Belajar Timelapse dari Michael untuk foto bintang awalnya camera dan lensa wide


Digital | 12 December 2013

Fotographer bintang Michael Shainblum mengatakan yang dibutuhkan hanya camera DSLR dan lensa Wide, tidak perlu teleskop untuk membuat foto bintang.

Hasil fotonya bagus dan dia menceritakan pengalaman dari camera yang dimiliki.

Yang penting pergi menjauh dari polusi cahaya, cari posisi yang tepat sebelum malam.

Bila sudah bisa mengambil inti galaksi Milky Way, bisa dikembangkan dengan peralatan lain seperti tracker motion untuk bintang sampai rel pergerakan camera.

Biarkan camera bekerja seperti robot.




Video yang dibuat dibawah ini

Into The Atmosphere from Michael Shainblum on Vimeo.


Berita terkait
Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.

Camera digital memiliki beberapa singkatan dari AF, MF. CSC atau DSLR, Exif, F-stop dan lainnya. Singkatan tersebut agak membingungkan di awal mengunakan camera.



Membuat foto Hyperlapse mungkin jauh lebih sukar dibanding teknik foto Timelapse. Foto Timelapse lebih banyak mengabadikan posisi gerakan objek foto Sedangkan Hyperlase merupakan teknik gerakan dari camera sendiri terhadap objek diam. Apa saja perlengkapan yang digunakan.

Cal Thomson menerangkan proses pengambilam foto Timelapse dari setting waktu dan durasi. Sampai proses editing foto bintang di Lightroom dan selesai di edit lalu di ekspor ke LRTimelapse untuk menjadi satu video klip.

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Membuat kesan foto tidak sepi, seperti mengambil galaksi di tempat yang baik untuk membuat foto galaksi. Ditambah dengan tenda seakan fotographer sedang camping di dalam tenda.

Katanya tidak perlu pergi jauh, cukup dibelakang rumah. Tidak perlu peralatan mahal, cukup camera DSLR yang ada. Yang penting setting camera dan diatur secara manual. Apa saja yang di ceritakan untuk membuat foto bintang.



Foto yang dibuat oleh Andrey Mikhaylov memberikan pelajaran bagaimana membuat background sebuah objek foto atau produk. Dia mengunakan aluminum foil untuk latar belakang. Terlihat lebih bercahaya dengan pantulan sinar, diberikan tutorial dengan Photoshop.

Canon membuat pelajaran merawat camera. Teknik membersihkan debu di camera, bagian yang sering terganggu, membersihkan lensa sampai larangan untuk tidak menyentuh bagian sensor.

Satu lagi teknik foto disebut Time Stack. Tekniknya seperti membuat video Timelapse, foto dibuat berurutan dengan objek yang sama. Foto yang sudah diambil nantinya di gabung dengan Photoshop.

Video Paralel world dunia yang menghilangkan semua orang, dibuat dengan foto tumpuk dan pastinya dengan software editing video. Claire&Max membuat dengan software Sony Vegas untuk proses edit foto.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Asik nih, buat yang suka narsis tapi lebih bergaya. Phlearn memberikan teknik belajar membuat tato di foto dengan photoshop. Tinggal di ikutin saja proses pembuatannya dari video di Youtube.

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.



Joe menceritakan manfaat dari Monopod untuk pengambilan foto. Monopod seperti tripod, hanya mengunakan satu tiang untuk penyanggah camera. Tapi bisa digunakan untuk mengambil sudut lebih baik, lebih tinggi dan hasil foto menarik.

Si pembuat video ini mengatakan butuh 14 bulan jalan jalan. Salah satu foto terbaik mengabadikan petir di video timelapse ini. Belajar dari kesalahan video pertama, hujan es sampai serangga selama proses pengambilan gambar.

Markus memposting satu foto dari galaksi Milky Way / Bima Sakti.  mengunakan camera Canon 60D, ISO 2000, 30 detik, f4. Katanya fotonya memang terjadi blur, khususnya cahaya bintang.

Andrew Walker membuat video timelaspse dengan pemandangan alam di Montana dan Arizone. Dari 15000 foto pemandangan alam, video mendapat nilai dari staf Vimeo

Namanya Rob, seorang fotographer, disain dan penulis. Tinggal di Inggris, tapi mulai melakukan petualangan tahun 2011 dengan melakukan ekpedisi dan perjalanan. Untuk mengabadikan pemandangan dan kehidupan masyakarat lain. Dia berjalan sampai ke Himalaya, Hongkong

Bulan Mei 2012 Sungjin Ahn pergi ke Arizona, California, Nevada dan Utah. Disana dia mampir ke taman nasional Joshua Tre. Lalu dibuat sebuah video timelapse. Pohon Joshua hanya tumbuh di Amerika




No popular articles found.