Berapa banyak keringat keluar sebelum cadangan air di tubuh habis


Kategori : Green | Date : 18 July 2013
Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung. Apa fungsi air di dalam tubuh. Gunanya untuk membawa nutrisi dan oksigen di dalam tubuh. Bila seseorang kekurangan cairan akan menjadi cepat lelah, itu gejala pertama.

Bagimana memperkirakan kebutuhan air bagi kita. Tergantung kondisi tubuh, kebugaran fisik dan hidrasi masing masing orang. Tubuh manusia memiliki 3 juta kelenjar keringat dan konsentrasi tertinggi ada di telapak tangan. Orang yang agresif bekerja dan berolahraga dapat menghabiskan 0,7 - 1.5 liter cairan perjam. Tetapi mereka yang memiliki keringat berlebih dapat mencapai 1,5 - 1,8 liter perjam. Untuk atlet triatlon bahkan mengeluarkan keringat jauh lebih besar, mencapai 4 liter.

Lawrence Spriet seorang ahli fisiologi olahraga dari universitas Guelph Ontario mengatakan ketika berat tubuh berkurang antara 3 - 5%, karena terlalu banyak keluar keringat. Proses pengeluaran cairan mulai melambat. 

Armstrong seorang ahli pelatihan olahraga mengatakan keringat manusia akan terus keluar dan tidak peduli seberapa besar dehidrasi pada tubuhnya. Fungsinya untuk mendinginkan suhu badan. Bila keringat mendadak berhenti, pasti ada yang salah.

Tetapi tubuh manusia tidak akan menciut karena terus mengeluarkan keringat terus menerus. Masalahnya ketika tubuh kekurangan cairan karena terkena udara panas menjadi berbahaya. Orang dengan mudah terkena heatstroke dan berakhir dengan pingsan.

Untuk olahraga, mereka yang memiliki penyakit darah kental akan lebih beresiko terkena gangguan jantung. Darah dapat mengumpal dan menyebabkan nyeri di dada. Serangan belum tentu terjadi di saat olahraga, tapi setelah selesai berolahraga. Walau sudah meminum cukup, pengumpalan darah dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Untuk mengurangi resiko kekurangan cairan dalam tubuh, manusia memiliki sensor yaitu rasa haus. Bila perasaan haus tersebut datang, sebaiknya mengambil air minum. Itu saja penyelesaian sederhana.
Mengapa keringat keluar dari tubuh. Sebagai contoh seseorang sedang berolahraga atau sedang berdiri di jalan dengan suhu udara yang panas. Maka tubuh akan mengeluarkan keringat. Fungsi keringat bertujuan untuk mendinginkan suhu tubuh yang mengalami peningkatan panas. Itu saja. Jadi tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat bila suhu badan meningkat

Informasi diatas diambil dari beberapa referensi. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi tim medis atau dokter yang lebih ahli dengan pengetahuan kesehatan.


Banyak orang tidak mencuci tangan, atau tidak mencuci tangan dengan benar, menurut studi universitas Michigan. Rahasia mencuci tangan dengan benar, hanya 30 detik saja. Tidak perlu produk mahal, cukup dengan sabun.

Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan. Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga. Bila lebah menghilang , apa yang ikut menghilang. U.S. Fish and Wildlife Service masukan lebah sebagai serangga yang dilindungi. Menyelamatkan lebih mudah penting dibanding mengusir.

Menghasilkan air dari udara sudah banyak dibuat. Seperti di Indonesia di lahan yang sulit air dapat ditampung dengan menangkap jenitk air dari kabut. NBD mengembangkan jaring untuk memanen air dari kabut, sampai mengembangkan tenda untuk menampung air.



Orang kaya mengkonsumsi makan berbeda dengan orang miskin. Mungkin benar, tapi apa dampaknya. Keduanya memiliki dampak yang sama hanya berbeda jenis makanan yang mereka konsumsi.

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia. Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.

Rosemary dari CareerBuilder mengatakan alasan mengapa orang bisa menjadi gemuk ditempat kerja. Biasanya berasal dari kombinasi kebiasaan makan yang buruk dan tidak mampu berolahraga karena terlalu sibuk.



Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Pria bisa meminum 3 liter air atau setara 13 cangkir, Wanita sekitar 2,2 liter atau 9 gelas perhari. Tetapi dalam kondisi tertentu seperti panas, olahraga, bisa menambah jumlah minum yang dibutuhkan. Patokan kebutuhan air adalah rasa haus.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah.


No popular articles found.