Nonton TV online dan IPTV siaran lokal dan luar negeri Android computer M3U


Software | 20 July 2020

IPTV siaran dalam dan luar negeri koneksi internet untuk TV di rumah

 Tidak semua rumah memiliki jaringan TV keluar negeri seperti TV cable atau TV satelit. Bila memiliki akses internet lumayan cepat seperti kecepatan 512Kbps saja maka dapat dimanfaatkan untuk menonton siaran TV.

Bila dirumah hanya memiliki 1 TV saja, tapi ada koneksi internet. Kita dapat nonton di computer, notebook, Chromebook, smartphone, tablet android, maka kita dapat nonton di perangkat tersebut. Misal smartphone terhubung ke WIFI internet, dapat mengunakan browser siaran TV berbasis web, dari aplikasi pemilik siaran, atau dari IPTV.
Perusahaan broadcast TV ingin mendapatkan penonton sebanyak mungkin. Tidak hanya mengandalkan sinyal analog atau digital yang dapat ditangkap oleh TV dirumah, tapi layanan TV internet dapat disediakan. Jadi tidak perlu antena lagi untuk nonton, cukup koneksi internet.

Tidak berebut nonton TV, masing masing perangkat yang kita miliki sekarang dapat dinikmati untuk nonton sendiri.
Koneksi internet, tentu membutuhkan layanan internet dan terhubung ke WIFI atau LAN di rumah.

Kecepatan tersebut lebih dari cukup untuk menonton TV dari smartphone atau tablet, karena aplikasi siaran TV hanya mengunakan bandwidth kecil untuk resolusi standar.

Bila koneksi internet memadai dapat mengunakan siaran IPTV.

File IPTV untuk file M3U.
Bagian menarik untuk nonton TV dengan mencari file M3U.
File M3U berisi daftar alamat IPTV.
Seperti memiliki kanal TV pribadi, kita dapat memilih siaran yang kita suka, baik siaran luar negeri dan dalam negeri. Selama mendapat akses ke layanan pemilik siaran atau video streaming.

Setelah mendapatkan daftar siaran TV, kita dapat mengatur siaran apa yang favorit dan dapat di masukan ke daftar tersendiri.
Seperti memiliki channel TV di remote, bedanya ketika mengunakan aplikasi IPTV maka remote ada di jari tangan kita ketika menonton di layar smartphone.
Kecuali anda memiliki perangkat STB, Android Box dapat mengatur mengunakan remote control.



Daftar di dalam file M3U berisikan nama dari siaran TV internet.
Seperti alamat IP dibawah ini
#EXTINF:-1 tvg-logo="https://logoTV" group-title="INDONESIA",CNBC Indonesia
https://live.cnbcindonesia.com/livecnbc/smil:cnbctv.smil/chunklist.m3u8
 #EXTINF:-1 tvg-logo="https://logoTV" group-title="INDONESIA",CNN Indonesia
http://live.cnnindonesia.com/livecnn/smil:cnntv.smil/playlist.m3u8

Baris pertama adalah logo TV (misal file JPG), disusul nama siaran TV.
Dapat diikuti dengan tvg-country sebagai nama negara.
ID untuk nama siaran TV
Terakhir link server TV, bagian terpenting dari konten streaming yang dapat ditayangkan pada Set Top Box Android, termasuk IP server yang masih aktif.
Dilanjutkan dengan  #EXTINF: untuk nama kanal selanjutnya.

Dua kanal IPTV tersebut untuk melihat siaran CNBC atau CNN.
Daftar alamat IPTV dari siaran TV dalam dan luar negeri dimasukan menjadi satu file M3U.
Agar kita cukup memasukan semua siaran TV dan tingal tekan Next.
Tetapi tidak semua IPTV dapat ditonton, kadang blank, tidak terhubung, link kadaluarsa dan lainnya.
Kita dapat menghapus sendiri dari daftar siaran IPTV.
Atau menyatukan siaran TV yang kita sukai ke dalam satu file M3U, serta mengedit sendiri.

Bagaimana membuka file M3U.
Dapat di buka dengan aplikasi Android smartphone, Set Top Box IPTV Android, atau computer.
Yang diperlukan sebuah aplikasi player IPTV.
Player IPTV bukan software aneh, hanya fitur software atau App Android yang dapat menayangkan siaran IPTV, dan membuka daftar dari file M3U.

