Bagian penting kemampuan  teleskop adalah aperture dan cermin utama. Semakin besar cermin utama akan semakin baik menangkap objek yang jauh. Ukuran teleskop besar secara umum memiliki kemampuan zoom lebih jauh dengan gambar lebih jelas. Karena cahaya yang masuk akan dipantulkan oleh cermin utama lalu diperkecil (diperkuat) ke cermin lain, dan berakhir dilihat di jendela bidik. Khususnya mereka yang ingin mendapatkan gambar dengan cahaya sangat minim, seperti galaksi. Bisa ditambahkan dengan camera dengan membuka lensa camera untuk menangkap cahaya yang sangat redup.

Contoh perbandingan gambar dengan perbandingan ukuran aperture (diameter teleskop)

Aperteru teleskop bintang semakin besar
 semakin baik gambarnya

Bisa dipelajari dari teknologi teleskop Hubble, memiliki diameter 4,5 meter, dengan cermin utama 2,4 meter. Bandingkan dengan teleskop yang sedang dirancang James Webb, memiliki cermin utama lebih besar. Rancangan teleskop memiliki kemiripan, kecuali bagian instrumen dalam menangkap gambar.



Informasi diatas adalah dasar disain teleskop. Teknologi teleskop sudah dikembangkan dengan teknologi berbeda. Disain dengan cermin sarang lebah seperti James Webb diatas adalah salah satu teknologi teleskop modern. Termasuk beberapa teleskop raksasa di bumi mengunakan disain tersebut.

Teleskop untuk pemula

Bisa dimulai dari Celestron NexStar 130SLT (tipe Reflektor), Meade StarNavigator 102 (tipe Refraktor), Celestron NexStar 4SE (tipe Hyrid teleskop) dan Orion StarBlas6i (tipe Dobsonian teleskop). Paket lengkap relatif terjangkau



Jangan mengejar objek seperti planet bagi pemula. Karena melihat planet dengan teropong lebih sulit dibanding mengabadikan bintang galaksi dan nebula. Pastikan lokasi ditempat yang gelap, akan lebih menguntungkan untuk mendapatkan gambar terbaik

Apa yang anda dapat dengan ukuran teleskop