Baterai NiMH Rechargeable yang benar


Green | 9 January 2014

Beda NiCD vs NiMH

Baterai Recharger seperti NiMH lebih hemat. Bila habis bisa di isi ulang.

Tapi kualitas baterai NiMH berbeda beda. Saat ini produk terbaik dan terjangkau adalah baterai NiMH adalah baterai tipe Eneloop.

Baterai Eneloop juga terbagi dalam beberapa model. Untuk kapasitas, untuk penyimpan energi baterai tahan lama, atau baterai Eneloop standar

Ada beberapa tip baterai NiMH 1,2V/DC , karena ciri baterai ini berbeda dengan voltase baterai lithium 3,7V/DC dan baterai biasa 1.5V/DC

Merawat baterai Nimh


Jangan mengisi baterai Recharger NiMH atau mengabungkan baterai dengan bahan lain (jenis baterai lain) di dalam perangkat elektronik untuk waktu lama. Khusus untuk baterai Alkaline mungkin saja terjadi kebocoran. Dan merusak konektor atau bagian baterai dengan korosi dari cairan baterai yang bocor. Sangat disarankan mengunakan satu jenis baterai yang sama.



Mengisi baterai overvoltage atau mengisi dengan voltase lebih besar dari standar. Tidak ada gunanya memaksakan baterai untuk mengisi voltase diatas standar. Baterai NiMH memiliki output 1,2V/DC. Lebih panas karena voltase lebih tinggi akan merusak baterai.

Baterai Recharger memiliki sifat drop perlahan. Kapasitas dapat turun 30% setiap bulan dan harus di charger. Sedangkan baterai biasa (baterai sekali pakai) hanya drop 1% setiap bulan, tapi tidak bisa si recharger. Teknologi baterai NiMH Panasonic yaitu Eneloop memiliki kapasitas drop lebih rendah.



Kenali baterai yang dipakai dari NiMH dan NiCad. Kedua baterai memiliki sifat berbeda dan sistem pengisian berbeda. Pastikan charger yang dipakai sesuai dengan jenis baterai. Bila charger memiliki 2 pengisian baterai antara NiMH dan NiCD, Switch ke jenis baterai yang akan di isi. Karena baterai NiMH dan NiCAD berbeda disain sirkuit, bila NiMH di charge dengan NiCAD ada kemungkinan baterai NiMH akan terbakar karena diberikan power lebih besar.



Jangan mengisi baterai biasa seperti baterai Alkaline (sekali pakai) dengan charger karena baterai tersebut memang dirancang untuk sekali pakai. Bila mencapai voltase tertentu dan baterai menjadi panas, dapat meledak serta isi cairan baterai yang berbahaya keluar dari baterai.

Gunakan baterai dan charger yang tepat dari jenis baterai rechargeable. Dan tidak mengisi baterai biasa dengan adaptor charger.



Cara mengisi baterai NiMH dengan charger dengan baik. Gunakan charger lambat, biasanya akan mengisi baterai dengan kapasitas lebih banyak serta membuat umur baterai lebih tahan lama. Gunakan charger Quick atau Cepat, bila anda membutuhkan secepatnya tapi umur baterai mungkin lebih pendek dibanding mengisi baterai dengan cara lambat.
Bila memiliki charger NiMH dengan single charger akan lebih baik, karena charger dapat mengatur kapasitas satu kapasitas baterai. Tapi ada charger yang meminta mengisi sekaligus 2 baterai, khususnya charger NiMH yang murah tentu tidak masalah.

Baterai NiCAD atau NiCD memiliki memory efek. Sebelum mengisi dapat di drain /  dikosong sebelum di recharger kembali untuk NiCD.

Baterai NiMH memiliki memory efek jauh lebih kecil. Jadi bisa di isi kapan saja.

Perbedaan NiCD vs NiMH


Kedua baterai memiliki kegunaan berbeda. NiCD adalah jenis baterai lebih dahulu tampil untuk perangkat elektronik. Tapi mengunakan kandungan bahan lebih beracun.

1. NiCD disebut Nickel Cadmium

2. NiMH disebut Nickel Metal Hydride.

Sekarang NiCD tidak banyak digunakan, karena tidak efisien untuk pemakaian konsumen dan relatif berbahaya bila baterai dibuang ke tempat sampah. Karena memiliki kandungan timbal beracun.

Walau masih ada perangkat yang membutuhkan baterai NiCD dengan fungsi khusus. Salah satu keunggulan NiCD adalah daya tahan dengan kapasitas power dan menerima voltase lebih besar.

Disini perbedaan teknologi 2 bahan baterai.
  • Baterai NiMH hanya mampu di isi dengan kapasitas 1,5-2A. Sedangkan NiCD memiliki kapasitas lebih besar. dengan ukuran yang sama.
  • Kebanyakan baterai NiCD digunakan untuk pengisisan cepat dan pelepasan energi lebih besar. Kebalikannya NiMH terbatas untuk charger dan discharger.
  • Baterai NiMH bila dibiarkan akan melepaskan energi atau susut lebih banyak dibanding NiCD. Walau ada teknologi terbaru yang membuat baterai NiMH dapat bertahan lebih lama seperti produk baterai Eneloop.
  • Baterai NiCD umum digunakan untuk perangkat khusus, sifat baterai relatif lebih tahan dari overvoltage / kelebihan voltase ketika di charger.

