Solar power dengan cermin kelihatan di Google Maps


Green | 19 March 2014

Pembangkit listrik Ivanpah Solar Electric ada di gurun Mojave California. Mulai memproduksi listrik dengan cermin cahaya matahari dan mengarahkan sinarnya untuk memanaskan ke satu titik menara. Pembangkit listrik ini dapat memberikan listrik untuk 140 ribu rumah. Tidak hanya satu tapi ada 3 unit pembangkit



Dari tower yang menyerap cahaya panas akan merubah air menjadi uap stem sampai 500 derajat C. Air yang menjadi uap panas disalurkan ke dasar menara untuk mendorong turbin listrik. Proyek ini awalnya di tentang, di khawatirkan burung atau binatang yang lewat akan tergoreng oleh panas cermin. Bahkan sinar dari cermin tersebut dapat membutakan pilot yang tidak sengaja melintas di dekatnya.

Tetapi proyek ini tetap berjalan, setidaknya sudah ada 3 menara terlihat dari foto satelit dibawah ini. Ada satu proyek lain yang sama sedang dibuat oleh perusahaan ini.




View Larger Map


Ketika rancangan jalan dengan panel surya dibangun. Banyak antusias dari pengagas, yang mengatakan proyek tersebut akan berjalan dengan baik. Kenyataannya, yang dibangun disatu tempat, belum tentu memiliki kondisi yang sama. Disini dapat belajar dari perusahaan Wattway. Tidak mengunakan pemikiran yang sama, bila installasi di tempat berbeda.

Perusahaan Hanergy membuat terobosan baru dibidang panel surya. Mereka membuat panel surya yang tipis seperti film. Panel yang dibuat tanpa papan seperti panel pada umumnya, memiliki efisiensi 25,1%, 18,72% dan 17,88% dalam menghasilkan energi listrik.



Solarcentury SunStation adalah sistem solar panel dengan disain tipis. Dapat dipasang diatap rumah dan tidak menganggu tampilan bangunan. Kecuali bentuknya yang berwarna hitam. Bukan disain saja yang baik, harga semakin terjangkau.

Mengapa harga pembangkit solar cell bisa turun sangat cepat. Tahun 1997 harga per W masih $75, sekarang hanya tersisai $0,73 per W. Masih lebih murah dari biaya listrik gas dan batubara.

Namanya pod Harwyn, sebuah rumah kecil atau tepatnya kamar kecil. Bisa dipasang di halaman rumah. Bentuknya seperti tempat kerja atau tempat belajar ini dirancang arsitek Selwyn Blackstone.



Mungkin jarang yang memikirkan membuat solar heater ini. Soltech perusahaan Swedia membuat solusi energi bersih dengan penamas rumah yang unik. Mengunakan genteng. Kali ini langsung ditempatkan dibawah genteng rumah




No popular articles found.