Aplikasi IPTV sebagai player seperti menonton film di smartphone, computer atau set top box (TV Box Android).
Perbedaannya, data tidak di ambil dari file storage, bukan dari antena, melainkan data video streaming internet dengan link IPTV dari siaran dan sumber lain.

File IPTV M3U dapat dicari via Google.com, untuk App atau software IPTV dibawah ini sebagai contoh.



Aplikasi IPTV Android
IPTV Extreme Android, biasa ditemukan di Set Top Box Root Android
Perfect Player IPTV Android, tampilan bersih.

Aplikasi IPTV Computer Windows
ProgTV PC, versi gratis cukup, ada juga yang berbayar. Tampilan kanal IP disisi kiri.
SimpleTV, Cukup drag drop file M3U
ProgDVB, player Windows dan Android. Tersedia dengan streaming radio internet dan IPTV.
VLC Player, salah satu player biasanya sudah anda install di computer. Dapat membuka IPTV M3U. Tekan tombol CTRL+L dan drag drop file M3U.

Cara membuka file M3U daftar siaran IPTV. Dapat dilihat via video Youtube, fitur Player IPTV untuk Android dan Notebook/PC Windows.
Dengan satu perangkat kecil, kita dapat nonton siaran dalam dan luar negeri dari smartphone, notebook, tablet sampai Set Top Box / Android Box.



Aplikasi diatas hanya sebagai contoh, bila ingin mengumpulkan daftar kanal IPTV.
Walau banyak siaran tidak tersedia, setidaknya dapat nonton di smartphone, computer dan Set Top Box atau Android Box.
Kita dapat melihat nama IP dari siaran IPTV, dan menambahkan ke daftar favorit.

Menghubungkan smarphone ke layar TV dengan STB atau Miracast
Fitur Miracast dapat menampilkan layar HP Android ke TV atau monitor dengan STB. Seperti teknik Mirror atau menduplikasi layar smartphone tampil di TV atau Monitor computer dengan port HDMI.

Untuk smartphone / tablet model yang masih OS Android 4.4 dan Android 5. Memiliki fitur Miracast internal untuk menampilkan layar Android ke TV atau Monitor
OS Android 4.4 dan Android 5 memiliki fitur default Screen Cast dan dapat terhubung dengan perangkat Android lain dengan penerima Miracast.
Karena model / teknologi lama, Miracast yang ada di perangkat STB kadang terjadi kelambatan.

Model terbaru disebut ChromeCast, Miracast atau Anycast. Chromecast membutuhkan koneksi internet, AnyCast dan Miracast tidak membutuhkan koneksi internet.

Perangkat tersebut terpisah dari OS, dan dibuat bekerja sendiri seperti sebuah Dongle dan bukan unit Set Top Box.
Dapat dipasang langsung pada port HDMI monitor atau TV. Harga Dongle Cast dari kisaran 65 ribu sampai 200 ribu, tergantung model yang diperlukan.

Nantinya perangkat Cast tersebut dapat dikenal smartphone, setelah terhubung untuk menampilkan layar smartphone ke layar lebih besar seperti TV atau Monitor

Contoh Miracast dibawah ini.



Bila tertarik mengutak atik, ada lagi yang menarik. Menjadikan smartphone anda sebagai remote kontrol SmartTV berbasis Android di STB.



Bila anda membeli STB bekas, atau STB batangan atau istilah lain. Pastikan membeli unit dan power adaptor (12V).
Bila tidak mendapatkan remote, dapat dibeli terpisah harganya 15K-25K saja.
Dapat mengatur On Off Volume dan Input media TV, dan remote STB dalam satu unit. Kecuali anda menghubungkan monitor LCD tentu tidak ada remote TVnya.
Cukup 1 menit untuk mengkonfigurasi remote TV ke remote STB.



