Mengapa video di Eropa muncul flicker


Digital | 8 January 2014

Bila pergi ke kota di Eropa dan merekam video. Bila ada cahaya lampu maka video akan terlihat tampilan flicker. Mengapa muncul gambar seperti ini. Perbedaan hz arus listrik di Eropa berbeda.

Disana mengunakan 50Hz atau 50 cycles per second. Dengan mata telanjang, cahaya lampu tidak terlihat tapi dengan camera akan jelas terlihat. Di Amerika mengunakan 60Hz, bila camera dari Amerika merekam video di Eropa akan menampakan gambar Flicker. Masalah kedua dari teknologi camera modern. Mengunakan sistem scanning dari atas ke bawah. Misalnya iPhone yang dipasarkan di Amerika mengunakan kecepatan 30fps atau 60fps.



Bila jalan jalan ke Eropa dan ingin merekam pada malam hari, sebaiknya menurunkan frame rate video dari 30fps menjadi 25fps. Agar kecepatan camera bisa sama dengan kecepatan Hz lampu disana.


Berita terkait
New York pada jam sibuk adalah kota yang macet dan padat. Bila mengendarai mobil, setidaknya satu lintasan jalan akan melewati 55 lampiu lalulintas. Bisa dibayangkan setiap perempatan kendaraan harus berhenti. Tapi jam 3 pagi berbeda.

Fotographer Adam Magyar membuat video dengan judul Stainless. Diambil dari sebuah stasiun kereta di Tokyo Shinjuku. Adam tidak mengunakan tripod, karena di Jepang akan di denda. Dia harus mengunakan peralatan portabel.



Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Bagaimana membuat Motorized Slider sendiri. Itu loh yang suka dibuat untuk foto dokumenter atau timelapse sehingga camera bergerak. Tidak perlu membeli peralatan mahal, bisa dibuat sendiri dengan plat metal dan lebih sederhana.

Cara membuat teleskop dari Sciencetech.technomuses.ca hanya membutuhkan 2 kaca pembesar, tabung dan penutup agar cahaya tidak masuk. Gambar yang dilihat akan terbalik, tapi itu tidak penting.




No popular articles found.