Stuff | 17 April 2019

Kapal selam nuklir tidak seindah yang dibayangkan


Negara yang memiliki kapal selam nuklir dan kemampuan kapal selam nuklir

Bagaimana cara kerja kapal selam

Kapal selam adalah kapal dengan lambung bertekanan. Seperti sebuah silinder yang tertutup, dan awak kapal berada di dalam terlindung tekanan air laut.

Di luar lambung adalah casing atau penutup suprastuktur, dan membentuk hidrodinamika.

Membuat kapal dapat bergerak efisien dan halus di dalam air. Dan paling penting adalah tidak terditeksi alias Silent.

Pada bagian lambung kapal terdapat pompa untuk memasukan air. Agar berat kapal dengan air dapat seimbang dan kapal dapat menyelam atau naik ke permukaan.

Bagian paling menonjol adalah sirip kapal yang berada di tengah, kita sering tertipu benda tersebut seperti menara.

Kapal selam di era perang dunia ke 2, memiliki tiang untuk periskop di bagian tengah kapal.

Kapal selam modern seperti kapal selam nuklir berbeda. Memiliki bagian periskop di bagian depan dan tidak ditempatkan di tengah kapal..

Menara kapal selam bukan untuk berdiri diatas, tapi untuk kapten bisa mengendarai kapal selam konvensional selama berada di permukaan. Maklum teknologi kapal selam konvensional akan berlayar di atas permukaan, dan menyelam untuk serangan saja. Sisanya untuk mengambil udara, dan membuka periskop.

Kapal selam modern memiliki peralatan ditempatkan di menara. Beberapa peralatan antena, periskop dan tiang radar.

Bagian tengah ke belakang berisikan ruang rudal, karena tugas kapal selam nuklir untuk melakukan penyerangan dari laut ke darat.



Di antara tabung luar dan dan lambung ditempatkan tangki pemberat. Tangki tersebut berada di bagian bawah, dan memiliki katup di bagian atas.

Saat menyelam katup diatas terbuka dan membiarkan udara keluar dan air masuk ke dalam tangki beban. Membuat kapal selam menjadi lebih berat lalu menyelam.
Ketika kapal selam ingin naik, katup tertutup dan udara bertekanan ditiupkan untuk membuat kapal mengapung kembali.
Di tangki terdapat terdapat tangki trim, memungkinkan kapal selam untuk menyempurnakan daya apung ketika dibawah permukaan air.

Kapal selam modern dikembangkan dengan banyak teknologi.

Memiliki peredam getaran baling, bagian ubin kapal anti sonar membungkus lambung kapal, dan kemampuan menyelam lebih dalam untuk menghindari sensor atau sonar.



Kapal selam
nuklir termodern

Untuk mencari keberadaan kapal selam memang sangat sulit.

Dibutuhkan kapal khusus dan pesawat patroli untuk mencari jejak keberadaan kapal selam. Seperti mencari jejak magnetik atau mengunakan pelampung sonar.

Negara Amerika dan Eropa serta negara selat di Inggris dan Islandia dilindungi oleh sistem SOSUS.
Merupakan jalur sonar dibawah air untuk menditeksi keberadaan kapal selam asing yang lewat.
Sonar dapat menditeksi keberadaan sebuah kapal selam yang jaraknya ratusan km. Bahkan sonar dapat menditeksi migrasi udang sampai plankton karena sangat sensitif.

Kapal selam tenaga nuklir hanya dimiliki oleh Amerika, Soviet, Inggris, Perancis, China dan India.

