Timelapse video meteor Perseid menyala ketika melintas


Kategori : Digital | Date : 18 August 2013
Cerita meteor Perseid selalu ditunggu oleh astronom dan fotographer. Termasuk Michael Chung yang mengatakan dirinya beruntung setelah mendapatkan ledakan meteor Perseid. Biasanya meteor akan lewat dengan garis menyala diatas langit. Michael sampai tidak percaya bila dia mendapatkan gambar ledakan meteor Perseid.

Video dibawah diambil 12 Agustus 2013 ketika dimulainya lintasan komet Perseid. Gambar yang memudar menjadi putih itu bukan di edit, tapi matahari yang mulai naik dan gambar terlihat mendapat cahaya terlalu banyak (overexposure).



Dia mengambil gambar camera full frame lalu gambar di crop menjadi HD Video (1280x720p). Setting pada cameranya dibawah ini
Exposure: 20sec, Iso: 800, Aperture: 2.8, Focal Length: 11mm, Interval: 22sec, Video Frame Rate: 24fps

Memang gambar yang ditampilkan hanya sekilas, tapi momen tersebut sangat jarang untuk diabadikan. Dia sampai menanyakan  ke seorang penulis di UT David Dickinson. Katanya itu asli kok.

2013 Perseids Meteor Shower: Meteor Explosion from Michael Chung on Vimeo.


Video aslinya ada dibawah ini

2013 Perseids Meteor Shower - Victorville, CA from Michael Chung on Vimeo.


Meteor Shower Geminid akan menjadi pertunjukan baru bagi astronom bulan ini. Mulai tanggal 13 Desember 2018. Bila cuaca baik malam atau tepatnya sebelum matahari terbit, dapat menyaksikan hujan meteor. Puncaknya dapat melihat 120 meteor dalam perjam. Lokasi hujan meteor Geminid dapat diperiksa mengunakan smartphone dari aplikasi astronomi

Astronomi dan pengamat bintang dengan meteor Perseid. Menampilkan hujan meteor di setiap bulan Agustus. Waktu pengamatan meteor tahun ini dengan puncak pada tanggal 12-13 Agustus 2018 mulai jam 12 malam sampai jam 4 pagi



Video Timelapse ini serius banget bikinnya. Ketika profesor fisika dan fotographer amatir Isidro Villo menyebut akan membawa anda ke Orion Nebula yang begitu jauh dengan cameranya.  Targetnya ada di M42, Messier 42 atau NC 1976. Jaraknya 1344 tahun cahaya. Tidak jauh sih.

Nicholas Buer membuat video di San Pedro Atacama di utara Chile. Dia keliling disana selama 12 hari dan nongkrong di ketinggian 2600m untuk mengabadikan landscape serta inti galaksi Bima Sakti. Musiknya sudah keren, gambarnya juga keren.

Bintang Antares mulai 15 Agustus akan terlihat berada disamping bulan. Ukurannya yang besar bisa terlihat dari bumi. Matahari memiliki lebar 700 ribu km, sedangkan Antares 300 juta km atau setara jarak dari matahari ke planet Mars

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS. Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998. Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.

Video timelapse Night Vision memiliki tema berbeda. Luke Shepard melakukan perjalanan di 36 kota dan 21 negara untuk mengambil beberapa gedung. Dia mencari dukungan dana dan terkumpul $20.000. Gambar videonya bagus



Video Timelapse Tanabata Night diambil dari atas gedung bertingkat. Mengunakan camera Panasonic DMC-GH3 dengan lensa 12-35 f2.8 standar zoom.

Bila tertarik dengan astronomi, minggu ada kesempatan mengabadikan  meteor Delta Aquarid. Meteor Delta Aquarid akan tampak pada puncaknya 29 Juli 2013. Lintasan meteor ini mencapai 10-15 meteor perjam.



No popular articles found.