Gemini teleskop abadikan foto Beta Pictoris mengorbit tapi bukan di matahari


Science | 8 January 2014

Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Kesulitan mengabadikan planet dari teleskop, karena planet tidak memiliki cahaya. Objek terlalu jauh sehingga hanya bintangnya saja. Salah satu teknik adalah mengabadikan ketika transit atau planet sedang berada di depan posisi bintang. Tapi tidak pernah dibuat foto posisi orbit antara bulatan utuh bintang dan planetnya.

Sebuah planet Beta Pictoris mengorbit di bintang induknya, umurnya diperkirakan sudah 10 juta tahun. Gambar dari teleskop Gemini Planet Imager (GPI) diambil dengan radiasi infra merah agar bisa melihat posisi planet muda tersebut. Gambar dibawah ini mungkin biasa saja. Tapi bagi peneliti, ini adalah foto pertama yang sempurna. Dimana bisa melihat bintang dan planet dalam bulatan penuh.



Apakah planet Beta Pictoris b seukuran bumi. Menurut peneliti ukuran planet tersebut beberapa kali lebih besar dari Jupiter.  Bintang ditengah yang besar adalah Beta Pictoris dengan gambar tengah ditutup agar foto planet yang ditargetkan bisa diambil gambarnya.

+ High Resolution TIF | Full Resolution JPG

Teleskop Gemini adalah teleskop kembar yang berada di dua tempat berbeda.


Berita terkait
www.gemini.edu
Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar



Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Bila Matahari dikecilan menjadi satu sel darah merah, ukuran galaksi kita setara luas Amerika. Satu meteor ditemukan tahun 2012 memiliki kandungan berbeda dari meteor lainnya.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya




No popular articles found.