Baterai yang lemah dan baru efeknya kurang baik


Stuff | 17 June 2014

Mungkin kita sering mengunakan peralatan dirumah, dan menganti baterai secara berkala.

Bila baterai yang digunakan memiliki jumlah 2 atau lebih. Biasanya kita memeriksa dengan multimeter dan melihat baterai yang paling lemah. Efeknya bisa tidak berguna.

 Menurut Rayovac, kemampuan baterai akan dibatasi dari baterai yang paling lemah.

Walau ada baterai baru yang dipasang secara bersamaan. Kekuatan baterai yang lemah membuat kekuatan baterai lebih kuat ikut menjadi lemah. Bahkan mengurangi kemampuan baterai baru.

Contoh sebuah senter dengan 2 baterai, satu baterai dipasang baru. Maka cahanya akan lebih terang tetapi tidak seterang dengan 2 baterai baru.

Demikian juga dengan baterai berbeda merek yang kekuatannya berbeda. Memiliki efek sama, dimana baterai paling kuat ikut melemah bahkan terjadi panas.


Menurut Energizer, bila baterai yang lemah telah habis. Yang lebih kuat akan memaksa memberikan debit tegangan lebih rendah. Efeknya baterai akan lebih mudah bocor bila terus digabung dengan baterai yang lemah.

Yang baik, sebaiknya ganti baterai seluruhnya agar kemampuan lebih maksimal. Dibanding berhemat menganti salah satu baterai yang lemah dengan yang baru. Atau gunakan baterai recharger untuk perangkat elektronik, dan baterai dapat di isi ulang bersama sama bila mulai melemah.

Hal ini berlaku untuk baterai recharger. Baik lithium maupun NiMH.
Baterai lithium misalnya, bila kita mengabung dengan urutan

Seri , dengan 2-3 baterai atau lebih. Salah satu baterai akan menjadi lemah ketika di charger, serta di discharge atau ketika digunakan. Kemampuan baterai tergantung kapasitas, berapa ampere output yang akan dibebankan.

Paralel, memiliki dampak berbeda. Bila satu 2 baterai dibuat paralel dan salah satu baterai mulai rusak atau melemah. Charger akan mengambil data dari baterai paling lemah. Misal ketika di charger, satu baterai telah mencapai voltase maksimum 4,2V, sedangkan satu baterai baru mencapai 4.0V/DC. Charger akan menghentikan secara otomatis ketika charger menditeksi kapasitas baterai telah mencapaai 4.2V. Hasilnya tidak akan optimal dalam pengisian baterai.
Karena salah satu baterai mendapatkan voltase 4,2V yang salah, akibat kerusakaan internal.

Tip dalam mengabung baterai.
Gunakan merek yang sama
Gunakan tipe yang sama
Gunakan kapasitas ampere yang sama.

Berita terkait
Baru 1 bulan digunakan, Redmi Note 7s meledak. Tidak di charger, tidak digunakan dan diletakan di meja. Belum dikabarkan penyebab smartphone meledak, mungkin dari baterai yang cacat. Pemimpin perusahaan investasi Cradle Fund  temukan telah meninggal. Akibat terluka dari ledakan baterai smartphone ketika tertidur. Penyebab awal dikatakan akibat dia menghirup asap dari baterai.

Ketika membeli power bank, berapa kapasitas yang anda inginkan. Tetapi berapa output sebenarnya. Apakah powerbank dengan 10.000mAh memiliki output 10.000mAh. Bagaimana menghitung kapasitas output powerbank yang kita butuhkan. Gunakanrumus sederhana dari perubahan voltase baterai ke sirkuit baterai. Dan tinggal dibagi dengan kapasitas baterai smartphone



Anda penguna camera Nikon hati hati terlalu banyak produk palsu. Bila ditanya baterai Nikon asli dan palsu, Hanya dapat dikenal dari informasi website Nikon. Karena bentuk disain label hologram sangat identik. Nikon memberikan informasi dari gambar baterai asli dan palsu. Setidaknya dapat dibedakan dengan melihat beberapa foto baterai palsu yang didapat.

Baterai smartphone Samsung Galaxy S3 meledak dan terekam oleh camera CCTV. Rekaman video ada di bank KRung Thai di Thailan. Umumnya tidak ada bukti bagaimana sebuah baterai smartphone meledak, kali ini asli terekam dari awal.

Philips di Arizona Amerika menempatkan smartphone di kantong celana. Smartphone iPhone 6 tersebut ternyata bengkok, karena tertekan bagian baterai ikut rusak. Dia mengalami luka bakar tingkat 2.

Kalau baterai smartphone meledak memang jarang terjadi, bagaimana bila baterai smartphone kembung. Khususnya baterai yang permanen seperti iPhone 3GS. Sebuah foto memperlihatkan baterai ini kembung di dalam.

Smartphone OnePlus One meledak, dan pihak OnePlus sudah meminta maaf kepada pemilik smartphone atas kegagalan baterai mereka. Baterai smartphone tersebut meletup ketika pemiliknya sedang naik kereta bawah tanah



Smartphone Samsung Galaxy S4 milik seorang remaja di Texas meledak dibawah bantal tidurnya.Dia menempatkan smartphone dibawah bantal  tdiur, untuknya dia mencium bau menyengat dan sempat mengamankan smartphone sebelum terjadi kerusakan lebih luas.

Dari SLR Launge menceritakan hasil test dari baterai AA untuk lampu flash. Mengunakan satu model lampu flash dan diuji seberapa cepat  lampu flash dapat menyala dengan satu merek baterai. Hasilnya tidak banyak berbeda

Kali ini teori terbalik dalam pengisian baterai lithium. Baterai lithium ideal diisi dengan voltase 4.2V, bila di isi diatas voltase tersebut maka umur baterai turun sampai separuh. Teorinya, semakin sering di charge maka kapasitas baterai lithium akan menurun. Mengisi baterai yang baik sampai 80% membantu usia baterai.




No popular articles found.