Jangan kaget power supply murah kamu meledak, kata Toms


Hardware | 7 May 2011

Harga power supply computer ada yang murah dan mahal. Dari harga $40 sampai yang wah $200. Harga murah memang menarik pembeli.

Anda boleh percaya dengan labelnya, dan harga power supply 500W dan 750W dijual antara $19 sampai $35. Bahkan satu model ditawarkan $60 dengan kekuatan 1670W. Dari label memang mantap, harga yang murah tentu tidak masuk akal. Tetapi bagi mereka yang tidak mengerti komponen computer, harga power supply murah mungkin saja dianggap "wajar" atau "yah" semoga wajar dan bisa bekerja

Toms menguji merek power supply Sutai, karena ditemukan dan dijual dengan harga sangat murah.
Mengunakan label Sutai Double Power P4 500W, ternyata hanya mampu mengirim power 85W saja. Tingkat efisiensi power pada 85W cukup bagus, mencapai 81%. Tetapi pada 50W malah boros dengan tingkat efisiensi 67W.

Dibawah itu seperti komputer low power dengan beban sangat rendah yaitu 25W, power efisiensinya hanya 55%. Mengunakan power 25W tetapi menarik listrik 50W, apakah tidak boros. Tetapi power supply tersebut tidak pernah bekerja sampai 500W atau tidak pernah mencapai separuh kekuatan yang tertulis di label kotaknya. Namanya juga label yang bisa di cetak sesuka pemasoknya.

Sutai Double Power P 750 atau setara 750W. Yang satu ini berhasil ditest sampai 300W saja, tetapi dengan tingkat efisiensi ternyata sangat boros. Hanya mencapai 68%, sementara power supply dengan kualitas baik umumnya mencapai angka terendah 80%. Membeli harga murah, tertulis 750W. Beban maksimum ternyata 300W. Bukan itu saja, power supply tersebut lebih boros mengunakan 10% listrik dibanding power supply yang baik.

Dari semua model yang ada, ternyata power supply merek Sutai langsung mati tidak bekerja.  Misalnya Sutai LKP 225 kekuatan 420W. Begitu diberikan beban sampai 300W, langsung menimbulkan bunyi dan bleep meletup.

Toms mengatakan power supply boleh murah. Tapi persiapkan penyemprot pemadam anda untuk berjaga jaga.
Terbayang dong, beli power supply 500W, baru dipasang 1 VGA kecil saja langsung keluar asap.


Berita terkait
Produsen turunkan harga RTX 2000 sampai 50%. Nvidia RTX 2060 turun, hadapi Radeon 5600 XT $279.  RTX 2060 Super, RTX 2070 Super dan RTX 2080 Super. Perbedaan Nvidia Super memiliki unit lebih besar dan performa lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Satu model menyusul Nvidia RTX 2080 TI Super sebagai rajanya VGA.

Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.



RAM computer memiliki setting XMP. Apakah anda sudah mengaktifkan, apakah mendapatkan speed memory yang sesuai. Bila semua sudah di setting dengan benar, apakah computer lebih cepat. Awasi panas procesor anda, karena produsen motherboard diam diam meningkatkan kinerja procesor untuk bekerja penuh

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.

Butik PC Puget System memperkenalkan case baru, bentuknya seperti aquarium. Disebut Puget Aquarium PC V4, semua peralatan PC direndam kedalam bak dan terlihat dari luar.

Banyak model bukan untuk membingungkan pembeli. Tahun ini Corsair keluarkan produk lengkap untuk Gaming dan Overclock. Power supply Corsair dengan model AX, HX, RM, CS, TX.

2 merek power supply kemungkinan menempatkan label bodong.




No popular articles found.