Gas G2 ditengah galaksi bukan gas, kemungkinan sebuah bintang yang selamat dari Black Hole


Science | 21 December 2014

Saat ini teleskop di seluruh dunia sedang beralih mengamati pusat galaksi. Dimana mereka menjadi orang terdepan untuk mengamati lubang hitam galaksi Bima Sakti. Ilmuwan sedang mencari tahu mengapa lubang hitam di pusat kalaksi kita begitu tenang saat ini



Mereka sedang menyiapkan peralatan dengan berbagai teleskop dan sensor untuk mendapatkan panjang gelombang cahaya berbeda beda. Dan mengambil semua informasi gambar yang bisa mereka dapatkan. Menurut peneliti ada awan gas sedang mengarah ke black hole, dan ukuran gas tersebut sangat besar. Ilmuwan mencari jawaban apakah gas tersebut akan terlempar keluar dari orbitnya. Atau malah tertarik ke arah dalam. Kedua peneliti dapat menyaksikan sebuah lubang hitam yang mengkonsumsi makam mala yang cukup besar.

Perkembangan mengamati lubang hitam diatas dimulai pada tahun 2011 Gilessen dan rekan rekannya membuat temuan adanya gas kecil (menurut ukuran galaksi) yang dinamai G2 sedang mengarah ke tempat lubang hitamg. Diperkirakan akan mencapai lubang hitam pada tahun 2013. Gas G2 yang memiliki masa 3x dari ukuran Bumi terlihat mengarah lurus ke lubang hitam ditengah galaksi.



Dari hasil pengolahan data computer, hasilnya seperti video diatas. Proses terjadinya sangat lama, dimulai dari tahun 2014 sampai beberapa puluh tahun kemudian.

Menurut peneliti, pusat galaksi adalah tempat paling aneh. Lubang hitam atau black hole disana diperkirakan memiliki ukuran 4 juta kali dari Matahari. Sudah besar tapi begitu padat. Ilmuwan bahkan memperkirakan jumlah lubang hitam lain mencapai 10.000 seukuran matahari dan berada di pusat galaksi. Mungkin dulunya benda tersebut adalah bintang raksasa yang meledak menjadi supernova dan mati menjadi lubang hitam lebih kecil. Sebagian lainnya menjadi planet kerdil atau bintang neutron.
Apakah dari video diatas akan dapat dilihat secara nyata tahun ini. Proses penelitian akan berjalan dalam beberapa tahun kedepan. Maklum ini skala kosmos, prosesnya membutuhkan waktu sangat lama.

Update
Desember 2014
Space memberikan informasi pada 20 November 2014. Awas gas raksasa yang disebut G2 tersebut mulai meragukan peneliti Ghez dan rekan rekannya. Mereka menduga benda aneh tersebut adalah bintang yang tersembunyi. Awan tersebut tidak dimakan oleh lubang hitam dan terus bergerak sesuai orbitnya. Awalnya ilmuwan mengira benda tersebut hanyalah gas yang amat sangat besar dan sedang bergerak ditepian lubang hitam galaksi kita.

Penelitian benda  yang disebut G2 sudah berlangsung sejak tahun 2002, sampai tahun 2011 akhirnya Gillessen gas tersebut akan berakhir untuk dimakan atau ditarik oleh lubang hitam ditengah galaksi. Ilmuwan ingin menyaksikan seperti apa gas tersebut bisa dimakan oleh black hole. Karena kejadian ini mungkin hanya sekali dalam seumur hidup manusia sekarang. Terakhir setelah dilihat kembali, posisi G2 tidak menimbulkan kembang api atau burst.



Kesimpulan sementara, benda tersebut sebenarnya terbentuk oleh bintang kembar yang saling tarik menarik di tengah galaksi dan keduanya mendekati black hole. Proses terjadinya gas tersebut bisa disebabkan lepasnya gas dari bintang dan membuat bintang baru. Sementara benda G2 ini dianggap sebagai bintang tunggal yang terbentuk dari 2 bintang sebelumnya. Peneliti menganalisa foto dari teleskop VLT (mengunakan teleskop terbesar di dunia saat ini). Seperti urutan gambar dibawah ini, benda yang disebut G2 ditengah galakksi terlihat melintas dan tidak jatuh ke dalam lubang hitam.


Berita terkait
Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi.



Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek. Seperti apa melihat galaksi yang dilewati. Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.

Benda berbentuk lensa gravitas tersebut adalah sebuah galaksi berbentuk elip Ini hanya penemuan lubang hitam dan terlihat seperti cermin gravitasi. Dengan teleskop biasa tampak seperti lubang portal di ruang hampa

Bila bintang meledak mati menjadi bintan neutron atau black hole. Bila menjadi bintang neutron dan ada benda lain disampingnya, apa yang terjadi. Akan hangus terbakar karena radiasi si bintang induknya.




No popular articles found.