Mobil listrik di Tiongkok gratis nomor plat mobil dan di subsidi


Green | 4 April 2016

Ditahun 2014. Kota Tiongkok dengan polusi, pemerintah lokal sudah memerangi dengan berbagai upaya. Kali ini teknik baru. Bagi pembeli kendaraan listrik merek Tesla diberikan nomor plat mobil gratis, setidaknya tersedia 3000 nomor plat mobil sampai semuanya diberikan.

Dengan penduduk 24 juta lebih, kota Shanghai harus melelang nomor plat kendaraan. Tujuannya agar membatasi pengunaan kendaraan di dalam kota dan mendorong masyarakat untuk mengurangi pengunaan kendaraan pribadi.

Dengan mobil listrik maka polusi asap di dalam kota dapat dikurangi. Mobil Tesla S yang baru dijual di Tiongkok akan dibebaskan dari aturan diatas. Bukan hanya simbolis saja, karena satu nomor mobil dilelang seharga $15.000.

April 2016
Kota Shanghai dikabarkan akan menawarkan subsidi bagi pembeli mobil listrik.
Mobil listrik jarak tempuh 100-150km diberikan $1500
Mobil listrik jarak tempuh 150km ke atas $4.600.
Mobil hyrid dengan daya dorong tambahan motor listrik sekurangnya 50km di subsidi $1500.
Setiap mobil dengan mesin 1,6L kebawah dan memenuhi standar baru atau sesuai dengan aturan diatas mendapatkan subsidi $2100.

Sebagai contoh kendaraan mobil listrik Tesla yang keluar tahun ini. Dijual seharga $35.000 perunit. Tetapi kendaraan tersebut memenuhi standar subsidi mobil listrik untuk kota Shanghai untuk mendapatkan potongan $4.600. Sehingga pembeli cukup mengeluarka dana sekitar $30.000 perunit.
Tetapi harga tersebut belum termasuk biaya bea import ke China.

Berita terkait
Produsen Changli membuat mobil listrik, tapi harganya sangat murah. Bentuknya kecil, praktis, ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Changli memproduksi kendaraan ini di China untuk taksi dan transportasi pribadi. Memiliki 1 kursi depan dan 2 kursi belakang.

Tahun 2014 seorang pemilik kendaraan mobil listrik jengkel dan bertekad membangun stasiun sendiri. Sekarang China menyiapkan ratusan ribu pengisian baterai kendaraan listrik. Total akan mencapai 800 ribu alat pengisian baterai mobil listrik



Kecepatan motor Kumpan Electric 1954L dibatasi sampai 45km perjam, atau bisa di pesan untuk model lebih lambat dengan kecepatan maksimum 25km/jam. Berapa harga motor listrik Kumpan Electric 1954L, tidak terlalu mahal katanya dan dibuat dalam beberapa varian

Motor Listrik Gogoro Smartscooter bentuknya seperti motor skuter Vespa. Tapi mengunakan power baterai lithium. Perusahaan baru Gogoro mengatakan motor listrik Gogoro Smartscooter mampu mencapai kecepatan 50km perjam. Dengan kekuatan jarak baterai sampai 90km lebih sebelum diganti.

Walau peraturan otomotif di China jarang ditegakan, pemerintah pusat menyatakan produsen otomotif harus memenuhi standar emisi dan pemakaian bahan bakar. Dahulu masih menutup mata, tahun depan langsung diberikan sanksi

Di Tiongkok mulai muncul kendaraan kecil dari 2  kursi penumpang. Bekerja penuh dengan power baterai, hanya mobil ini ukurannya memang kecil. Selain industri mobil listrik kecil, industri ini memicu pabrik kecil lain yang membuat komponen.

Tiongkok menargetkan 70 GW pengunaan energi dari panel surya di tahun 2017. Kota besar di Tiongkok terkenal dengan polusi yang disebabkan pembangkit batubara. Sampai ada yang membuat lelucon dengan menjual botol oksigen dari Perancis di kota Beijing.



Mengapa test mendapatkan ijin mengemudi di China sangat sulit. Anda harus menghafal semua aturan. Bila menabrak orang di jalan, hukumannya dari 3-7 tahun. Bagi penduduk asing tentu belum tentu tahu aturan seperti itu.




No popular articles found.