Teknologi smartphone dual baterai pengisian cepat


Technology | 31 October 2018


Oktober 2020
Smartphone 2 baterai sudah biasa.
Oneplus 8T smartphone Android dapat menerima power 60W dari charger adaptor. Dengan total 4000mAh atau 2 x 2000mAh baterai.
iPhone juga mengandalkan sistem dual baterai.
Smartphone mengunakan dual baterai untuk membagi arus masuk tidak terlalu besar dengan pengisian arus tinggi.
Produsen juga membuat sistem dual engine, atau pengisian terpisah di masing masing baterai.

Oktober 2018
Kemampuan kapasitas baterai semakin menurun, dampak dari tuntutan teknologi terbaru.
Bukan berarti teknologi baterai smartphone tidak memiliki perkembangan. Beberapa model smartphone dibuat dengan 2 baterai.
Yang lain memasang sampai diatas 10.000mAh atau lebih.

Walau disain procesor smartphone semakin efisien dan lebih hemat power. Kinerja smartphone tidak jauh berbeda dan jarang sekali sebuah baterai smartphone mampu bertahan 24 jam.

Smartphone model 2018.
iPhone XS memiliki kapasitas baterai 21 menit lebih lama dibanding iPhone X generasi sebelumnya.
Google Pixel 3 bertahan 1,5 jam dibanding Pixel 2.
iPhone XR mengunakan layar LCD bukan OLED bertahan 3x  lebih lama dibanding iPhone XS.

Kapasitas baterai smartphone 4 tahun lalu hanya 1500mAh. Tapi semakin canggih, baterai smartphone tidak kurang dari 3000mAh. Bahkan rata rata antara 4000mAh.



Nadim Maluf CEO perusahaan untuk merancang baterai Qnavo mengatakan ke media. Kemampuan baterai naik 5% setiap tahun. Tapi kebutuhan power baterai juga meningkat lebih tinggi dari kemampuan baterai smartphone.

Cara menghemat baterai, tidak meningkatkan layar smartphone terlalu tinggi, dan mengaktifkan WIFI kontinue. Kedua teknik ini dapat menghemat baterai.
Sisanya adalah aplikasi yang digunakan oleh pemilik smartphone.

Kendala smartphone semakin boros akibat tuntutan teknologi.
Layar smartphone dengan resolusi lebih tinggi seperti FHD 1080p meningkatkan konsumsi power. Dibanding beberapa model smartphone yang masih mengandalkan resolusi layar HD atau lebih rendah.

Koneksi selular 4G VoLTE juga memberikan beban lebih besar pada baterai. Kebanyakan smartphone akan terkunci di jaringan 4G untuk tetap menjaga koneksi internet cepat.

Terknologi baterai smartphone semakin baik, tapi terkendala dengan teknologi baru memperbaiki disain smartphone akibat tuntutan konsumen.
Akhirnya membuat kapasitas baterai smartphone sama saja dari tahun ke tahun. Dan tidak mampu bertahan selama 1 hari penuh.


Juli 2017
Berapa kali anda pengisi baterai smartphone, 1x atau 2x sehari.

Teknologi smartphone sudah baik, tapi baterai tetap tertinggal. Banyak penguna smartphone harus membawa baterai cadangan seperti power bank.



Aplikasi semakin banyak digunakan, membuat baterai smartphone lebih boros.

Banyak pembeli memilih smartphone dengan ukuran dan berat. Tetapi pembeli tidak tahu kebutuhan smartphone harus bisa stand-by selama mungkin.

Beberapa orang lebih banyak membaca berita di smartphone,  memeriksa Facebook. Sebagian mengunakan aplikasi navigasi dengan perangkat GPS. Sisanya untuk kegiatan email, chatting, telepon dan lainnya. Bahkan beberapa orang masih mengunakan smartphone di tempat tidur sampai kamar mandi.

Belum lagi dengan teknologi 4G, kecepatan internet membuat betah penguna berinternet ria. Masalahnya pengisian baterai membutuhkan waktu, alih alih bertahan seharian. Baru setengah hari saja baterai smartphone sudah keok. Apakah mungkin sebuah smartphone mengisi selama 5 menit dengan kapasitas 80-90% kapasitasnya. Mobil listrik bisa melakukan pengisian seperti itu, hanya butuh 15% dengan quick charge dengan power besar. Sedangkan smartphone harus melalui USB port dan rata rata hanya memberikan power 0,5A sampai 1A saja. Setidaknya membutuhkan waktu 1 jam sampai baterai penuh.

Saat ini kapasitas baterai menjadi inti masalah, bila baterai smartphone memiliki kapasitas lebih besar. Untuk penguna berat setidaknya membutuhkan waktu 1x pengisian setiap hari, sebagian lagi bisa 2 hari sekali.

