Kaca smartphone anti pecah dengan bahan CU dan Nanofiber


Technology | 8 June 2014

Kaca smartphone rentan pecah, karena perangkat ini memang portabel atau untuk dibawa. Resiko kaca pecah karena terjatuh merupakan tanggung jawab pemilik. Mengapa kaca smartphone tidak dibuat anti pecah, solusinya dari universitas Akron.

Produk kaca smartphone buatan Corning dengan Gorilla Glass memang anti gores, tapi urusan pecah masih menjadi kelemahan produksi mereka. Dari universitas Akron, tim mereka menemukan teknologi kaca perangkat gadget anti pecah. Di pimpin oleh Dr. Yu Zhu seorang asisten profesor ahli ilmu polimer, mereka sudah menguji dan kaca smartphone lebih terlindung.

Hanya mengunakan pelindung seperti pelapis dan menempel kuat di atas kaca smartphone. Tim Yu Zhu mengatakan mereka menemukan bahan untuk memperbaiki kemampuan kaca smartphone yang dibuat dengan pelindung bahan timah oksida indium yang rentan. Harganya lebih murah dan biaya produksinya lebih rendah. Biaya pelapis kaca smartphone saat ini relatif sangat mahal.

Dibawah ini sistem pelapus bahan Cu dengan kombinasi nano fiber yang disatukan ke dalam kaca smartphone.





Berita terkait
Kaca smartphone bagian belakang tidak lama lagi akan mendapat perlindungan dengan kaca Corning. Disebut Gorilla Glass DX dan DX+. Dirancang khusus untuk kaca antigores pelindung lensa camera belakang. Mampu meneruskan cahaya sampai 98%.

Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass 6 kembali mengembangkan kaca smartphone baru. Kaca Gorilla Glass Victus dibuat lebih keras dengan daya tahan gores, dan tahan jatuh sampai ketinggian 2 meter. Kekuatan kaca ditingkatkan atas permintaan produsen, ketika smartphone jatuh artinya rusak.



Smartphone yang mahal dengan harga ratusan dollar, penguna akan takut tergores. Banyak penguna smartphone membeli Screen Protector. Hati hati ada yang label saja, seperti Sapphire Defence Screen Protector ternyata cuma lembaran plastik.

Bayangkan sebuah smartphone tidak memiliki bagian atas. Yang biasa dipasangkan merek smartphone, sedangkan bagian bawah tetap sama karena digunakan untuk tombol smartphone. Disebut Sharp Conner R memiliki bezel sangat tipis.

Kyocera mengembangkan kaca Sapphire untuk smartphone. Lebih keras, tahan gores bahkan tahan terhadap goresan batu. Kabarnya iPhone 6 akan mengunakan kaca jenis ini.




No popular articles found.