Wanita keturunan Iran lepas Jilbab untuk foto di Facebook


Shortstory | 13 May 2014

Situs Twitter mungkin sudah berjasa memposting berita pemberontakan di Timur Tengah. Sekarang Faceboook memainkan peranan penting untuk wanita di Iran. Sejak Revolusi Islam 35 tahun lalu, wanita yang keluar rumah tanpa Jilbab dianggap melawan hukum dan akan dikenakan hukum penjara.

Alinejad seorang wartawan politik Iran yang tinggal di Inggris menyiapkan halaman di Facebook. Menurutnya, rambut kami seperti di penjara oleh pemerintah. Alinejab mendapatkan ide dengan memposting foto yang indah tanpa jilbab muslim di akun Facebook. Ternyata gambarnya disukai banyak orang, dan kebanyakan para wanita juga ikut mengirim foto mereka sendiri. Alinejad sebagai kritikus pemerintah Iran tapi dia mengatakan halaman Facebooknya tidak ada urusan dengan politik. Saya bukan aktivis perempuan tapi perempuan biasa untuk berbicara dari hati mereka.

Alinejab baru saja membuat halaman Stealthy Freedom, sebuah halaman di Facebook dengan 140 ribu pengikut. Disana banyak sekali wanita ikut memposting foto kebebasan dirinya. Tidak jelas otoritas Iran melihat ulah Alinejab ini. Setelah melalui pertempuran terus menerus antara kelompok konservatif garis keras dan kader muda yang sudah bosan dengan aturan ketat yang mengatur perilaku sosial mereka.

+ www.facebook.com

+ www.facebook.com/StealthyFreedom/photos_stream

+ www.bbc.com



Indonesia dibagi dalam 3 waktu, dari pulau Bali sudah masuk waktu Indonesia tengah, setelah perbatasan Timor Timur masuk waktu Indonesia bagian timur. Tapi tidak semua negara memiliki pembagian waktu sebaik Indonesia. India, China, Rusia dan Kanada memiliki waktu yang unik




No popular articles found.