Kapal selam dibagi dalam beberapa kelas (jenis dan ukuran) sesuai fungsi, dan melihat bentuk disainnya, jenis persenjataan dan peralatan. Beberapa catatan jumlah kapal selam dan kelas di beberapa negara.
  1. Amerika kelas Ohio, memiliki 18 kapal selam aktif dengan kemampuan membawa 14 rudal balistik kelas Trident (total 24), 4 Tomahawk atau rudal laut ke udara , dan Harpoon yang diluncurkan dari ruang torpedo. Memiliki tabung peluncur sebanyak 22 unit. Rudal Trident II dapat membawa bom nuklir dengan jarak jelajah 12000km nonstop. Tergantung tipe persenjataan dimasukan ke rudal dan dibawa kapal selam. Nama kapal selam kelas Ohio mengikuti nama kota atau state : Ohio, Michigan, Florida, Georgia, Henry M Jackson, ALabama, Alaska, Nevada, Tennessee, Pennsylvania, West Virginia, Kentucky, Maryland, Nebraska, Rhode Island, Maine, Wyoming dan Lousiana. Sebagian besar masih aktif. Dari 18 kapal selam kelas Ohio, hanya 14 yang dirancang untuk membawa rudal balisitik. Melaju dengan kecepatan 37km, memiliki 4 tingkat. Dalam gugus tugas utama, 4 kapal selam kelas Ohio ada di dermaga dan siap di berangkatkan kapan saja. Rekor paling lama adalah kapal selam Ohio Pennsylvania yang menyelam selama 140 hari.
  2. Amerika kelas Seawoft , ada 3 dengan tipe kapal selam di kelas SeaWolf, Connecticut dan Jimmy Carter. Ketiganya aktif tercatat di tahun 2014, dari rencana sebelumnya 26 unit. Awalnya dirancang untuk menghadapi kapal selam Soviet dengan kemampuan rudal balisitik Typhoon, dan menghadapi kapal selam penyerang tipe kapal selam Akula. Kapal selam SeaWolft dirancang dengan dinding baja, ukuran lebih besar dari kelas Los Angeles, lebih cepat tapi lebih tenang. Bahkan memiliki kemampuan dengan 8 tabung terpedo. Kapal selam ini dirancang untuk membawa rudal Tomahawk dan menyerang ke darat atau sasaran di permukaan laut. Hanya dibuat 3 kapal selam yang dibangun, karena biayanya terlalu mahal, 33,6 miliar dollar (setara 300 triliun satu kapal) walau Amerika memiliki kapal selam lebih besar dan lebih banyak di kelas Ohio. Kapal selam hanya dibatasi pengiriman makanan untuk awak kapal. Panjang 108+ meter, berlayar tentang 37 km perjam, kecepatan penuh 65 km perjam, jarak jelajah tanpa batas. Dipersenjatai 12 misil K15 SLBM dengan jarak jangkauan 1900km, 4 SLBM 3500km, torpedo atau digunakan untuk melepas rudal ukuran kecil dan ranjau laut.
  3. Amerika kelas Virginia penganti Seawolf. Kapal selam penyerang, kemampuan membawa 6 rudal Tomahawk untuk serangan laut ke darat. Dibuat 16 kapal selam, aktif 14, rencana 48 kapal selam. Model kapal selam paling canggih, baru beroperasi tahun 2024-25.
  4. India Arihant masuk tugas tahun 2015, rencananya akan dibuat sampai 4 kapal selam. Kemampuan membawa rudal balisitik, panjang 112 meter, kecepatan 22-28km perjam, menyelam 44km perjam. Jarak jelajah tidak terbatas, kemampuan menyelam 300 meter, India memerlukan pengawasan laut, karena memiliki masalah dengan negara tetangganya.
  5. Rusia Typhoon, 1 aktif. Kapal selam paling besar di kelas kapal selam militer. Dapat meluncur sangat cepat, 50km perjam dibawah air. Kapal selam ini termasuk kapal selam tua, tapi di tahun 2012 dikabarkan kembali di modernisasi Rusia tapi tidak jelas untuk masuk gugus tugas atau pensiun. Yang menakutkan dari kapal selam ini seperti kemampuan kelas Ohio Amerika bahkan ukurannya lebih besar untuk membawa persenjataan. Kemampuan peluncur rudal balisitik. Rusia sempat memiliki 7 kapal tipe ini. 1 batal diselesaikan, 2 pensiun tapi masih disiapkan untuk pasukan area utara, 3 kapal terakhir sudah dihentikan operasi, tersisa 1 Dimitry Donskoy yang mampu membawa rudal balistik Bulava yang berisi 6 bom nuklir. Tapi terakhir opearsi berakhir Juli 2022, kabarnya masalah teknik dan bahan bakar nuklir yang tidak tersedia. Rudal tersebut memiliki jarak jelajah 9000km, tapi jarak sebenarnya mencapai 8000km lebih dengan sistem satelit navigasi Glonass dan akurasi 350m. Kabar terakhir rudal balisitik tersebut sudah di coba untuk dibawa dengan kapal selam tipe Borei
