Alam semesta itu sangat besar kata astronom Edward


Science | 17 June 2013

Ilmu astronomi untuk membayangkan sebesar apa sebuah galaksi. Bayangkan tata surya itu hanya sebesar pasir (yang dimaksud tata surya adalah matahari dan planet yang mengitari), lalu letakan pasir di sebuah rumah ibadah. Galaksi memiliki ukuran 1000kali dari ruangan rumah ibadah, atau mungkin lebih besar lagi. Itu baru ukuran sebuah galaksi dibanding tata surya dengan perbandingan seukuran pasir.

Manusia mencari tahu sebesar apa alam semesta. Membuat teropong paling besar dan semakin besar. Bahkan mencari tempat daerah paling gelap seperti di ruang angkasa. Dan menempatkan teleskop Hubble di ruang angkasa. Semakin jauh dilihat, semakin banyak galaksi yang ditemukan.

Bagaimana astronomi menghitung gerakan sebuah bintang.

Mengunakan teropong dari bumi, dan menghitung jarak pergerakan sebuah bintang
Yang ditangkap adalah pergeseran teropong di bumi. Jarak di ukur ketika bumi berada di sisi kiri dan kanan matahari dalam jedah waktu 6 bulan.
Contoh cara menghitung jarak sebuah bintang, mengunakan 2 kali pengamatan ketika bumi berada disisi berbeda dengan matahari.



Perhitungan lain dengan mengukur cahaya.
Ketika malam hari yang dilihat bukan hanya objek di galaksi Bimasakti, tetapi objek lain. Sekitar 10.000 lebih galaksi yang ditemukan, hanya telihat sebesar sebuah pasir dari teleskop.  Sebesar alam semesta yang berisi entah seberapa banyak galaksi yang sudah ditemukan.

Astronomi Pete Edward dari universitas Durham mengingatkan bahwa alam semesta itu besar, sangat besar.






Gambaran dari NASA tentang keberadaan Bimasakti (Milky Way dalam bahasa Inggris) dan tempat keberdaannya dari galaksi lain





Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
ESA menyiapkan pesawat ruang angkasa Comet Interceptor. Bertugas mempelajari benda asing yang datang dari antar bintang, masuk ke orbit tata surya. Tidak hanya 1 tapi 3 pesawat disiapkan. mengingat Oumuamua asteroid besar dan mungkin masih banyak lagi

Tim peneliti membandingkan sudut pandang dan kesempatan alien dan kita dapat saling melihat. Mengunakan metode Earth Transit Zone (ETZ). Ketika ada kesempatan / waktu kita melihat mereka dan waktu yang tepat mereka melihat kita. Tetapi kesempatan tersebut belum tentu sama, bahkan memiliki rentang waktu berbeda-beda.



Ruang angkasa adalah ruang vakum. Tapi apakah vakum dari seluruh isinya, tidak ada udara, tidak ada gas. Ruang hampir merupakan ruang hampa absolut, tetapi bukan karena terhisap tetapi karena hampir kosong. Lalu apa penyebanya.

Exoplanet adalah singkatan dari planet diluar tata surya, ekstrasurya. Mencari planet tidak mengunakan metode yang sama. Sejauh ini ada 3 cara menemukan planet di luar tata surya, dan menentukan perkiraan bentuk planet baru, massa, ukuran, orbit yang menarik diteliti para astronom. Metode apa saja yang digunakan dalam mencari planet.

Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya. Kemungkinan pergerakan galaksi disebabkan gravitasi antar cluster galaksi, atau faktor energi gelap.

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya. Ini cerita setelah teleskop Hubble pensiun



Foto dari artisl Roberto Ziche memberikan gambaran lebih jelas sebesar apa matahari dan planet di tat surya. Ditambah 4 planet kerdil dari Pluto, Huamea, Makemake dan Eris.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.




No popular articles found.