Korea Utara dengan lemari es adalah barang mewah


Stuff | 19 June 2013

Ukuran status sosial di Korea Utara adalah barang elektronik. Bahkan pemerintah Korea Utara memberikan sebuah lemari es kepada peraih medali emas Olympiade. Atau memberikan sebagai hadiah bagi rakyat yang loyal kepada negara.

Kehidupan ekonomi di Korea Utara memang berubah, khususnya bagi sebagian orang. Misalnya banyak terjadi perdagangan di pasar gelap dengan China yang dilakukan minoritas kecil pejabat elit dan pelaku bisnis disana. Penduduk yang sudah kaya "dalam tanda petik" pertama yang akan dibelanjakan dari uangnya untuk lemari es.



Ada yang unik dari cerita seorang profesor universitas Kookmin di Korea Selatan. Andrei Lankov mengatakan penduduk Korea Utara sangat miskin, tetapi ada kegiatan semi ilegal membuat orang kaya baru disana. Sekitar 1 berbanding 15-20 keluarga di Pyongyang dan dibagian barat sekarang memiliki kulkas. Sebelum tahun 1999, perbandingan pemilik kulkas hanya 1 berbanding 100.

Kebanyakan lemari es di impor dari China. Pertanyaannya apakah lemari es disana bisa berjalan dengan baik. Di Korea Utara rutin mati lampu, apakah makanan di kulkas tidak rusak ketika listrik padam. Atau hanya dijadikan pajangan sebagai simbol sosial, karena suhu disana sudah sangat dingin.

Seperti apa kehidupan di Korea Utara. Puluhan tahun tidak berbeda, dan propaganda pemerintah, tentara dan petugas keamanan ada dimana saja. Ini foto asli masyarakat Korea Utara. China siapkan kamp pengungsian bila terjadi perang.

Panjangnya ratusan meter, lebih tinggi dari stadium London Olympic. Itulah kapal Triple E yang mulai melayani angkutan barang bulan Juni 2012 lalu. Tahun 2018 kapal terbesar adalah kelas HMM dibangun di galangan kapal Korea.




No popular articles found.