Foto galaksi Bima Sakti, bisa dengan camera biasa


Digital | 23 September 2011

Ketika anda berada di pegunungan Himalaya dengan ketinggian 7000 meter.

Anda bisa melihat galasi Bima Sakti atau Milky Way.

Anton Jankovoy melakukan pendakian di wilayah Annapurna mendapatkan pemandangan seperti ini



http://www.flickr.com/photos/jankovoy/

Kapan waktu galaksi Bima Sakti dapat diabadikan.

Dari periode Maret sampai Agustus setiap tahun adalah waktu paling tepat.
Bila cuaca sangat cerah, langit bersih dari awan.
Sangat dimungkinkan mengabadikan galaksi di pinggir kota.

Pastikan mengabadikan arah yang tepat.

Tip dapat dilihat Membuat foto Galaksi Bima Sakti di kota.


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Dua fotografer Jake Scott-Gardner dan Joanna Scott mengambarkan dirinya sebagai Astrofotografi. Dan fotonya memang membuat geleng kepala, garis galaksi dibuat begitu sempurna.

Di kota Beijing pada tanggal 23 Desember 2014, sebuah penampakan awan berbentuk burung api tampak di langit. Terlihat awan tersebut membentuk pola ayam merak cahaya emas.



Astrofotografi Cassey mengabadikan gambar pada tanggal 2 Agustus 2014. Dia mendapatkan gambar menarik dimana ada 3 objek dalam satu foto. Pertama adalah garis galaksi Bima Sakti, kedua sebuah meteor melintas, terakhir dia mendapatkan galaksi Andromeda.

Galaksi Pinwheel atau M101 tidak dapat dilihat langsung dari bumi. Galaksi ini bisa di foto dengan camera digital dengan teknik khusus. Karena jaraknya 21 juta tahun cahaya dan tingkat cahaya berada di 7,86 magnitude. Tapi berhasil diambil oleh fotographer John Purvis.

Lorenzo adalah seorang stargazer atau pemburu foto bintang. Dia berhasil mengabadikan galaksi Andromeda di sebuah desa kecil di gunung Apennine Italia. Foto yang tidak biasa bahkan sekelas teleskop Hubble.

Astrophotographer Alex Merga berhasil mengabadikan galaksi Milky Way pada 7 Juni 2014. Ketika dia melakukan perjalanan dan pesawat melewati laut Atlantik dari New York dan London. Foto diambil dari ketinggian 10 ribu meter. Katanya ketika itu kondisinya sempurna tanpa polusi cahaya.

Kalau sudah hobi sulit ditahan. Mike Hankey berhasil mengabadikan foto Horse nebula. Tapi gambar yang diambil dari teleskop infra-red Spitzer berbeda, bentuk Horse Nebula disana tidak tidak hitam.



Astronom Nick Risinger sudah 28 tahun mengeluti bidang foto astronomi. Kali ini dia membuat foto sangat lebar, objeknya galaksi Bima Sakti. Bukan satu foto panorama, tapi detil gambar di foto. Bila di Zoom fotonya memang sangat dalam

Ceritanya ada satu fotographer ingin menceritakan sebuah lensa Canon 24-70mm f.2.8 IIL, tujuannya untuk mereview. Harga lensa tersebut $2.300. Lagi asik di demonstrasikan cara memasang, lensanya melejit

Tjoez membuat satu foto menarik dengan galaksi Bimasakti. Kali ini dibuat lebar ala panorama. Dengan camera software Lightroom 5 dan digabung dengan Photoshop.

Fotographer Miloslav Druckmuller mendapatkan foto 2 galaksi di malam hari. Mengabungkan 13 foto untuk meningkatkan citra gambar. Akhirnya terbentuk 2 objek seperti awan, tapi bentuk tersebut adalah galaksi lain setelah Bimasakti.

Benjamin VonWong memang kreatif. Bukan hanya seorang photographer saja, tapi dia bisa mengunakan aplikasi termasuk edit efek foto. Dia memberikan beberapa hasil karya foto dan diterangkan pengalamannya selama 5 menit.

Justin Ng masih memiliki foto pemandangan alam di Bromo yang menampilkan sisi dari galaksi. Justin bisa mengabadikan galaksi Bimasakti, awan Megallanic dan satu bintang Canopus. Itu di Bromo loh, dan fotonya masuk di website Space.com. Tidak mengunakan teropong, hanya camera saja

Juara pertama dari Australia. Guiding Light to the Stars by Mark Gee (Australia). Menampilkan gambar galaksi Milkyway dan cahaya terang di sisi kanan dari cahaya lampu mercusuar. Ternyata kontestan yang ikut hanya 1200 orang



Lebrigand mengunakan camera Canon 500D DSLR dan sebuah teleskop astronomi.  Lebrigand membuat beberapa foto ketika pesawat sedang melintas di depan matahari atau bulan.  Lokasi pengambilan berada di pinggir kota paris.

Sempat menjadi kabar heboh bahwa gambar satelit Google menangkap kejadian pembunuhan. Bahkan tersangka terlihat ada disana. Tetapi berita tersebut akhirnya dijelaskan, dan menjelaskan bercak darah di gambar satelit

Fotographer Michael Wolf asal Jerman membuat seri foto "Architecture of Density". Membuat foto rumah susun. Michael Wolf pernah memenangkan juara pertama World Press Photo Competition di tahun 2005 dan 2011

Di televisi dan dunia film sudah umum mengunakan teknik editing dengan layar hijau. Dengan teknik seperti ini, produksi film dapat lebih dihemat dibanding membuat latar belakang yang nyata.

Mengambil gambar close up untuk kalangan eksekutif diceritakan oleh Jay.P.Morgan. Setiap personal yang akan di foto memerlukan trik dalam pencahayaan. Cahaya lampu harus dikurangi agar tidak terlalu terang di foto, pengaturan ulang cahaya berbeda dari masing masing objek foto,




No popular articles found.