Gunakan layanan TV via website mengunakan browser

Bila memiliki computer dapat melihat beberapa layanan video streaming
Beberapa extension browser juga menyediakan siaran TV streaming seperti dibawah ini



Nonton film, video di TV LCD
Terakhir bagi yang suka koleksi film, download film. Bisa nonton di TV LCD dengan Flash drive.
Periksa TV di rumah, siapa tahu ada port Flash Drive
Periksa spesifikasi model TV, siapa tahu dapat memutar format video MP4, lengkap dengan Subtitle seperti tip dibawah ini



Download film di Telegram Chatting
Yang sedang tren adalah download film dari aplikasi Telegram.
Beberapa film seri dapat ditemukan disana.



Berita terkait
Aplikasi Android untuk meampilkan informasi load CPU, suhu smartphone, pemakaian RAM, dan kecepatan internet. Informasi dari hardware smartphone tampil realtime, seperti load CPU ketika bekerja, kapasitas RAM yang terpakai, sampai kecepatan trafik WIFI di layar smartphone.

Apa yang menarik dari serial drama Korea, mengapa begitu mendapat hati penonton di Asia. Dimana bisa nonton film online. Rata rata DraKor dibuat 16 episode, ada tingkat atau rating ketika produsen akan menayangkan film di Korea. Sebagai nilai apakah sebuah serial memang menarik bagi penonton atau akan di pangkas.



Netflix Smart Download dibuka Februari 2021. Netflix konten video streaming awalnya baru uji coba untuk pasar Asia. Sekarang berbalik, konten video Asia juga di minati penonton di barat. Layanan video berbasis di Singapura sebagai perwakilan Asia, terus mengejar tayangan video baru bahkan menargetkan 1 film perminggu.

VLC bertahan selama 20 tahun. Player 4K, video 360. Sebagai media player untuk file MP4, AVC, DVD dan file video lainnya. VLC 3.03 sudah keluar update, bagi penguna VLC Player sangat disarankan mendownload update terbaru

Ketika film tampil dengan layanan streaming online berbayar, juga muncul di jaringan P2P untuk berbagi konten film. Telegram mendadak menjadi tempat berbagi film. Memiliki storage 1,5GB untuk menyimpan file, download langsung mengunakan aplikasi atau langsung menonton dari Telegram.

Dens TV layanan TV internet CBN. CBN menyediakan jaringan internet fiber optik tersedia 20 - 300Mbps dengan CBN Internet Fiber. Bonus Speed Booster, pembayaran dimuka, paket diskon, tanpa dikenakan sewa perangkat modem sampai 31 Desember 2020.

Jaringan internet dengan Fiber Optik dari MNC Play turun harga Desember 2020. Menawarkan kecepatan 30Mbps down dan up stream atau setiap paket rasio 1:1 upstream - downstream. Paket MNC Play 100 dan 200 kembali tersedia.



Kabel ethernet umum digunakan di jaringan LAN. Berkembang teknologi WIFI, kabel Ethernet tetap dibutuhkan. Khususnya untuk jaringan kantor sampai rumah. Kecepatan tranfer dari computer ke HUB atau dari HUB ke HUB WIFI Router dan lainnya lebih stabil dibanding WIFI. Apa yang berbeda dari kabel Ethernet.

Aplikasi bodong alias bohong terkadang muncul di Google Play. Ada aplikasi yang dapat membuat camera smartphone tembus pandang, ada lagi yang menjual antivirus bodong alias bohong. Januari 2019, hati hati dengan aplikasi GPS, ternyata ada yang palsu juga. Sampai di download 10 juta kali

Snapseed software foto Android, update Portrait dan Double Exposure filter. Update foto asli tetap disimpan setelah di edit. Salah satu update seperti otomatis menditeksi wajah, efek blur disekitar foto yang dibuat

Biznet Home Internet fiber 75Mbps dan 150Mbps. Internet fiber optik rumah dalam perulasan wilayah internet Biznet meliputi Jawa, Bali, Batam, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.Perangkat modem dan IPTV dapat dibeli pelanggan. Bayar GoTagihan tambahan 7 hari

Banyak aplikasi mengambil data dari smartphone dan mengirim nomor telepon penguna ke pembuat aplikasi. Tapi penguna Android terlihat tidak terlalu peduli. Satu dari 3 aplikasi yang terdata, aplikasi meminta akses ke data panggilan, kontak telepon dan nomor PIN.




No popular articles found.