Black Hole dan titik tengah Bima Sakti


Science | 14 May 2018

Film tentang galaksi Bimasakti

Dibawah ini video yang diupload di Youtube dari data asli di dari ESO

00:10 - zoom and pan the colour image obtained with the VLT;
00:56- zoom in real images of the galaxies, starting from a wide angle view, all the way to the sequence of real images showing the stars orbiting the black hole at the centre;
01:30- fade from the real data to a 3D animation of the stars around the black hole;
02:00- 3D animation showing the S2 star orbiting the black hole
02:35- 2D animation with all the measured stars, reproducing the real observations.

h

Gambar dibawah ini diambil dari satelit teleskop Spitzer. Bila dilihat rentang cahaya dibawah memiliki lebar jarak 760 tahun cahaya. Dari jauh hanya terlihat seperti debu, bila diperbesar sampai ke titik tengah akan terlihat satu cahaya lebih besar.




Mengenai Black Hole bisa digambarkan dari  video Discovery Channel - Supermassive Black Hole
Sebuah benda yang sangat besar dan menarik semua gas di sekitarnya lalu membentuk cahaya Quazar. Sampai semua gas habis, mulai beberapa bintang terbentuk. Efek Quazar atau cahaya jet akan terlempar dari black hole kearah vertical dan horizontal, karena tidak ada tempat lagi di  dalam di dalam Black Hole. Tanda terjadinya Quazar menjadi catatan dari astronomi bahwa sebuah galaksi yang mengeluarkan cahaya Quazar adalah galaksi muda yang baru terbentuk.





Dari mana terbentuk Black Hole (lubang hitam)

Digambarkan dengan sederhana. Bintang akan menyala karena ada yang terbakar. Elemen sebuah bintang membutuhkan fusi nuklir diawal pembentukan. Fusi nuklir akan meledak dan membakar gas (atmosfir) dan terus membakar sehingga bercahaya. Tetapi gas hidrogen dan helium yang ada disebuah bintang akan habis terbakar.

Bila sebuah bintang seperti matahari kehabisan bahan bakar. Matahari (sebuah bintang) akan semakin terang dan berubah menjadi bintang merah. Dan semakin membesar lalu meledak menjadi supernova. Selesai proses itu, matahari menjadi sebuah bintang redup dengan warna putih yang disebut Dwarf.

Tetapi ukuran bintang berbeda beda. Bintang yang lebih besar dari matahari misalnya 10x dari ukuran matahari. Prosesnya akan sama, menjadi Red Giant (raksasa merah) lalu meledak menjadi supernova dan kembali mengecil menjadi bintang redup

Bila sebuah bintang yang ukurannya seratus atau seribu kali lebih besar dari matahari kita. Ceritanya berbeda. Tidak semua inti bintang besar hancur keluar. Ketika inti yang tersisa menyatu lalu membentuk lagi, itulah yang disebut Black hole.

Apakah Black Hole bisa bertemu, untuk teori bisa. Bila masing masing galaksi memiliki titik tengah Black Hole, dan ada satu lagi bintang ukuran raksasa dan mati. Lalu keduanya saling bertemu. Bisa saja inti tengah keduanya bertemu dan saling tarik menarik. Bila terjadi, ukuran Black Hole dari pertemuan kedua galaksi akan semakin besar.

Black Hole akan menarik sebagian planet, bintang lain mengorbit. Dan semuanya menjadi seimbang dan selaras. Seperti matahari memiliki gravitasi dan bumi dan planet lainnya mengitari matahari. Akhirnya semua bintang dan tata surya lainnya ikut berputar mengitari Black Hole.

Bila ada benda / planet yang tertarik ke dalam Black Hole. Yang terjadi planet tersebut akan masuk menjadi bagian Black Hole. Dan Black Hole mengeluarkan cahaya yang disebut Jet.
Salah satunya dari galaksi M87 dengan ukuran black hole sangat besar. Pernah tertangkap teropong Hubble. Sinar dari Jet yang terlempar memiliki panjang 5.000 tahun cahaya




Berita terkait
www.eso.org/public/videos/eso0846e/
www.spitzer.caltech.edu/images/1544-ssc2006-02b-The-Milky-Way-Center-Aglow-with-Dust
Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. Voyager 2 memasuki Heliosphere.sempat mengalami gangguan, 5 Februari 2020 berhasil di Reboot.

Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.



Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Data dari Potentially Hazardous Asteroids (PHAs) menyebutkan sekitar 1.400 objek (asteroid) telah ditemukan sampai awal 2013. Orbit asteroid sebesar ini mengancam kehidupan di bumi. Rata rata yang jatuh hanya 3-4 meter

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Ditemukan kemungkinan lubang hitam terdekat ke Bumi. Black Hole HR-6819 hanya berjarak 1000 tahun cahaya ke Bumi. Lubang hitam paling dekat dengan Bumi kedua adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.



Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.



Peneliti astronomi baru memperkirakan jawaban dari teka teki mengapa galaksi Bimasakti kita berbeda dengan 2 juta tahun yang lalu. Blackhole atau lubang hitam di tengah galaksi kita sebenarnya sangat kuat, setelah diperkirakan awan gas Magellanic sebagai jejak fosil kuno.

Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi. Apakah bintang terdekat memang sangat dekat

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Ilmu astronomi untuk membayangkan sebesar apa sebuah galaksi. Bayangkan tata surya itu hanya sebesar pasir, lalu letakan pasir di sebuah rumah ibadah . Dikalikan seribu kali ruangan rumah ibadah itulah ukuran sebuah galaksi, atau mungkin lebih besar lagi

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.




No popular articles found.