasi ikan di dunia ini di ekploitasi secara berlebihan dan suatu hari akan habis sama sekali. Nelayan sudah berlayar semakin jauh untuk mencari ikan dan berakhir dengan jumlah tangkapan lebih sedikit. Kebutuhan tangkapan ikan terus naik dalam beberapa tahun terakhir



Ternak lain juga sama nasibnya, khususnya ternak dengan gandum yang semakin berkuran. Masyarakat Cina dengan jumlah penduduk terbesar. Di tahun 1975 hanya rata rata memakan 8kg daging pertahun, tahun 2011 diperkirakan mencapai 37kg (JP Morgan). Dampaknya kebutuhan pakan ternak disana semakin meningkat, dan harus di impor dari luar. Tentu akan berdampak ke negara lain yang membutuhkan pakan ternak mereka.

Bukan penduduk Cina yang mengkonsumsi pangan sangat besar. Saat ini jumlah penduduk dunia sudah mencapai 7 milyar manusia. India diperkirakan akan melewati jumlah penduduk Cina, setelah pertumbuhan penduduk Cina mulai melampat. Setidaknya dalam 15 tahun kedepan, India menjadi negara dengan penduduk paling banyak.

Walau pertumbuhan populasi penduduk di Cina sudah melambat, tetapi pendapatan mereka terus meningkat. Dimana orang dengan penghasilan lebih akan mengkonsumsi daging lebih banyak.

Data diatas adalah gambaran seperti apa manusia mengkonsumsi makanan dan dampaknya di masa mendatang. Setidaknya kita bisa berpikir kembali manfaat untuk melakukan diet untuk hidup lebih sehat dan mengurangi beban dunia.

Berita terkait
Ketika CEO Jun Lei melihat sekotak adaptor charger di lacinya. Dia memunculkan ide tidak menjual produk smartphone disertai adaptor charger. Tahun 2021 idenya tercapai membuat 2 kemasan berbeda. Ide muncul ketika harus membuang sekotak adaptor charger yang tidak terpakai.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman



Minum sekali dua kali mungkin tidak masalah, tetapi banyak yang mengunakan minuman energi drink atau minuman berenergi terlalu banyak. Tetapi diperlakukan dengan meminum setiap hari sebagai suplemen. Itu masalah besar

India dipastikan akan melewati jumlah penduduk Tiongkok. Jumlah penduduk dunia meningkat dari 1 miliar menjadi 7 miliar dalam 200 tahun saja. Diperkirakan jumlah penduduk akan melambat dengan keluarga berencana, atau sumbar daya bumi akan habis oleh manusia.

Perusahaan Foxconn melarang penjualan mie instan merek Master Kong. Tujuannya untuk menjaga kesehatan karyawan mereka, tapi bagi yang menyukai silakan membeli diluar. Mengapa mie instan ini dilarang.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.



Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan




No popular articles found.