  6. Rusia Borei 4 kapal . Nama kapal selam K-535 Yury Dolgorukly di wilayah utara, dan K-550 Aleksandr Nevskly sudah masuk gugus tugas di Pasifik serta K551 Vladimir Monomakh di Pasifik. Masih 4 kapal selam sejenis yang akan dibuat, ditambah 2 unit dalam rencana. Tipe kapal selam Borei mampu membawa rudal balisitik. Kemampuan berlayar selama 1 tahun dan dibatasi oleh cadangan makanan untuk awak kapal. Kapal selam ini mengunakan teknologi pertama sistem daya dorong pump-jet, dan mampu berlayar dengan kecepatan penuh 56km perjam. Kemampuan menyelam sampai 450 meter dibawah permukaan. Persenjataan 20 rudal Borei II dan rudal balistik Beluva serta 6 ruang torpedo.
  7. Rusia Belgorod kapal selam untuk misi khusus dari proyek 09852. Kapal selam membawa drone nuklir yang diledakan di pesisir untuk memberi dampak tsunami.
  8. Rusia  Delta, 14 kapal terakhir tapi hanya 3 atau paling banyak 7 masih bekerja termasuk 3 tipe Delta III dan 6 Delta IV. Kemampuan membawa rudal balisik. Tapi class Delta masuk kelas kapal selam tua bertenaga nuklir. Kapal selam Delta memiliki panjang 166 meter dengan lebar 12,3 meter. Kemampuan membawa 16 rudal.
  9. China Jin , 2 kapal aktif, mengunakan nomor 094. Masuk kelas kapal selam rudal balistik. Muncul pertama tahun 2006, kedua tahun 2007. Tahun 2020 kemungkinan ada 6 kapal selam kelas Jin. Perkiraan harga $750 juta. Mampu membawa 12 rudal balistik JL-2 SLBM dengan jarak jangkau 7400km dan satu warhead. Kapal selam Jin tidak secanggih buatan Amerika, masih meninggalkan suara bising. Tapi China memodifikasi, setidaknya 1 model A .
  10. China Xia, mengunakan nomor 092. Menyelam 300 meter, panjang 120 meter, jarak jelajah tidak terbatas, kecepatan 41km perjam. Kapal selam nuklir dan beroperasi sejak 1987. Dipersenjatai dengan 6 terpedo, dan 12 rudal JL-1A SLBM. Kapal selam tua yang bising dan bermasalah sehingga mudah terditeksi. Tapi kabar ada 1 lagi yang dibangun kembali. Tidak jelas tipe Xia apakah sudah dinonaktifkan, atau hilang.
  11. Perancis, Triomphant, 4 aktif mampu menyelam 400 meter, kecepatan 46km perjam. Biaya $23,8 miliar dengan kemampuan membawa rudal balistik. Panjang 138 meter, mesin diesel dan mesin water reactor, dapat beroperasi sampai 20-25 tahun. Kemampuan membawa rudal 16 M45 atau M51, 4 terpedo, dan anti kapal Exocet SM39. Diberi nama Le Triomphant, Le Temeraire, Le Vigilant dan Le Terrible.
  12. Inggris kelas Vanguard. Rencana 4 kapal selam besar yang aktif dengan nama HMS Vanguard, HMS Victorious, HMS Vigilant, HMS Vengeance dengan kemampuan membawa rudal balistik. Kemampuan membasa 16 tabung rudal balistik, torpedo yang mampu mencapai jarak 65km, 2 terpedo SSE Mark 10 untuk penghancur kapal. Biaya 6 miliar dollar perunit. Mengunakan mesin Roll-Royce PWR2 reaktor nuklir, dan 2 GEC turbin. Kecepatan 46km perjam, jarak jelajah tidak terbatas.
  13. Inggris Trafalgar memiliki 7 kapal selam nuklir lain kelas Trafalgar dan dignatikan Astute milik angkatan laut Inggris, dengan kemampuan pemburu / anti kapal selam dan rudal Tomahawk untuk melancarkan serangan ke darat. Mesin reaktor nuklir, kecepatan 56km perjam, 5 peluncur rudal,
  14. Inggris kelas Astute HMS Artful dengan mesin tenaga nuklir, 4 sudah selesai dari rencana 7 kapal selam milik Inggris. Kapal selam Artful tidak mengunakan periskop analog, tapi sistem periskop elektronik sebagai mata. Dan kualitas gambar lebih tajam serta cukup dilihat di layar monitor ruang navigasi. Kapal selam ini bahkan memiliki radar array terbanyak dan mampu menditeksi kapal selam musuh yang jaraknya ratusan km. Kapal selam ini masuk dikelas Hunter Killer. Membawa rudal Tomahawk laut ke darat serta terpedo kelas berat Spearfish

