Tenaga surya dan angin global di beberapa negara


Green | 25 June 2014

Progres pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Salah satunya Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Seberapa besar hasil power dari pembangunan energi terbaharukan.

Untuk pembangkit listrik dengan turbin angin mencapai 318 GW untuk tahun lalu saja. Tiongkok di urutan pertama yang menambah kapasitas turbin angin sebesar 90GW dan baru menambah kapasitas 16.1GW pembangkit listrik dari turbin angin, disusul Amerika, Jerman dan Spanyol



Pembangkit dari sinar matahari  Tiongkok masih kalah dalam menghasilkan listrik dari pembangkit solar, tapi tahun lalu meningkat 11,8GB. Jepang dan Amerika juga menambah kapasitas solar untuk listrik dari 6,9 dan 4,8GW. Negara Jerman tetap teratas walau hanya menambah kapasitas 3,3GW pada tahun 2013. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit solar cell secara global menghasilkan 138GW.
Data pembangkit diatas dihasilkan dari lembar panel surya, tidak termasuk sistem pembangkit dari panas cahaya matahari.


Untuk pembangkit energi terbarukan melibatkan teknologi bioenergi, geothermal, hydropower, solar dan angin. Sekitar 6,5 juta orang pekerja terlibat dibidang ini saja. Itupun diluar dari pekerja bendungan skala raksasa, bila dimasukan maka angka pekerja yang terlibat akan lebih besar

Berita terkait
Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian

Bila kita melihat disain panel surya atau solar cell, umumnya dibuat dengan ketebalan tertentu. Berat, karena bagian kaca pelindung solar cell dan rangka aluminium untuk memasukan semua rangkaian sel surya. Perkembangan panel surya saat dibuat seperti genteng rumah.



Ini dia magnit terbesar untuk turbin angin. Mampu menghasilkan listrik kekuatan 6MB dengan satu turbin saja. Dirancang oleh GE, menjadi magnit terbesar yang pernah dibuat sampai tahun 2016.

Perusahaa Kyocera dan SPCG Mark selesai membangun pembagkit listrik dari tenaga surya atau solar cell di Thailand. Perusahaan Kyocera menyediakan 1.1 juta pannel surya. Kapasitas energi listrik tersebut diharapkan menghasilkan 345 juta kWh listrik setiap tahunnya

Pemerintah Perancis memberikan insentif bagi pekerja yang mau meninggalkan kendaraannya untuk bekerja. Dan memilih sepeda serta dibayar setiap km yang ditempuh ke tempat kerja. Setiap km jarak tempuh ke tempat kerja akan diberikan 0,25 euro atau sekitar 4000 rupiah.

Kendaraan yang tidak memenuhi pemakaian bahan bakar nasional akan dikeluarkan dari jalan raya. Kota Tiongkok mendapatkan polusi dari gas buang kendaraan bermotor. Sekitar 6 juta pemilik kendaraan tua harus bersiap mengeluarkan mobilnya dari dalam kota.

Avalanche Energy membuat pemanas air ThermalSquare dengan tenaga surya dengan disain disk TV satelit. Ukuran lebih kecil, panas cahaya matahari dipantulkan ke arah cermin pertama dan dipantulkan kembali ke sebuah cermin. Cahaya yang sudah memfokus baru diarahkan dari cermin kedua



Pemanasan global memang terjadi. AS, China, Rusia, Brasil, India, Jerman dan Inggris seharusnya bertanggung jawab atas 60% pemanasan global yang terjadi dari tahun 1906 sampai 2005. Dijelaskan dalam gambar oleh Damion.

Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.




No popular articles found.