Bangun computer dengan resolusi 4K


Hardware | 4 June 2014

Membangun computer dengan tampilan gambar 4K tidak murah, setidaknya power supply besar dan VGA high

Memiliki monitor dengan ketajaman resolusi 3840x2160pixel untuk computer tidak akan berguna bila tidak didukung hardware. Apa saja perangkat yang dibutuhkan untuk menampilkan gambar 4K.



Sebelum menjawab kebutuhan teknologi 4K, kita perlu bertanya siapa kira kira yang membutuhkan resolusi setajam resolusi 4x Full HD.
  • Pengembangan, transaksi bursa saham atau mereka yang membutuhkan multi windows. Resolusi yang tajam dapat menampilkan gambar grafik di monitor cukup besar. Setidaknya terlihat pergerakan transaksi atau aplikasi dengan windows yang diperkecil dalam satu monitor.
  • Video dan audio editor. Video editor membutuhkan space cukup besar untuk mengedit track gambar. Dengan ketajaman gambar di monitor, maka track dapat terlihat lebih halus dan tetap tajam. Demikian juga hasil output video, walau kecil di layar monitor, akan sebanding 4x lebih tajam dari monitor biasa. Untuk audio editor, sudah pasti membutuhkan resolusi monitor yang tajam. Khususnya menentukan beat musik pada grafik dan equalizer. Lebih mudah melihat semua tampilan aplikasi pada satu layar cukup besar dibanding mengunakan 2-3 monitor.
  • High end gamer. Untuk antusias gamer, mengunakan monitor 4K akan menghasilkan gambar lebih tajam.
Tidak semua orang membutuhkan resolusi 4K. Karena harga tidak murah, bukan hanya monitor saja yang mahal tapi perangkat hardware pendukung.

Kebutuhan hardware untuk monitor 4K.
  • Dari monitor khusus dengan ketajaman 4K sampai resolusi 3840x2160pixel. Saat ini monitor 4K di kelas entry level sudah tersedia, walau spesifikasi refresh rate masih sekitar 30 fps. Diatasnya yang lebih bagus dengan 60Hz, untuk nantinya akan tersedia 120Hz hanya belum tampil tahun ini dan kemungkinan baru dibuat tahun 2015.
  • Grafik card. Dibutuh satu VGA yang sangat kuat atau setidaknya 2 unit VGA atau VGA sekelas GeForce 780Ti SLI atau GTX 1080
  • Untuk output dari VGA setidaknya dibutuhkan HDMI 2.0. Port output dari VGA tipe VGA (analog) dan DVI tidak mampu menayangkan gambar 4K.
  • Kemampuan procesor. Bagian ini paling penting selain procesor, RAM juga dibutuhkan cukup besar.
  • Pastinya power listrik dirumah, karena power supply yang dibutuhkan sekitar 600W, dan power VGA saja mungkin mencapai 150W.

Monitor 4K
Saat ini hanya beberapa model monitor yang mendukung resolusi 4K
Samsung 28 inch U28D590D, Dell 28 inch UP2414Q (60Hz), Asus PQ321Q 31,5 inch dan Dell UP3214Q 31,5 inch. Paling murah buatan Seiki 39" dengan resolusi 4K dan lebar 39", dijual $400.

Contoh konfigurasi dengan Radeon R9 290X dengan procesor terbaru Core i7 4770, SSD & Harddisk. Setidaknya dibutuhkan budget diatas $2000. Untuk membuat computer dengan monitor 4K tidak hanya monitor saja yang mampu. Tapi hardware lain juga dibutuhkan.



VGA 4K untuk gaming
Di bulan September tampil GeForce RTX 3090 dan RTX 3080.
VGA dengan power 200W+, mampu menampilkan permainan game 3D di computer.
Termasuk kemampuan encoding video, audio atau aplikasi 3D CAD.
Sayang harga kedua VGA tersebut tidak murah, dimulai dari $700 untuk RTX 3080.
Mungkin kedepan ada VGA yang lebih terjangkau seperti model RTX 3070.

Jangan berandai andai mengunakan monitor 4K dengan hardware terbatas, atau mendapatkan dengan harga murah. Kecuali untuk pemakaian biasa seperti office, chatting, email dan browsing, boleh saja monitor 4K dipajang di atas meja computer. Karena tidak semua kelas VGA mendukung resolusi 4K termasuk terbatasnya output ke monitor

Berita terkait
Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

Beda HDMI vs. DisplayPort vs. DVI vs. VGA. Sekarang HDMI 2.0b, DisplayPort untuk PC dan multi monitor. DVI masih bertahan tapi menunggu digantikan HDMI, VGA adalah port pertama VGA.



Data dari American Customer Satisfaction, penguna perangkat elektronik lebih puas mengunakan computer desktop yang besar, walau mereka sudah memiliki tablet dan notebook. Penguna notebook hanya memiliki kepuasan score 76, tablet lebih tinggi dengan 80.

Kali ini tampil gambar. Olympus E-M1 terlihat memiliki fitur video recording 3840x2160 MOV Fine atau recording 4K. Pilihan lain terlihat juga dengan Full HD 1920x1080 dan HD 1280x720. Jadi seru bila benar bisa merekam 4K

Agak unik namanya, bentuknya foam atau busa tembaga untuk mendinginkan computer. SilentPower sedang mencari dana untuk memproduksi heatsink silent computer. Tidak memerlukan fan tapi pendingin tembaga berbentuk busa metal.

Nvidia siapkan VGA baru GeForce GT 730. Ada 3 model, model pertama dengan 96 CUDA, 128 bit memory 1GB DDR3, kecepatan 700Mhz dengan kecepatan memory 1.8Ghz.

RAM computer memiliki setting XMP. Apakah anda sudah mengaktifkan, apakah mendapatkan speed memory yang sesuai. Bila semua sudah di setting dengan benar, apakah computer lebih cepat. Awasi panas procesor anda, karena produsen motherboard diam diam meningkatkan kinerja procesor untuk bekerja penuh




No popular articles found.