Mengapa printer 3D tidak dibuat dengan lengan robot


Technology | 22 August 2013

Sekarang sedang ramai orang membuat printer 3D. Sebelumnya harus mengunakan tembakan laser untuk memanaskan cairan plastik, harga printer 3D sebelumnya sangat mahal dibanding printer 3D saat ini. Mengapa tidak dibuat dengan lengan robot. Agar skala ukuran bisa dibuat lebih besar.

Ada 3 pendapat yang rata rata sama dalam memberikan pendapat. Mengapa lengan robot belum bisa digunakan sebagai mesin printer 3D.

Cornell engineering professor and “Fabricated” author Hod Lipson
Menurut produsen, sistem printer 3D lebih sederhana, murah dan lebih akurat dibanding lengan robot. Terutama untuk gerakan linier. Lengan robot memiliki kemampuan untuk cetakan besar. Misalnya disain skala arsitek boleh mengunakan lengan robot.

Harvard biologically inspired engineering professor Jennifer Lewis
Lengan robot dirasa kurang aman, memerlukan ruang khusus. Lengan akan bergerak cepat ke segala arah. Biasanya sistem robot memerlukan ruang seperti sangkar agar ketika bergerak tidak menghantam orang yang lewat. Sistem 6 sumbu pada lengan robot lebih mahal. Jadi nilai ekonomisnya ikut diperhitungkan.

Shapeways CEO Peter Weijmarshausen
Perusahaan lain menyebut, biaya dan kualitas. Mesin robot memiliki kemampuan luar biasa dan berkualitas, tapi harganya sangat mahal. Untuk pabrikan tetap mengunakan lengan robot karena skala besar dan otomatisasi. Printer 3D digunakan bagi pemakaian dengan harga terjangkau.

Printer 3D saat ini sudah tersedia. Banyak manfaat dari pengunaan printer ini, seperti mendisain mock up produk sampai membuat komponen untuk penganti perlatan yang rusak, sampai digunakan untuk membuat boneka plastik dan lainnya.

Dibawah ini video dengan teknologi cetakan untuk konstruksi dengan printer 3D skala lebih besar.


Berita terkait
Di pameran Inside 3D Printing New York. Harga printer 3D kecil turun sampai $500. Printer 3D mengunakan bahan plastik yang dipanaskan, dan mencetak barang jadi dengan plastik. Dengan turunnya harga printer 3D, akan membantu kebutuhan teknologi dan disain.

Mahasiswa sampai arsitek yang sudah bekerja membutuhkan keahlian untuk merancang bangunan dalam skala lebih kecil atau dibantu oleh orang lain untuk membuat mock up bangunan. Fungsinya untuk memperlihatkan bentuk prototipe sebuah gedung yang sudah jadi. Suatu hari nanti akan dibantu dengan mesin printer 3D



Fotographer Jordan Williams memulai usaha beberapa tahun lalu. Bukan sebagai fotographer tapi membuat objek 3 dimensi.  Mengunakan printer 3D, dia mengabadikan orang atau binatang lalu di cetak menjadi boneka bentuk miniatur.

Butuh printer 3D. Tingal di pilih dan pesan di toko online Amazon. Printer 3D mulai populer untuk membuat model. Mengunakan bahan plastik dan membentuk model barang seperti produk jadi.

Harddisk mati, kunci remote mobil, tinta printer, handphone terkena air dan signal WIFI.

Produsen tinta printer seperti Canon, HP dan Lexmark mengunakan sistem thermal untuk tinta printer. Untuk memperpanjang umur tinta bisa dilihat dibawah ini. Salah satunya dari produk Epson, ada lubang kecil di atas sirkuit. Bagian itu untuk mereset catridge printer.




No popular articles found.