Menganti baterai NiCD ke NiMH

Teorinya, kedua baterai memiliki tegangan mirip saja. Walau tidak berarti keduanya identik dan anda bisa mengabung jenis kedua baterai.



Kita dapat menganti baterai NiCD ke NiMH, untuk perangkat dengan dengan pengisian ulang.

Contoh perangkat raket nyamuk, dirancang mengunakan baterai NiCD, karena kebutuhan voltase dan pelepasan energi lebih baik dengan toleransi voltase lebih tinggi.
Bila anda ingin menganti baterai NiCD ke NiMH, bisa dilakukan. Tetapi tidak boleh membiarkan pengisian baterai tidak sampai full.
Karena NiCD dan NiMH mengunakan sistem pengisian baterai berbeda.

Seperti raket nyamuk diganti bagian baterainya. Pengisian baterai cukup di charger 1/2 jam. Agar baterai NiMH tidak mengalami overvoltase sampai akhirnya rusak, bahkan meledak bila di charger dengan sistem NiCD.

Jadi hati hati bila ingin menganti baterai NiMH ke NiCD. Ketahui batasan dari pengisian baterai yang diperlukan.

Bila tidak memerlukan kapasitas baterai besar seperti kapasitas NiCD, sementara waktu dapat mengunakan baterai NiMH yang lebih awet dalam menyimpan energi.



Baterai Nimh terbaik

Duracell dan Ladda masuk rangking 1 dan 2.
Alasannya, resistansi atau tahanan di dalam baterai paling rendah, diartikan memiliki usia pemakaian lebih panjang.

Baterai Amazon Basic, Eneloop 1900 dan Energizer 2000 berada di posisi 3-4-5. Melihat dari kapasitas yang masih dapat ditampung setelah baterai terisi energi dalam 1 tahun.


No Merek baterai Kapasitas setelah 1 tahun Kapasitas produk Real Resistan internal  
1 Duracell Green 2488mAh 2450mAh 102% 71  
2 Amazon Basic Black 1879mAh 1900mAh 99% 124 Japan
3 Eneloop Panasonic White 1878mAh 1900mAh 99% 78  
4 Ladda 2388mAh 2450mAh 97% 70 Ikea Japan
5 Amazon Basic Silver (gray) 2337mAh 2400mAh 97% 112 Japan
6 Energizer 1919mAh 2000mAh 96% 93 Japan
7 Rayovac 1267mAh 1350mAh 94% 215  
9 PowerEx 2426mAh 2600mAh 93% 88  


Demikian informasi tentang baterai NiMH. Baca juga artikel tentang baterai lain dibawah ini untuk menambah pengetahuan teknologi  baterai.

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/226/Menaikan-tegangan-atau-menurunkan-tegangan-DC-to-DC
www.obengplus.com/artikel/articles/159/Menganti-lampu-Emergency-dengan-lampu-LED
Quick Charger 4.0 INOV - Intelligent Negotiation Optimum Voltage. Juni 2017 tampil Quick Charge 4+ daftar smartphone QC4+ Mei 2020.
Quick Charger 3+ April 2020 akan dibuat adaptor charger murah seri QC. Model smartphone terbaru hanya membutuhkan waktu 1 jam pengisian baterai Full Charge dengan kapasitas 3700mAh atau lebih

Baterai Lithium, khususnya ukuran 16850 tipe baterai paling umum. 2 model dengan sirkuit proteksi dan tidak. Mengapa baterai lithium dengan proteksi akan mati ketika voltage mencapai 2,5V DC, mengapa baterai bisa terbakar, mengapa baterai tidak boleh dibiarkan sampai kosong. Apa arti lithium IMR, INR, NCR dan ICR



Eco USBcell adalah baterai lithium dalam bentuk baterai AA, dan AAA. Pemakaian baterai seperti baterai biasa, dengan output 1,5V DC, tapi di dalamnya adalah baterai Lithium. Keunikan baterai ini pada sistem pengisian, bagian tutup terdapat USB port untuk charger.

Sebaiknya pengisian baterai smartphone tidak digunakan ketika berbicara, sebenarnya tidak masalah. Jangan membeli charger kompatibel karena dapat merusak baterai. Tidak juga, charger asli lebih baik, yang kompatibel juga baik walau kualitasnya kalah dengan charger asli. Kapasitas disarakan 20-80%

Dari SLR Launge menceritakan hasil test dari baterai AA untuk lampu flash. Mengunakan satu model lampu flash dan diuji seberapa cepat  lampu flash dapat menyala dengan satu merek baterai. Hasilnya tidak banyak berbeda

Kali ini teori terbalik dalam pengisian baterai lithium. Baterai lithium ideal diisi dengan voltase 4.2V, bila di isi diatas voltase tersebut maka umur baterai turun sampai separuh. Teorinya, semakin sering di charge maka kapasitas baterai lithium akan menurun. Mengisi baterai yang baik sampai 80% membantu usia baterai.

Teknik ini berlaku untuk baterai Li-ion dan Ni-MH




No popular articles found.
< /body>