Bila ditotal untuk kapal selam penyerang.

  • Amerika - 14 kapal selam peluncur rudal antar benua, 4 rudal pemandu, 37 kapal selam penyerang dan total 70 kapal selam
  • Inggris - 4 kapal selam peluncur rudal antar benua, 7 kapal selam penyerang
  • Rusia -13 kapal selam peluncur rudal antar benua, 7 pemandu rudal, 17 kapal selam nuklir penyerang, 23 kapal selam konvensional
  • Perancis - semua kapal selam nuklir, 4 peluncur rudal balistik, dan 6 kapal selam penyerang
  • China - 5 kapal selam peluncur rudal balistik, 5 kapal selam nuklir penyerang, 56 kapal selam konvensional
  • India -  1 kapal selam rudal balistik, 1 kapal selam nuklir penyerang, 13 kapal selam konvensional



Jumlah kapal selam dapat berubah, setiap tahun setiap negara menyelesaikan kapal selama mereka dan kapal lain di pensiunkan.

Dan beberapa jenis kapal selam militer berbeda kelas dan ukuran masih aktif atau tercatat sebagai peralatan tempur angkatan laut. Termasuk  Indonesia, Korea, Jerman,  Jepang, Italia,  dan negara lainnya.

Salah satu gambar dibawah ini  adalah kapal selam nuklir kelas Los Angeles. Dengan nama USS Hartford yang memiliki kemampuan meluncurkan rudal nuklir.

Kapal selam tersebut menembus permukaan es di linggkaran Arktik selama pelatihan Ice Exercise / ICEX 2016.

Bukan untuk berperang, tapi melakukan penelitian ilmiah, dari test dan evaluasi di laut. Selain satu kapal selam ini, satu lagi USS Hampton juga muncul di dekatnya.

Kapal selam nuklir menembus es kutub sampai muncul ke permukaan

Selama 10 tahun terakhir, Amerika belum mengupdate kapal selam nuklir mereka. Sampai presiden Obama mengalokasikan anggaran besar dalam memodernisasi seperti pengadaan kapal selam baru.

Kira kira kabarnya seperti ini. Sebuah kapal selam modern hanya membutuhkan 50 awak. Dan sistem peluncuran rudal tidak lagi secara manual tapi dengan jaringan keamanan. Bagaimana setelah pengantian presiden Trump, masih dipertanyakan kelanjutan generasi kapal selam tersebut.

Kapal selam USS Jimmy Carter
September 2017, kapal selam USS Jimmy Carter baru pulang ke pangkalan Kitlap dengan mengibarkan bendara bajak laut. Kapal selam tipe Sea Wolf ini jarang disebutkan Pentagon, dan menjadi kapal selam paling rahasia dari seluruh kapal selam nuklir milik Amerika.

Kapal selam USS Jimmy Carter dimodifikasi dengan ukuran lebih panjang 30m dibanding kapal selam sekelasnya, dan mengikuti tradisi kapal Inggris HMS E-9 yang setiap keberhasilan misi akan mengibarkan bendara hitam dengan gambar bajak laut.

