Turbin angin arsitek Renzo Piano dengan buntut naga terbang


Green | 25 October 2013

Turbin angin buatan Renzo Piano mengunakan buntut naga terbang. Bukan naga sih, hanya buntutnya dipasang satu turbin lagi. Turbin angin buatan Enel Green Power ini tidak berdampak terhadap lingkungan dan tetap bergerak walau kecepatan angin lambat.

Kebanyakan turbin angin dibuat berukuran besar agar menghasilkan power besar Tapi berisik, generator yang bising bahkan suaranya menganggu alam sekitar. Belum lagi dampak terhadap satwa seperti burung yang dapat menabrak baling berukuran besar.

Renzo Piano mengunakan disain DragonFly wind turbin dengan kekuatan listrik 55kW. Bahkan turbin tetap bergerak dengan kecepatan angin 2 meter perdetik. Buntut dibelakangnya untuk menambah power bagi generator. Untuk menekan suara bising, turbin angin ini hanya mengunakan 2 baling.

Dengan tinggi sekitar 20 meter, ukuran tiang bisa lebih kecil dengan lebar sekitar setengah meter saja. Dan balingnya hanya sepanjang 15m dengan berat 60kg Bagaimana mungkin turbin yang berat ditopang dengan tiang lebih kecil. Renzo mengatakan mereka mengunakan bahan ringan seperti carbon dan polycarbonite.



Berita terkait
Ini dia magnit terbesar untuk turbin angin. Mampu menghasilkan listrik kekuatan 6MB dengan satu turbin saja. Dirancang oleh GE, menjadi magnit terbesar yang pernah dibuat sampai tahun 2016.

Terdengar menarik, menara Eiffel di Paris dipasang turbin angin. Turbin angin berbentuk baling spiral atau Helix dipasang 2 unit. Satu turbin angin menghasilkan energi listrik 10.000kWh pertahun , 2 unit turbin angin bila dipasang di ketinggian 120 meter.



Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama.

Sebuah ladang turbin angin membutuhkan daya dorong angin untuk mengerakan baling baling ke turbin. Apakah turbin angin bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kekuatan angin, bisa jadi kata peneliti Stanford.

Energi terbaharukan, antara turbin angin dan solar cell. Teknologi apa yang memberikan kontribusi lebih besar. Data dari National Renewable Energy Lab’s Renewable Energy menunjukan kapasitas turbin angin dan solar cell dalam memberikan energi listrik.

Bagaimana cara kerja turnin Denniss Auld ini, dengan memanfaatkan pasang surut untuk pengerak generator turbin. Ketika air laut masuk dibawah kontruksi akan menekan udara di dalam konstruksi keluar dan mendorong kipas turbin.

Instalasi turbin angin tertinggi di dunia ada di pengunungan Tibet. China terus membangun energi alternatif dengan pemasangan turbin angin. Dikembangkan oleh Longyuan Power awalnya memasang 5 turbin angin, sekarang sudah mencapai 33 turbin angin untuk tahap pertama.



Perusahaan Sheedwind membuat teknologi turbin angin Invelox. Ukurannya kecil, tidak perlu tower dan tetap bekerja walau aliran angin minimum sampai 3,5km perjam.




No popular articles found.