4 galaksi akan bertabrakan siapa yang bertahan hidup


Science | 25 December 2013

Gambar dibawah ini ada 4 galaksi saling berdekatan. Disebut Seyfert Sextet sebuah kelompok galaksi memang berdekatan di area Serpens. Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini memperlihatkan 4 galaksi seukuran Bima Sakti di formasi yang sama dan berinteraksi.

Daerah Seyfert Sextet adalah tempat kumpulan galaksi yang padat, ada 6 galaksi di area tersebut. Sekitar 4 galaksi yang saling berdekatan. 5 Galaksi terbesar bergerak dengan kecepatan 4000km perdetik. Satu lagi bergerak dengan kecepatan  20000km

4 galaksi paling besar tersebut memang jauh dari bumi, berada di 190 juta tahun cahaya. Posisi ke empat galaksi hanya berjarak 100.000 tahun cahaya saja. Satu hari nanti, atau sekitar beberapa milyar tahun lagi. Ke 4 galaksi tersebut menyatu menjadi galaksi sangat besar.

Foto dibawah diambil oleh teleskop Hubble.



Foto dibawah ini diambil dari teleskop Kitt Peak National Observatory 2.1 meter pada Juli 1998.



Berita terkait
Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.

Sebuah tempat yang disebut awan molekuler raksasa paling dekat dengan bumi. Disebut awan W51 dan jaraknya hanya 17.000 tahun cahaya. Menjadi sumber lahirnya bintang, bahkan satu bintang yang baru lahir memiliki ukuran supermasif. Peneliti dapat mempelajari bagaimana bintang lahir ketika galaksi terbentuk.



Cosmic Ray membantu manusia mengerti tentang alam semesta. Kita hanya mengetahui 4% dari apa alam semesta terbentu. Bisakah kita mengetahui yang ada di luar galaksi kita. Cosmic ray seperti data yang mengirim pesan ke Bumi untuk dipelajari.

Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang. Ini penjelasan dalam sain tentang perubahan warna langit.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.



Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.




No popular articles found.