USS Jimmy Carter memuliki tugas sangat rahasia, umumnya bertugas untuk intelijen.
Mampu membawa pasukan komando, kapal yang dimodifikasi sangat khusus. Tugasnya mengantikan kapal USS Parche.
Melihat kebelakang dengan kapal selam USS Parche. Pembuatan dari tahun 1968, diluncurkan 1973, dan akhir tugas 2004. Mendapatkan 9 penghargaan Presiden.
Melakukan penyadapan komunikasi militer Soviet tahun 1979 dalam operasi Ivy Bells.
Dimodifikasi kembali sampai tahun 1991, dengan antena intelijen, gear elektronik, perangkat navigasi dan lainnya.
Tahun 1995 ditugaskan mencari bekas pecahan dari rudal DF-21 dan DF-15 China yang dijatuhkan ke laut.

USS Jimmy Carter mengantikan tugas USS Parche dan berada di pangkalan yang sama.
Memiliki lambung Multi-Mission Platfom untuk peluncuran ROV dan pasukan Navy Seal. USS Jimmy Carter pernah memberikan informasi intelijen setelah pengemboman Korea Utara Yeonpyeong.



Tugas utama mengumpulkan data intelijen untuk operasi mendatang.
Mengingat bulan September 2017 adalah momen puncak dari Korea Utara dengan negara Barat. Apa tugas kapal ini, tentu saja sangat rahasia.

Kapal selam
USS Jimmy Carter paling rahasia

Rusia dengan kapal selam kelas Yasen Rusia
Salah satu kapal selam Rusia dengan nama Severodvinsk K-560. Adalah kapal selam nuklir penyerang dan menjadi kapal selam terbaru kelas Yasen.
Pembangunan diperkirakan menghabiskan $1,6 milyar, dan Kazan lebih mahal lagi $3,5 miliar. Walau belum mengalahkan harga kapal selam Amerika  Jimmy Carter $4,8 miliar.
Membawa 90 awak kapal. Ruang reaktor terbaru generasi ke 4, mampu bekerja selama 25-40 tahun tanpa pengisian ulang.
Memiliki panjang 139 meter, kecepatan 37km perjam dipermukaan, kecepatan rata rata 52km perjam  dan kecepatan maksimum ketika menyelam 65km perjam.
Pengujian penyelaman paling dalam mencapai 600 meter.

1 kapal selam Kazan telah selesai dan di modernisasi, 1 kapal selam Severodvinsk telah bertugas, 5 tahap pembangunan.
Dibuat tahun 1993, rencana diluncurkan 1998. Masalah dana akhirnya diluncurkan tahun 2010 dan masuk uji coba 2011.
Tahun 2012 kapal selam K-560 berhasil melakukan peluncuran rudal balistik tipe Kalibr yang dirancang sebagai rudal anti kapal perang.
Tahun 2014 kembali di uji dengan meluncurkan rudal dari kedalaman 40 meter dari permukaan laut dan cukup membawa 5 awak kapal.
Tahun 2016 siap masuk tempur, dan tahun 2017 telah dilengkapi dengan rudal misil 3M14.

Kapal selam Severodvinsk K-560 ikut dalam perang Suriah.  Menembakan misil dengan jarak 600km. Tetapi kemampuan rudal dari posisi kapal selam dapat menempuh jarak 2600km dengan rudal Kalibr.
Kemampuan kapal selam tipe Yasen ini menjadi kapal selam paling tenang dari generasi kapal selam Rusia lainnya.

 Kapal selam kelas Yasen paling tenang dari seluruh tipe kapal selam Rusia

Tahun 2014, Rusia memperbaiki kapal selam lama sebanyak 13 kapal. Dan kapal selam lama lain juga di modifikasi.
Desember 2017, ada kabar Rusia memiliki 60 armada kapal selam.
Satu kapal selam dirancang membawa unit kapal selam kecil. Dan kemampuan untuk menginterfensi kabel serat optik bawah laut.
Mungkin dengan memutus atau menyadap, tetapi ini baru kabar saja.

