Pesawat menghadapi Crossswind berhasil mendarat walau nyaris jatuh


Stuff | 22 July 2013

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.

Video pertama dari Inggris, pesawat harus mendarat keras. Bila kalah cepat beberapa detik saja, buntut pesawat pasti menghantam landasan. Pilot pesawat yang satu ini berani mengambil keputusan untuk mendaratkan pesawat dengan keras.



Satu lagi dari TAP Airlines dengan Airbus A321. Mengambil keputusan untuk batal mendarat dalam posisi pesawat. Bisa di lihat posisi hitung pesawat mengarah 45 derajat dibanding garis landasan.



Apakah pesawat harus terbang agak miring seperti itu dan hidung pesawat harus diarahkan ke sudut 45 derajat. Bisa dilihat uji coba dari Boeing B787 dan Airbus A380 yang ditest menghadapi Crosswind

Berita terkait
Satu video direkam kapal tangker LPG/C Venere ketika menghadapi topan pada 19 Januar 2013. Bisa dilihat setinggi apa gelombang laut, hitungannya diatas 7 meter. Badan kapal kontainer mirip di dalam kereta ketika dihantam ombak bahkan kapal kontainer miring sampai 40 derajat.

Cuaca buruk dari salju, angin dan hujan es, sampai suhu panas. Dapat menghentikan semua penerbangan di Amerika dan negara Eropa. Pesawat dirancang mampu terbang dengan kondisi ekstrim, tapi ada kalanya harus dibatalkan. Mengapa pesawat dilarang terbang, khususnya ketika cuaca sedang panas diatas 48 derajat Celcius



Helikopter TNI, setidaknya 4 unit setelah di pamerkan di Monas. Sekitar 4 pesawat melintas di jalan Arteri Pondok Indah. 7 Maret 2017, Heli TNI AD diatas jalan Arteri Pondok Indah

Satu rekaman video takeoff dan landing dalam kondisi Crosswind direkam menjadi kompilasi video tahun 2013-2014. Rekaman dari bandara BHX Birmingham Inggris ini harus memastikan para penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman.

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mengalami gangguan mesin dan mendarat di sebuah landasan. Masalah kedua untuk kembali terbang, landasan di Tanzania tersebut ternyata pendek sekali, hanya 1.5km hampir separuh standar minimum.

Satu pesawat remote control dengan bentuk Airbus A380. Panjang sayap 5,3 meter dan panjang badan 4,8 meter. Berat pesawat RC ini mencapai 70kg. Apakah pesawat mainan ini bisa terbang.

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.



Pilotnya memang jago, menghitung kemungkinan kurang baik dalam pendaratan pesawat. Dan memutuskan kembali terbang. Direkam tahun lalu di bandara Manchester, ketika terjadi angin kencang.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.




No popular articles found.