Erupsi matahari 9 Mei 2014


Shortstory | 31 May 2014

Seperti apa erupsi matahari. Bila gas terlempar begitu besar sampai membentuk dinding api. Untuk pertama kali Nasa mampu menangkap letusan matahari besar dengan detail yang belum pernah diambil gambarnya. mengunakan IRIS sebuah instrumen sangat sensitif dan hanya menutup zona relatif kecil.



Video ini dibuat dari Interface Region Imaging Spectrograph. Berapa ukuran foto yang diambil disini, besarnya 5 dan lebarnya  7 kali ukuran dari Bumi. Pada detik ke 2 akan terlihat sebesar apa api yang keluar dari matahari.




Perbandingan matahari dan bumi lebih jelas dilihat pada gambar dibawah, dan bandingkan dari video rekaman di atas pada detik ke 20.


Berita terkait
Satelit SDO diluncurkan 11 Februari 2010, mengambil gambar selama 10 tahun rekaman permukaan matahari. Nasa merilis hasil rekaman matahari selama 10 tahun dari aktivitas matahari. Pesawat SDO sempat melakukan kalibrasi pada tahun 2016 untuk perbaikan instrumen AIA

Matahari memiliki kilatan dan angin. Tingkat paling berbahaya adalah kilat atau Flare dibagi dalam skala logaritmik dari 1-9. Misalnya A.9 atau X.1. Tetapi hanya di tingkat X memiliki pengukuran paling kuat. X2 memiliki kekuatan dua kali dari X1. September 2017 matahari kembali memancarkan kilatan atau monster flare



Pertama tahun 2015, matahari kembali mengeluarkan kilatan cahaya setingkat X. Terjadi tanggal 11 kemarin pada jam 16:22 GMT. Daerah AR12297 terlihat peningkatan cahaya berwarna putih. Kilatan tersebut dinilai dengan X2.2, masuk kategori monster flare. X adalah tingkat paling kuat.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

NASA Solar Terrestrial Relations Observatory-Behind (Stereo-B) menangkap gambar menakjubkan minggu ini. Mengabadikan Mass Ejection Super Coronal atau pelepasan panas  di permukaan matahari disamping kanan planet Venus.




No popular articles found.