Penerbangan salah pesan tiket elektronik ke Granada malah mampir ke Grenada


Stuff | 25 June 2014

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula.

Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan.

Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah karena selembar tiket elektronik.



Gamson mengatakan dia sudah menjelaskan via telepon ke agen British Airways melalui telepon, bahwa dia ingin pergi ke Granada Spanyol.

Sayangnya tidak memperhatikan tiket elektronik yang diterima. Setelah pesawat telah terbang 20 menit dari London, dia melihat peta penerbangan, nah loh kok malah arahnya ke barat. Lalu di tanya kepada pramugari kenapa pesawatnya tidak mengarah ke Spanyol, dan dijawab "Ke Spanyol" kita akan ke Hindia Barat om.

Bagaimana si dokter kembali. Gamson hampir tiga hari harus transit, walau masih bisa hadir di konferensi di Spanyol.

Tapi jadwal liburannya jadi berantakan. Karena dia harus kembali dengan tiket paling mahal First Class bahkan pihak British Air kurang membantu masalahnya.

Jelas saja ngambek, dan mengugat British Air.

Pihak airlines menawarkan kompensasi $376 bagi Gamson dan pasangannya, ditambah gratis penerbangan 80 ribu km.



Tapi dia pikir kerugiannya jauh lebih besar. Semua jadwal liburan sudah direncanakan jauh hari berantakan, transportasi, hotel sudah di booking akhirnya hangus.

Dipeta bisa dilihat arah dari London ke Spanyol ada di dekat Perancis. Sedangkan Gamson dan pacarnya nyasar malah nyasar ke benua Afrika.


Berita terkait
Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Disain sudah di uji coba, dan berbeda dengan yang kita bayangkan. Kontrol pesawat di kendalikan dari udara, bukan pilot di darat.

Sebuah pesawat Boeing 787 nomor P4-787 terbang dari bandara Korea Incheon ICN ke Buenos Aires EZE. Pesawat terbang nonstop sejauh 19 ribu km tanpa berhenti diluar spesifikasi pesawat. Sebelumnya sudah keliling dunia dan mampir ke beberapa kota. Untuk apa itu.



Pesawat terbesar di dunia saat ini hanya satu, An-255 atau dikenal dengan Mriya. Menjadi pesawat milik dunia, dan bukan lagi nama Rusia. Pesawat Mriya sedang sibuk, membawa 100 ton bantuan peralatan medis dari masker sampai alat laboratorium. Pesawat perlu transit 2 kali sebelum mencapai tujuan dengan durasi terbang 7 jam.

Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik 1300km perjam 8 Feb 2020, tiba 1 jam lebih cepat. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Bagi penumpang pesawat yang membawa baterai lithium kapasitas besar. Sebaiknya mengikuti aturan untuk layanan penerbangan ke Eropa dan Amerika. Power Bank di Indonesia maksimum 27.000mAh. Baterai Lithium aturan baru dari Kementerian perhubungan Maret 2018. Februari 2019, aturan pengiriman baterai hanya diijinkan dibawa oleh pesawat dengan kapasitas 30%

8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia

Pesawat Icon A5 hanya memiliki berat sekitar 700kg. Mengunakan baling baling dengan kekuatan 100bhp dari Rotax 915 IS dan bahan bakar biasa. Mei 2017, nasib pengembangan pesawat pribadi ini kian tidak menentu



Di pameran pesawat penonton akan melihat kemampuan manuver terbang jet komersil. Yang satu ini jet tempur tempur Mig 29 ini bisa langsung take off dan terbang vertikal. Seperti roket langsung menuju langit. Mig 29 memiliki kecepatan 2,25 mach

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara. Tenda segitiga adalah spot paling baik di kursi penerbangan.

Bila melihat pilot di Jepang terlihat senior, jangan heran. Jepang baru saja mencabut aturan untuk batas usia pekerjaan pilot sampai usia 67 tahun. Alasannya, kekurangan pilot di Asia.

2 pilot Air India menempatkan bahaya bagi 166 penumpang dalam penerbangan dari Bangkok ke Delhi. Karena pilot malah molor dengan menyalakan auto pilot. April 2015, Pilot dikabarkan dipukul oleh Co-pilotnya sendiri

Hanmac New Defency smartphone berbasis Android dirancang oleh disainer Perancis. Berlapis kaca sapphire, tombol bahan keramik dengan gaya Steam Punk. Harganya  mencapai $6000, apa canggihnya dari smartphone ini

Pesawat yang membawa 280 penumpang anjlok sampai 1500 meter di wilayah Turki. Regulator udara India meminta penyelidikan dengan pesawat Boeing 777 tersebut.

Boeing dan Airbus menawarkan disain pesawat jumbo jet mereka sebagai pesawat pribadi. Tentu rancangan pesawat seperti ini untuk pengusaha skala raksasa yang memiliki usahanya di seluruh dunia. Seperti apa disain di dalam pesawat jumbo jet.



Satu rekaman video takeoff dan landing dalam kondisi Crosswind direkam menjadi kompilasi video tahun 2013-2014. Rekaman dari bandara BHX Birmingham Inggris ini harus memastikan para penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman.

Satu grup penerjun payung sedang menikmati olahraga ekstrim, kali ini nyaris tragis. Ketika James terjun di ketinggian 3000 meter terjadi tabrakan antara rekannya, dia pingsan.

Amerika tahun lalu memiliki jadwal 9,8 juta penerbangan. Dibanding pesawat jaman dulu yang mengunakan kontrol manual. Teknologi pesawat saat ini mengunakan teknologi digital. Pilot hanya perlu mengawasi instrumen  ketika auto pilot diaktifkan.

Pesawat lago kelas Boeing 747 yang sudah di modifikasi salah masuk landasan. Mendarat di landasan yang kecil bahkan tidak memiliki menara kontrol. Pesawat berhasil mendarat di landasan yang pendek, masalah kedua take off

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.

Pilotnya memang jago, menghitung kemungkinan kurang baik dalam pendaratan pesawat. Dan memutuskan kembali terbang. Direkam tahun lalu di bandara Manchester, ketika terjadi angin kencang.




No popular articles found.