Perbandingan kecepatan dari apollo 10 sampai kendaraan bermotor


Kategori : Stuff | Date : 4 August 2013
Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat hanya roket ke Bulan

Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dan meluncur dengan kecepatan terbang 32 mach.

Pesawat ruang angkasa menjadi pesawat paling cepat nomor 2 adalahi Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981. Mengunakan 2 mesin pendamping, dan satu mesin di belakang pesawat ulang alik. Tapi ukuran tabung bahan bakar pesawat ini sangat besar dan diletakan dibagian tengah.

Tetapi mengapa hanya roket Apollo membutuhkan day dorong sampai kecepatan sampai 32 mach. Tujuan peluncuran Apollo adalah bulan, jaraknya mencapai 360 ribu km lebih. Pesawat ulang aling atau Space Shuttle hanya menuju ratusan km dari permukaan Bumi. Dimana pesawat hanya mampir ke stasiun ruang angkasa.

Roket Apollo harus mendorong lebih jauh modul utama agar lebih dekat ke arah bulan. Agar jarak modul sampai mendekati jarak yang di inginkan. Bila roket hanya terbang sampai ke atmofer bumi, sama saja modul yang berisi astronot tidak akan sampai di bulan, atau membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk kecepatan rata rata pesawat komersil mencapai 800-900km perjam. Hanya pesawat super Concorde di penerbangan komersil yang sudah dipensiunkan dapat mencapai 2 mach.

Dibawah ini info grafik dari Guardian dari perbandingan kecepatan pesawat ruang angkasa sampai rata rata kendaraan bermotor.



Pesawat militer Blackbird atau dikenal dengan SR71. Adalah pesawat mata mata tercepat, dengan kemampuan terbang mencapai 3,3 Mach. Untuk kecepatan tersebut, pesawat terbang di atas ketinggian pesawat komersil yang berada. Pilot di pesawat harus mengenakan baju pendukung kehidupan. Selama penerbangan pilot tidak bisa keluar dari tempat duduknya.

Urutan pesawat berawak tercepat, untuk pesawat ruang angkasa tercepat adalah roket Apollo, sedangkan pesawat yang terbang dibawa lapisatan stratosfer hanya SR71 Blackbird.
Jet tempur tercepat adalah Mig-25 Foxbat dengan kecepatan 3,2 Mach. Tapi kecepatan hanya dicapai untuk waktu singkat atau disebut Sprint.



Bagaimana dengan kecepatan cahaya. Lintasan cahaya setara 7.5x mengorbit bumi dalam satu detik.
Apakah kecepatan cahaya sudah cepat untuk perjalanan di ruang angkasa.

Penjelasannya dibawah ini.


Berita terkait
Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.

Pengunanya dari CIA, US Airforce, Taiwan dan NASA. Awalnya digunakan sebagai pesawat mata mata selama perang dingin. Pesawat ini mampu terbang di ketinggian 21km. Diatas dapat melihat lekukan bumi. Salah satu pesawat yang sulit untuk diterbangkan.



Mengapa pesawat jet tidak mampu terbang ke ruang angkasa. Walau mampu terbang di ketinggian 15km dari permukaan laut, tapi tidak pernah mencapai batas atmosfer. Oksigen atau udara sudah tidak tersedia di batas ruang angkasa. Hanya mesin roket yang mampu membawat pesawat lebih tinggi.

Dan Winters seorang fotographer dan dia bisa mengambil sayap pesawat ruang angkasa Atlantis dari jarak sangat dekat. Apakah dia berada dekat dengan mesin roket yang sedang mengangkat pesawat Atlantis.

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

SpaceX Dragon V2 akhirnya siap terbang ke ruang angkasa dan kembali kembali dengan modul yang sama. Dragon V2 memiliki 7 ruang untuk astronot di dalam kabin. Bentuknya seperti modul mini. Mengapa kapsul ini merubah penerbangan antariksa



Pesawat Boeing 747 sudah melayani dunia penerbangan selama 44 tahun. Perusahaan penerbangan Jepang akan mengakhiri pengunaan pesawat Boeing 747 bulan Maret 2014. JAL sudah mengunakan 747 di bulan Juli 1970. Awalnya pesawat Boeing 747 dibuat untuk angkutan militer.

Pesawat tanpa awak Juno menjadi benda buatan manusia tercepat. Hari ini akan terlempar dari gravitasi Bumi untuk mempercepat kecepatan sampai 160 ribu mil perjam. Disiarkan oleh Slooth jam 8 pagi WIB via Youtube

Perusahaan antariksai Jaxa asal Jepang berhasil meluncurkan roket Epsilon. Membawa sebuah teleskop Sprint-A untuk observasi planet. Jaxa hanya membutuhkan biaya $37 juta. Dibanding biaya roket generasi sebelumnya yang lebih mahal

Tayangan peluncuran pesawat ulang alik Amerika biasanya diambil dari kokpit pesawat dan di darat. Satu rekaman ini diambil dari badan roket. Direkam sejak mesin roket dinyalakan, lalu naik , melayang dan turun kembali

Cerita pesawat SR 71 diceritakan mantan pilot kolonel Rich Graham melalui BBC. Mampu terbang di ketinggian lebih dari 20km, kecepatan sampai 3 mach, harus mengunakan baju layaknya astronot. Setiap misi rahasia berlangsung cepat, hanya 3-4 jam sudah selesai




No popular articles found.