Bila Rusia berminat menganggu kabel optik bawah laut, akan menganggu jaringan data termasuk internet di seluruh dunia. WashingtonPost



Dari jajaran kapal selam paling berbahaya, adalah tipe kapal selam nuklir SSBN atau kapal selam dengan kemampuan meluncurkan rudal balistik serta hulu ledak nuklir. Kapal selam tipe ini menjadi senjata pamungkas pertama atau serangan balasan ketika perang nuklir terjadi.

Amerika dengan 14 tipe Ohio dengan bobot 18.800 ton. Kemampuan rata rata membawa 24 rudal SLBM
Perancis Triomhant class 14,300 ton , memiliki 4 kapal selam. Kemampuan 8-12 rudal balistik Trident II
Inggris Vanguard 15.900 ton memiliki 4 kapal selam. Kemampuan 16 unit rudal M51.
Rusia memilikki 4 kapal selam Borei I Class SSBN. Kemampuan membawa 6 rudal Delta IV SSBN.
Rusia Borei dengan 10-16 rudal jarak dekat SLBM. Menjadi persenjataan paling mahal dari proyek Rusia.
Rusia dengan Typhoon class, kemampuan membawa 4 rudal lebih banyak rudal balistik dari Ohio.
China setidaknya 4 atau 6 (data masih dirahasiakan) tipe JIn Class. Data kapal selam China tidak banyak diungkap ke publik.

Dibawah ini infografik dari jumlah kapal selam nuklir yang ada dari jumlah kapal selam Rusia, Amerika dan negara di Eropa. Dikelas kapal selam nuklir dan kemampuan peluncur rudal balistik, update daftar kapal selam 2018

Kapal selam
Rusia Amerika dan Eropa jumlah armada

Dmitry Donskoy Submarine Rusia tipe Typhoon / Akula Februari 2023
Kapal selam raksasa Dmitry Donskoy kelas Typhoon pertama telah dihentikan pengoperasian.
Panjang kapal 175m lebar 23 meter, pertama berlayar tahun 1981 dengan banyak rahasia yang belum terungkap.
Pengerak 2 reaktor nuklir OK-650 berada di bagian belakang, kemampuan bertahan di bawah air antara 120 hari sebelum kembali ke dermaga untuk mengisi perbekalan.

Berbeda dengan kapal selam lain, kapal ini memiliki ruang lapang bahkan tersedia kolam renang.
Kemampuan kapal dapat menembus lapisan es untuk keluar dari persembunyian dibawah laut, dan meluncurkan rudal.
Rusia memiliki 5 tipe Akula, setelah Dmitry Donskoy di nonaktifkan.

Belgorod Submarine Rusia April 2019
Sejarak kapal selam Belgorod parkir pada tahun 1992, modifikasi kapal selam dihentikan tahun 1994.
Setelah Rusia kehilangan kapal selam Kursk tahun 2000. Pekerjaan Belgorod dilanjutkan kembali. Tapi kembali terhenti tahun 2006.
Tahun 2012 sebuah proyek baru 09852, kapal selam dimodifikasi 30 meter lebih panjang karena pemasangan kimpartemen baru dan disain ulang dibagian tengah.
Karena Belgorod menjadi kapal selam terbesar didunia.
Tabung peluncur torpedo dimodifikasi dari 2 ukuran 650mm menjadi 4 ukuran 533 mm.



Kapal selam Belgorod resmi di uji coba April 2019. Dirancang untuk membawa drone nuklir yang menghancurkan dari modifikasi kapal selam Oscar
Kapal selam dari proyek khusus 09852 banyak menarik perhatian. Kemampuan membawa drone Poseidon dan beroperasi tahun 2020.
Kemampuan kapal selam menargetkan wilayah pesisir dengan ledakan nuklir. Dan menimbulkan gelombang tsunami ke darat.
Memiliki panjang 184 meter,daya menyelam sekitar 4 bulan, kedalaman sampai 500 meter.
Mesin QK-650M 02 kekuatan 190MW dengan 2 steam turbin. Awak kapal sekitar 110.
Persenjataan 6 rudal drone Poseidon dengan hulu ledak nuklir. Torpedo terpanjang lebih dari 20 meter dan diameter 2 meter. Kabarnya modifikasi menjadi Kanyon dengan panjang 24 meter inilah menjadi persenjataan pamungkas. Terpedo diluncurkan ke pesisir pantai dengan menyelam sampai kedalaman 1000 meter
6 torpedo tube dan membawa 28 torpedo.
Dibagian bawah terdapat tempat untuk parkir sebuah kapal selam ukuran sedang.

