Timelapse Orion Nebula di zoom keren deh si profesor ini


Stuff | 3 February 2014

Video Timelapse ini serius banget bikinnya. Ketika profesor fisika dan fotographer amatir Isidro Villo menyebut akan membawa anda ke Orion Nebula yang begitu jauh dengan cameranya.  Targetnya ada di M42, Messier 42 atau NC 1976. Jaraknya 1344 tahun cahaya. Tidak jauh sih.

Tapi video yang di abadikannya itu astaga seperti live melihat teleskop. Orion Nebula menjadi nebula paling terang bahkan bisa dilihat dengan mata di malam hari. Asalkan kondisi cuaca yang cerah dan daerahnya yang sepi dari polusi cahaya

Isidro tidak hanya mengabadikan foto statik. Dia membuat peralatan khusus untuk mentracker si objek. Isidro menghabiskan waktu selama 2 tahun untuk proyeknya. Targetnya mengabadikan Deep Space Timelapse, atau foto yang di zoom langsung ke objek. Mengunhakan Canon 5D Mark II, sebuah XSi, Sigma 50-500, + 2x zoom teleconverter dan satu unit Meade LX80 mounting untuk tracker bintang.



Pada gambar peralatan yang di modifikasi tersebut setting zoom diatur otomatis.
Dibawah ini video Deep Sky Time Lapse


Berita terkait
Foto di ruang angkasa hanya berwarna hitam putih, bagaimana foto dibuat menjadi berwarna. Nasa mengabadikan beberapa gambar berdasarkan 3 unsur dan semuanya hanya berwarna hitam dan putih. Gambar tampak berbeda dengan foto pertama Hubble 1995 dengan foto terbaru 2015

Teleskop Jamess Web selesai dan masuk tahap pengujian. Teleskop yang mampu melihat 13,5 miliar tahun ke belakang. Proses pembuatan mencapai 20 tahun. Sekarang teleskop ini hanya diam di bumi, masih dilakukan pengujian dan pertama dirakit menjadi satu teleskop lengkap. Kesalahan rancangan, bila gagal bekerja di ruang angkasa dan tidak bekerja.



lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.

Timelapse Our True Significance ini memberikan gambaran kepada penonton, betapa kecilnya kita. Dibanding gunung dan galaksi diluar sana. Atau kita melihat bintang seperti biasa, tapi disini diperlihatkan begitu jelas dan tajam dari garis Bima Sakti. Sudah di upload ke Youtube

Video timelapse Flow Motion dari fotographer Rob Whitworth mengambil ide dengan gabungan timelapse dan hyperlapse. Seperti menonton perjalanan liburan seseorang ke kota Dubai. Camera bergerak mengikuti objek, mengambil timelapse dengan pemandangan dan zoom.