Kota tertinggi di dunia hanya ada di Amerika Selatan dan Himalaya


News | 12 July 2013

La Rinconada. Bukan kota yang tercatat resmi, hanya sebuah camp pertambangan di Andes Peru yang terpencil. Disana tinggal sekitar 50.000 orang di ketinggian 5.100meter. Yak tidak salah 5000 meter lebih.
Sama saja seperti tidur, bangun dan bekerja di ketinggian Puncak Jaya.

Tempat tinggal bagi pekerja tambang (emas) di ketinggian ini memang buruk. Tidak ada sanitasi dan kandungan merkuri dari sampah pertambangan.



Ilmuwan menarik meneliti disana. Karena udara yang tipis Setiap oksigen yang diambil paru paru, hanya berisi setengah dibanding kadar di dekat pantai. Dampaknya bagi manusia adalah  Hipoksia

Kehilangan oksigen konstan dapat menyebabkan sintrom yang disebut CMS atau penyakit gunung kronis. Bagi yang tidak biasa akan mengalami pusing, sakit kepala, berdengin, masalah tidur dan lainnya. Bahkan dapat menyebabkan gagal jantung.

Tim peneliti baru kembali dari kota tertinggi tersebut. Apa yang ditemukan dengan pekerja tambang
Ketika timbul penyakit CMS, disebabkan kekentalan darah. Karena kekurangan oksigen membuat tubuh meningkatkan sel darah merah.
Jumlah hemoglobin tertinggi yang ditemukan mencapai 2kg, sedangkan orang yang tinggal di daratan rendah rata rata 747g.

Tim peneliti juga melaporkan tekanan darah pada paru paru orang sehat sekitar 15mmHg.
Pada penderita CMS mencapai 30mmHG  ketika beristirahat, dan 50mmHg ketika berolahraga.
Ini adalah nilai gila gilaan kata Verges dari tim peneliti. Bagaimana mungkin kapiler di paru paru dapat mentolerir tekanan tersebut.

El Alto menjadi kota kedua tertinggi  di dunia. Berada di 4.150 meter dan berada di negara Bolivia. Penduduk disana adalah pendatang dari daerah lain di pedesaan sejak 1950. Lalu menjadi padat seperti sekarang ini dan dirubah statusnya menjadi sebuah kota. Sebelum penduduk datang kesana, tercatat sejak 1903, awalnya El Alto merupakan daerah yang kering dan tidak berpenghuni.





Potosi, berada sama seperti El Alto. Ketinggiannya hanya berbeda sedikit, 4090m. Sudah lama ada sebagai kota pertambangan. Berada di dekat puncak gunung Cerro De Potosi yang memiliki ketinggian 4824meter. Penduduk disana tinggal untuk bekerja ditambang dan sempat menjadi kota paling kaya. Tetapi sejak hasil tambang tidak menguntungkan lagi, ekonomi di kota tersebut menurun.




Shigatse berada di Tibet China. Memiliki 100 ribu penduduk dan menjadi kota terbesar di Tibet. Berada di ketinggian 3840 meter dan pertemuan sungai Yarlung Tsangpo / Brahmaputra dan sungai Nyang. Kota ini berada di permukaan yang datar, dan dikelilingi oleh pengudungan.






Juliacia
Juliaca di selatan Peru, memiliki populasii padat dengan 220 ribu penduduk lebih. Berada di ketinggian 3825m. menjadi kota terpadat di wilayah tersebut

Puno.
Kota Oruro berada di Bolivia dengan jumlah penduduk hampir sama seperti Juliaca. Berada di ketinggian 3706 meter. Kebanyakan pekerja disana sebagai pekerja tambang.

Lhasa berada di  bawah pegunungan Himalaya. Berada di ketinggian 3600 meter dan dikelilingi gunung dengan ketinggian 5500 meter. Jumlah penduduk disana sekitar 550 ribu orang dan menjadi kota kedua terpadat di wilayah Tibet.





Pada tahun 2009, banyak orang yang tinggal di kota lebih banyak dibanding mereka yang tinggal di desa. Visual data dari Redditor menunjukan 100 kota terpada di dunia termasuk daerah urban terbesar. Tokyo menjadi wilayah kota dengan penduduk urban terpadat di dunia. 25% penduduk lebih banyak dibanding penduduk kota Jakarta dan wilayah penyokong kota.

Kota apa yang mahal bagi pemilik kendaraan. Khususnya pemilik kendaraan papan atas atau kelas high end. Harga mobil ternyata lebih murah dibanding garasi kendaraan.



Disebut pohon General Sherman jenis pohon sequoia raksasa. Berada di taman nasional California tapi ukuran batang pohon terbesar yang pernah diketahui. Pohon ini bukan pohon tertinggi, hanya ukuran batangnya sangat besar sampai naik setinggi 83 meter. Diameter pohonnya saja 7.7 meter.

Judulnya sudah jelas, 2 orang gila ini naik ke puncak gedung tertinggi kedua di dunia yaitu Shanghai Tower. Tingginya 650meter, keduanya tampak tidak memiliki rasa takut atau vertigo di ketinggian. Masalahnya keduanya naik tanpa ijin dan tanpa pengaman.

Jaringan data center Google di Asia sudah online. Ada 2 tempat, satu di Taiwan dan satu lagi di Singapura. Kabar baru menyebutkan Google batal membangun data center di Hongkong.



Sebuah kota kecil ini hanya di tinggali 149 orang, terletak di tengah zona radio dengan luas 13 ribu mil. Di area ini semua alat elektronik dilarang. Dari perangkat radio, WIFI, TV, ponsel dan bluetooth yang bisa memancarkan gelombang radio tidak boleh masuk. Apa yang ada di kota ini.

Fenghuang adalah kota kuno terletak di sudut barat daya provinsi Hunan China dan ditengahnya melintas sungai tua Jiang Tuo. Kota ini terawat baik, dan tidak tersentuh modernisasi, mempertahankan bahasa yang unik, serta istiadatnya. Struktur bangunan masih lengkap dengan khas gaya Ming dan Qing.

Kota Beijing kemarin sempat diributkan dengan polusi tinggi. Kota beselimut kabut asap dan polusi sampai 10x lipat dari standar yang ditentukan. Tetapi bukan Beijing menjadi kota paling berpolusi.




No popular articles found.