Berkebun bertingkat di Singapura dijual dengan merek Skygreen


Green | 23 August 2013

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Penyiraman tanaman dilakukan setiap 9 jam sekali. Air di pumpa ke untuk penyiraman lalu di recycle kembali. Hasil bercocok tanam dengan sistem bertingkat ini menghasilkan 10% sayuran lebih banyak dan lebih bersih. Untuk membantu pencahayaan, cahaya mengunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Menurut Jack, sayuran yang diberi merek Skygreen ini menjadi alterenatif sayuran impor, karena lebih murah 40% dibanding sayur impor dari China. Bahkan sayurannya lebih segar, karena dikirim dari Singapura dan langsung masuk ke rak supermarket.

Di Singapura, suplai sayur hanya memasok 7% saja. Jack berharap sistem bercocok tanam bertingkatnya dapat dibuat lebih besar lagi. Untuk menjaga suplai sayuran di negaranya.

Jack berharap usahanya ini dapat ditiru di seluruh dunia, khususnya di Asia Tenggara. CNN









Berita terkait
Bunga bangkai atau dinamai Amorphophallus titanum, akhirnya mekar bersamaan dan kejadian yang jarang terjadi khususnya di Amerika Serikat. Setelah bunga bangkai di Denver mekar pada tahun 2015

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Cabai merah besar, dapat tumbuh dalam 3 bulan saja. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.



Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia. Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.

Daur ulang botol bekas bisa dijadikan tembok rumah atau tembok pagar. Selain menghemat batu bata, cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tembok depan rumah. Pilihan daur ulang botol bekas bisa mengunakan botol hijau biasa

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Sebuah gedung dengan panel solar cell, gedung Bullitt Center pintar baru dibuka di Seattle. Pembangunan gedung ini menjadi gedung paling hijau yang pernah dibuat.



Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik




No popular articles found.