Cahaya ISS Internasional Space Station dapat dilihat dan di abadikan dengan camera


Science | 1 June 2020

Menghitung arah dan dimana letak ISS serta jadwal lintasan


Kode satelit ISS diberikan nomor ID NORAD 25544 dengan nama Zarya

Tapi jadwal lintasan ISS dalam hitungan menit, karena ISS terus bergerak mengelilingi satu kali orbit bumi dalam waktu 92,9 menit. 
Untuk melihat keberadaan ISS dapat dilihat pada peta N2Yo.com

Bila cuaca cerah, lintasan ISS dapat diabadikan seperti garis lurus seperti gambar  kiri

Data dari NASA dengan lintasan ISS. Perhatikan jam munculnya ISS adalah malam hari dengan ditandai dari 6-8 PM  (malam) sampai 4-6 AM (pagi).Cahaya ISS terlihat karena pantulan dari panel surya dari posisi matahari terbit dan terbenam.

Cahaya ISS terlihat antra waktu sore hari (setelah pukul 6 sore), dan sebelum belum matahari terbit di pagi hari. Antara jam 4:00-5:30 AM. Waktu terbaik adalah jam 4 pagi , atau jam 7 malam Indonesia.

Posisi ISS digambarkan dalam tabel munculnya di setiap lokasi. Posisi terbaik pada angka 70-90 derajat atau berada diatas kepala kita. Di daerah yang jauh dari polusi udara, lintasan bisa terlihat lebih mudah walau mencapai sudut lebih rendah 30 derajat.

Bisa di lihat posisi di N2YO.com. Untuk belajar mengetahui garis lintang bisa dilihat via www.nasa.gov/centers/glenn/events/stsight.html

Bagaimana mengarahkan camera ke arah ISS. Bisa dilihat pada koordinat tabel tengah dengan tanda derajat dan 2 kanan (kemunculan dan menghilang) . Untuk memudahkan mencari posisi ISS bisa di tracking dari aplikasi Android

Dibawah ini aplikasi dari Android untuk menentukan keberadaan dan lintasan ISS. Bagi anda yang ingin mengabadikan cahaya ISS dapat mengarahkan camera dengan kedua aplikasi dibawah ini

  • ISS? melihat posisi ISS memperlihatkan jadwal posisi keberadaan ISS terakhir dan kapan akan terlihat dari posisi pemilik smartphone atau tablet. Bisa digunakan sebagai waktu munculnya ISS. Dan track atau perkiraan lintasan dapat ditentukan sebelum kedatangan ISS.
  • SatelliteAR, bila ISS sudah lebih dekat. Posisi ISS lebih mudah diketahui dengan aplikasi ini. Aplikasi Satellite AR baru aktif dalam beberapa menit sebelum penampakan ISS. Termasuk arah yang terlihat dari camera dan garis animasi lintasan ISS.
Yang perlu diketahui lagi adalah kapan cahaya tampak.
Mengunakan data dari N2YO.com akan digambarkan data seperti dibawah ini. Menunjukan angka magnitude -2.3 atau sangat terang (angka min artinya sangat terlihat dan dapat dilihat dengan mata). Misalnya tampak tertulis pada jam 17:48 - 17:58

Tapi jangan menunggu di arah munculnya ISS pada 17:48 ketika akan muncul. Baca pada bagian data kiri, bahwa magnitude baru mencapai 1.3 atau angka plus yang artinya belum terlihat. Tapi kita sudah harus siap terlebih dahulu dan menunggu datangnya sinar dari ISS.
Untuk mengabadikan dengan camera. Cegat pada lintasan ditengah sebagai titik terbaik, pada bagian ujung atau ketika tampak dan ketika menghilang biasanya lebih sulit terlihat.

Terakhir lihat elevation atau ketinggian. Ditunjukan dalam sudut derajat. Angka seperti dibawah menunjukan 69,69, yang artinya lintasan dengan cahaya paling terang ada di atas atau mendekati vertikal diatas posisi camera.





Demikian tip untuk mengabadikan lintasan cahaya dari ISS atau satelit Zarya.

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/123/1/Spectec-SDW-829-Wireless-Adapter-SD-card
www.obengplus.com/artikel/articles/117/1/Panolapse-untuk-video-Timelapse
www.obengplus.com/artikel/articles/111/1/Digicam-Control-software-untuk-remote-control-camera
Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. 400 satelit minor, 800 satelit medium, dan total 30.000 satelit ideal jaringan internet satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.

Akhirnya siaran video langsung live dari ruang angkasa bisa tayang. High Definition Earth Viewing atau HDEV sudah disiapkan sejak 18 April 2014 , April 2017 dapat dilihat dengan resolusi 4K Video dari ruang angkasa Timelapse paling lama merayakan ulang tahun ISS ke 20



Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Nasa telah menyumbang 2 instrumen penelitian dengan camera untuk melihat kondisi cuaca. Disebut Deep Space Climate Observatory atau DSCOVR. Camera tersebut diluncurkan paada tahun Januari 2015. Apa yang dapat dilihat, bumi dengan resolusi tajam dan bumi akan terlihat online.

4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.

Gadi Eidelheit dari Israel akhirnya mendapatkan gambar stasiun ISS ketika melintas tepat di depan bulan. Entah bagaimana dia menghitung waktu dan perkiraan stasiun tersebut. Mengunakan 2 camera, satu untuk clip foto dengan Canon 700D dan lensa tele 18x250 untuk maksimum Zoom.



Beberapa kosmomot di ISS mungkin kangen dengan bumi, lalu mereka membuat rekaman dari stasiun ISS. Video dibuat pada hari Sabtu melihat kota Rio ketika malam.

Ditahun 1972, Apollo 17 mengabadikan plnaet bumi yang disebut The Blue Marble. mengunakan camera Hasselblad. Foto dibawah ini tidak tergantikan, atau setidaknya belum ada manusia yang bisa mengambil gambar utuh

Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.




No popular articles found.