Daur ulang botol Heineken pernah dirancang sebagai batu bata


Green | 13 May 2012

Botol bir Heineken dirancang untuk dijadikan batu bata pernah dibuat tahun 60an. Rancangan ini datang ketika Mr. Heineken datang ke Karibia, dia melihat banyak botol menjadi sampah. Tetapi banyak bangunan disana terlihat kurang layak sebagai tempat tinggal.

Lahirlah ide membuat botol sebagai batu bata. Dirancang perusahaan disain WOBO membuat rancangan botol bir Heineken, salah produksi botol batubata tersebut dilakukan tahun 1963.  Mengunakan 100.000 botol untuk membangun 1 gudang kecil di perumahan Heineken di Noordwijk Belanda. Tetapi dukungan pabrik Heineken berhenti dan ide disain WOBO ikut berakhir.

Idenya memang menarik, bagian bawah botol terdapat lubang untuk mulut botol. Sehingga botol dapat saling mengunci ketika disusun.

Tahun 1975 ide membuat batu bata dari botol kembali muncul. Ketika Martin Pawley mempublikasikan rumah sampah termasuk memasukan pesan dari disainer pertama WOBO sebagai pencetus rumah sampah dari botol. Heineken menghubungi disainer Rinus van den Berg dan disainer perancangan rumah dari drum oli bekas. Mencoba merancang tempat pemberhentian bus dengan atap dari bekas mobil VW dan botol sebagai dinding. Tetapi ide itu tidak jadi dibuat.

Sekarang ide Heineken dengan rancangan WOBO ada di museum Heineken di Belanda. Dimana botol rancangan mereka bisa dilihat oleh pengunjung.

Mungkin ide Heineken belum bisa diterima dalam rancangan botol bir sebagai dinding rumah. Siapa tahun bisa menjadi sumber inspirasi pabrik atau masyarakat agar mengembangkan sampah bisa berguna.


Berita terkait
Memiliki rumah dengan disain biasa, tentu sudah biasa. Apakah kita berani mendisain rumah seperti ruang interior berbeda. Tidak  biasa, lebih hemat, bahkan tampil lebih unik. Ini beberapa ide untuk mendisain rumah diluar batas orang lain

Bosan dengan tutup garasi di depan rumah. Bagaimana membuat garasi tampil keren dan kreatif. Misalnya menampilkan garasi rumah seperti tempat parkir pesawat jumbo jet. Atau memperlihatkan garasi rumah kita sebuah mobil Roll Royce kuno yang harganya puluhan miliar.



Beberapa tip memudahkan kita, atau memanfaatkan barang bekas menjadi berguna. Seperti mengikat kabel, membuat gantungan baju lebih banyak, tabung bekas untuk menyimpan adaptor dan memberikan warna pada kunci.

Dari IntHralld menampilkan daur ulang biskota bekas yang sudah tidak terpakai. Mungkin sudah tidak bisa diperbaiki lagi lalu ditaruh di samping rumah. Tidak memiliki kamar tidur tapi dilengkapi dapur, sekedar tempat nongkrong seperti pendopo

Mungkin kurang tepat disebut sebagai daur ulang untuk dekorasi rumah. Beberapa bagian bisa saja dari barang yang sudah tidak terpakai lagi.
Bisa dimulai dari mendekor ulang dinding kamar, tanpa perlu melakukan pengecatan.

Computer terdiri dari bagian utama yaitu Motherboard. Bila tidak terpakai lagi, board akan dibuang menjadi sampah. Ada cara mendaur ulang komponen computer seperti papan pcb bekas menjadi clipboard.

Salah satu produsen pembuat kompor matahari adalah SolSource. Mengunakan cermin untuk memantulkan sinar matahari ke satu titik dan membuat panas sehingga bisa ditempatkan sebuah panci untuk merebus



Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Dengan dukungan Pepsi, Bosch dan kontribusi perusahaan lain. Organisasi My Shelter Foundation dapat memberikan sinar lampu bagi sepertiga penduduk miskin di Filipina. Cara membuat lampu dari botol sederhana saja.

Berapa harga air minum sekarang, berapa sampah dan biaya produksinya




No popular articles found.