Apakah produsen smartphone mulai memikirkan untuk menyediakan power baterai mereka lebih baik. Sepertinya tidak, karena dari tahun ke tahun kapasitas baterai hanya di antara 1000mA sampai 2500mA. Semakin besar smartphone baterai semakin kuat, tapi di smartphone kecil baterai tetap dibuat lebih kecil.

Mungkin dimasa mendatang ada teknologi dengan bahan Graphene. Kabarnya mampu memberikan power lebih besar Penemuan baterai tersebut dibuat oleh Royal Societ of Chemistry, tapi entah kapan baterai tersebut akan diproduksi

Pabrik smartphone UMIDIGI (Juli 2017)
Sebuah pabrik smartphone berlokasi di selatan China mungkin namanya tidak sebesar merek lain. UMIDIGI menawarkan smartphone dengan kapasitas baterai besar, seperti model Umidigi Z1 dan Z1 Pro.

Smartphone dengan kapasitas baterai besar tersebut diuji di pabrik merek dan melihat daya tahan baterai di dalam smartphone yang tebalnya hanya 7mm

Dari baterai short, kelembaban, suhu, kekuatan sampai baterai lolos tes.
Tekanan pada baterai diberikan selama 5 detik dengan kekuatan 1300n
Terjadi short seperti kejadian umum akibat air, kepanasan atau pengisian charger. Pabrik ini menguji baterai sampai suhu 80 deg.C. Tentu tidak normal kondisi baterai di smartphone dengan kondisi sangat panas. Tapi pabrik UMIDIGI dapat memastikan produk baterai yang dibuat sudah lolos uji dengan suhu tinggi.
Pengujian terakhir apakah sebuah disain baterai dapat meledak dan terbakar tetapi tetap aman

Teknologi smartphone masalah baterai

Model smartphone Umidigi Z1 dan Z1 Pro dengan baterai 4000mAh, dirancang dengan tebal 7mm. Membuat perusahaan Umidigi menjaga ketat disain smartphone dan khususnya bagian baterai.


Berita terkait
DirectStorage dirancang untuk DirectX 12 akan tampil bersama Windows 11. Teknologi DirectStorage dapat memangkas kelambatan pada game dengan CPU dan GPU. Mengapa DirectStorage menjadi penting, dan apa yang berubah. Salah satunya proses input dan output ke storage, akan dipercepat tanpa banyak penanganan dari CPU

Samsung menawarkan SSD ZNS Samsung PM1731a dengan fitur ZNS. Membuat SSD bekerja lebih lama, karena mengurangi penulisan data. Teknologi NVME 2.0 memiliki fitur terbaik dengan ZNS. Mencegah penulisan data pada chip yang mengurangi usia pakai chip NAND.



Teknologi mesin Fax menjadi kejayaan di era 80an, tapi tergantikan oleh teknologi digital internet. Beberapa mesin fax masih digunakan saat ini, terlebih bagi layanan yang memerlukan copy dokumen resmi. Selesainya teknologi mesin Fax diawali pada era digital internet, satu persatu ditinggalkan dan kantor beralih mengunakan teknologi email sampai saat ini

Smartphone model 2011 akhir sudah menempatkan penerimaan dual satelit navigasi dari Glonass dan GPS. Seperti iPhone 4S yang dipasarkan tahun 2011, dan smartphone generasi terbaru Samsung model 2012. 2018 China membantu dengan satelit baru

Xiaomi SonicCharge 2.0 33W. Xiaomi Mi 65 GaN charger dengan output 5A. Xiaomi adapter charger 33W MDY-11-EX 33W hanya 10 dollar. Xiaomi Xiaomi AD65G, Xiaomi AD653, Xiaomi MDY-11-EB , Xiaomi AD651P / AD651 65W, mengisi smartphone dan notebook. Xiaomi Quick Charger 3 yang masuk daftar sertifikasi Qualcomm.

Smartphone di kelas high end yang harganya sudah setara notebook ternyata berbeda kualitas. Khusus untuk daya tahan dengan baterai, Samsung Galaxy S4 paling unggul. Oktober 2016 dari 4 model, HTC 10 lebih hemat baterai. Agustus 2017 Moto Z2 Play

Banyak penguna smartphone membicarakan smartphone dengan kapasitas baterai, resolusi layar dan procesor menentukan kekuatan baterai smartphone. Apakah perangkat tersebut mengunakan baterai lebih banyak. Atau kualitas jaringan provider telekom ikut menentukan. Dijawab Yah, karena salah satu pemakaian baterai menjadi lebih boros adalah kebutuhan koneksi jaringan.



Sebaiknya pengisian baterai smartphone tidak digunakan ketika berbicara, sebenarnya tidak masalah. Jangan membeli charger kompatibel karena dapat merusak baterai. Tidak juga, charger asli lebih baik, yang kompatibel juga baik walau kualitasnya kalah dengan charger asli. Kapasitas disarakan 20-80%




No popular articles found.