Dari pasir menjadi procesor, bagaimana procesor dibuat


Kategori : Technology | Date : 6 February 2012

Bagaimana procesor dibuat, apa bahannya. Dari pasir ?

Intel menerangkan bagaimana procesor dibuat, dan dimulai dengan bahan pasir, lalu dipanaskan sampai 1800 degC sampai mencair. Kembali di dinginkan dan dipadatkan dan dipotong menjadi lembar silikon.

Pasir dengan rumus kimia SiO2 menganding 25% silikon. Bila dipanaskan  maka menghasilkan SiO2 +2c =  Si + 2CO. Silikon hasil pemanasan dapat dimurnikan sampai 98-99%, dan proses pemurnian kembali dilakukan sampai mencapai angka 99.999% dengan bobot 100kg. Setelah benar benar murni, barulah silikon berbentuk silinder (tube) besar tersebut dipotong sangat tipis menjadi lempeng silikon.

Permukaan silikon digosok sampai bersinar seperti cermin dan dimasukan ke ruang semikonduktor untuk menciptakan sirkuit micro dan proses pencetakan mengunakan teknik sinar foto. Dimana lempeng silikon diberikan cairan khusus lalu diberikan sinar UV yang sangat tinggi. Hal tersebut dilakukan berulang kali untuk membentuk jalur permukaan sirkuit procesor. Bagian yang tidak tersinari nantinya dicuci kembali dengan cairan khusus dan larut dari lembar silikon, tertinggal jalur micron dan bentuk transistor didalamnya.

Jalur sirkuit masih mengalami proses final dengan pelapisan. Proteksi dengan lapisan khusus dan tembaga diatasnya. Ketebalan tembaga dari permukaan procesor akan digosok untuk membuang bagian yang tidak perlu.

Bila kita melihat sebuah keping procesor didalam terlihat datar. Sebenarnya ada beberapa lapis sirkut yang sangat tipis di permukaan sebuah procesor, setidaknya lebih dari 20 lapis menumpuk diatas permukaan keping procesor.

Tahap selanjut procesor akan dipoting dari keping bundar sebuah silikon, menjadi keping procesor. Tahap akhir barulah dirakit menjadi procesor dan ditutup oleh lempengan aluminium.

 


Berita terkait
Sejak internet digunakan, awal dari koneksi internet ke seluruh dunia masih mengunakan teknologi satelit. Pertumbuhan internet semakin cepat dengan teknologi kabel serat optik untuk menghubungkan antar benua. Kabel bawah laut tercepat, Marea milik Microsoff, Facebook dan Telxius, dengan 8 kabel fiber optik

Perusahaan Pelican Imaging menawarkan lensa Plenoptic camera. Memiliki 4x4 lensa atau total 16 buah. Kabarnya fitur camera lensa ini sedang dikembangkan dan diuji oleh produsen. Dan menjadi sensor baru untuk camera smartphone tahun depan.



Perusahaan Alp membuat sensor geomagnetik atau sensor untuk kompas. Model Alp HSCDTD004A sudah digunakan jam tangan Casio GW-A1100 yang mulai dipasarkan Juni 2013. Ukurannya sangat kecil, hanya 1.6x1.6x0.7mm.

TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Dari Discovery Channel. Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.

Qualcomm adalah perusahaan perancang chip, sejauh ini tidak memiliki pabrik sendiri. Insinyur mereka bekerja dan duduk seharian di computer untuk merancang chip, Qualcomm kabarnya membuat chip dari pabrik Samsung.

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.



Mengapa layar handphone ikut berputar dari 90 derajat atau lebih. Ada sensor sangat kecil membantu mengatur posisi gravitasi dari handphone. Sebuah chip disebut Accelerometer membantu mengatur layar

Satu rekaman si pemilik mata yang lasik. Di upload pada tahun 2006 lalu. Bagaimana proses lasik dilakukan dengan pembedahan sinar laser.

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Mengalahkan Cray 2.3 TF Jaguar.




No popular articles found.