Kapal selam Rusia Belgorod membawa torpedo nuklir untuk tsunami


Artikel Lain

Mantan metalurgi dari pabrik baja Bradken ditugaskan menguji pembuat baja kapal selam, berakhir menghadapi tuntutan karena memalsukan uji coba suhu dingin pada baja kapal selam nuklir. Sebaliknya, dia mengungkap tidak ada kapal selam meluncur di suhu dingin.

Kapal selam terbaru dikembangkan pada abad ke 21. Disebut kapal selam dengan mesin AIP sistem Stirling. Mengapa kapal selam baru menarik digunakan beberapa negara. Setidaknya 10 negara mampu membuat kapal selam lebih kecil. Tugas untuk mengawasi wilayah pesisir, tapi kemampuan menyusup lebih baik dari kapal selam besar.



USS Zumwalt sebagai kapal perang perusak Amerika sudah siap berlayar. Merupakan kapal perusak terbesar dan siap beroperasi pada tahun 2017. Pendanaan yang disetujui tahun 2001, rencananya akan dibuat sampai 30 kapal sejenis, terakhir hanya 3 telah siap pada tahun 2019.

China selesai membangun sendiri kapal induk ke 2 di dalam negeri. Reuters mengutip dari media atas pembangunan kapal induk tersebut membutuhkan waktu 6 tahun. Bukan hanya satu tapi, China berencana memiliki 4 kapal induk. Kapal induk China ke 3 sedang dibangun di Shanghai

Big Ivan atau dikenal Tzar Bomba memiliki kekuatan 57 megaton. Bagaimana melihat skala bom nuklir terbesar ini. Dibuat oleh Soviet, kekuatan 3.3x dari bom Hirosima dan Nagasaki. Beruntung hanya 1 bom Tzar Bomba yang pernah dibuat. Film rahasia 60 tahun ledakan 25kilo ton dipublikasi oleh Lawrence Livermore Lab

Menurut Bloomberg, pada tahun 2011 Amerika menghabiskan dana 589 milyar dollar untuk pertahanan. Setara 40% belanja untuk militer global. Dibelakangnya adalah China dengan 129 milyar dollar. Rusia, Perancis, Inggris, Jepang dan negara lainnya jauh lebih kecil.

Kapal selam drone mata mata Amerika tertangkap. Seperti apa alat terebut, apakah tidak dijelaskan fungsinya. Walau pemerintah China berjanji akan mengembalikan Glider selama. Apakah mereka tidak tahu banyak alat instrumen berada di lautan.



Kapal selam HMS Artful adalah kapal selam baru angkatan laut Inggris. Masuk kelas Astute baru saja dilepas ke lautan. Inggris akan menganti kapal selam besar dengan kapal selam baru dengan kemampuan membawa rudal nuklir.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Angkatan laut Amerika memiliki Hovercraft atau kapal ampibi yang dapat mendarat dari laut ke darat. LCAC - Landing Craft Air Cushion atau disebut juga Hovercraft ini berukuran sangat besar.  Hanya dimiliki 2 angkatan laut dari Amerika dan Jepang, dan masih bertahan sampai sekarang

Perusahaan kapal Simon Mokster membuat sebuah kapal Stril Luna, tapi dirancang di bagian kemudi oleh Rolls-Royce. Disain ruang kemudi kapal tidak jauh dari pesawat Star Trek dengan gaya futuristik. Lebih mirip seperti ruang kantor modern, lengkap dengan kendali layar sentuh

Kapal selam milik Rusia terbaru dinamai K-239 Severodvinsk. Dibangun selama 20 tahun dengan bahan bakar reaktor nuklir, jenis kapal selam ini untuk memburu kapal selam lain, menghancurkan kapal perang dan serangan ke darat

Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing

Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.