Memilih teleskop untuk pemula


Product | 6 December 2013

Mitos sebagai fotograher astronomi dan Stargazer

Pelajaran dari Martin Cohen tentang astronomi fotographer


1. Mengambil foto tajam bulan dengan peralatan teleskop mahal.
Tidak menjanjikan gambar tajam walau mengunakan peralatan mahal. Prosesnya tidak seperti itu.
Dengan membuka 1/30s. pergerakan bulan akan bergeser. Untuk mengabadikan bulan bisa mengunakan ISO 400-800. Focal lenght f/45.

Teknik
Crescent Moon f/32 ISO 800 1/30 detik
Pertama dan Terakhir Quarter f/45 ISO 400 1/30 detik
Full Moon f/45 ISO 400 1/125 detik

Exposure dapat di set otomatis bila diperlukan, hindari memegang camera ketika mengabadikan gambar

2. Foto Nebula, gugus bintang dan benda yang jauh.
Anda harus pergi ke tempat sangat gelap seperti di pegunungan atau pantai yang sangat terpencil. Diperlukan motor pengerak teleskop untuk membantu mengambil gambar lebih lama / long exposure. Atau gunakan software astronomi untuk mengkombinasi hasil foto.

Teknik
Sebuah tempat yang gelap , jauh dari lampu-lampu kota
Sebuah lensa cepat atau teleskop ( f/5.6 atau lebih cepat )
Mekanisme pelacakan , Alt - Az baik-baik saja , khatulistiwa lebih baik
Software Sky Stacking
Pengetahuan dasar Photoshop


Sebuah DSLR yang baik , yang memungkinkan pengaturan dari ISO 400 sampai ISO 3200
Kesabaran dan kemauan untuk menghabiskan berjam-jam dalam gelap

Mengabadikan Nebula tidak mudah, lebih berguna pergi ke tempat gelap dibanding mengunakan teleskop mahal 10 inch dan mengabadikan di kota.
Menjauhi dari polusi cahaya, anda bisa membuka camera selama 1 menit dengan setting f.4 bahkan cukup diabadikan dengan ISO 400

3 Anda bayar, anda memiliki, tidak selalu
Membeli teleskop berkualitas belum tentu menghasilkan gambar yang anda inginkan. Seorang Stargazer memerlukan pengetahuan tentang rasi bintang, target yang dituju dan mengerti perbedaan teleskop refraktor dan reflektor. Bila tidak mengetahui dimana target yang menarik, yah percuma saja memiliki teleskop.

Bermodalkan teleskop murah 100 dollaran aja sudah bisa mengamati tempat yang sangat jauh. Seperti teleskop ukuran 80mm f.5
Untuk menangkap cahaya lebih banyak dibutuhkan 20 exposure agar cahaya masuk dari teleskop ke sensor camera lebih besar. Dan proses gambar dapat dilakukan melalui computer.

Contoh gambar dibawah ini
80mm f/5 short-tube refractor, focal length 400mm
Mengunakan 80mm Rokinon, 12-15 sub ISO 1600. Ekposure 15-20 detik, digabung dengan Deep Sky Stacker




Nikon D300 with lensa 180mm ED lens on an EQ-1 mount + motor drive


30 detik, sekitar 15-20 exposure, ISO 1600. Stack dengan Deep Sky Stacker dan proses akhir dari Photoshop




f/2.8 telephoto lens 180mm focal length Nikon D300



Setting di Photoshop dengan mengaturl Level / CTRL-L dan Curve / CTRL-M. Bila target bintang, bisa diatur dengan Brightness atau Contras. Terakhir mengatur warna dengan menekan CTRL-B dibagian Tone Balance dan click Shadow. Hasil akhirnya boom menyala seperti dibawah ini.



Jadi tergantung dimana anda berada, peralatan dan target yang anda inginkan.



Bila tertarik dengan teleskop, ada toko yang menjual teleskop di Indonesia + www.prominencescope.com


Berita terkait
Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, dinamai dengan singkat GMT. Konstruksi teleskop ini telah dimulai, dan berada di ketinggian 2550 meter. Berapa lama dan berapa harga satu cermin teleskop raksasa ini dibuat

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya. Ini cerita setelah teleskop Hubble pensiun



Bintang Nova Centauri 2013 ditemukan berubah oleh astronom amatir John Seach pada 2 Desember 2013.Cahaya bintang ini meningkat pada tanggal 14 Desember 2013, cahayanya berubah menjadi pink. Sudah diamati secara tidak sengaja sejak 2009 , phase tidak stabil, meledak dan akhirnya diketahui ada bintang biner

Celestron Cosmos 90GT adalah teleskop baru dengan fitur WIFI. Teleskop pengamatan bintang ini adalah jenis teleskop reflaktor, dengan optik lensa langsung. Tinggal di bidik arah benda yang ingin diamati. Dan teleskop mencari sendiri untuk anda.

Foto dari Google Moon tercatat ada 7 titik seperti penunjuk arah berbentuk segitiga di bulan. Ada 7 titik cahaya ketika foto diabadikan. Ada dugaan apakah ini base camp dari Alien atau pesawat ruang angkasa.

Cara membuat teleskop dari Sciencetech.technomuses.ca hanya membutuhkan 2 kaca pembesar, tabung dan penutup agar cahaya tidak masuk. Gambar yang dilihat akan terbalik, tapi itu tidak penting.

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda




No popular articles found.