Reaktor nuklir ketika dinyalakan milik Sandia National


Technology | 26 June 2014

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron, melintas melalui medium dielektrik. Seperti di film James Bond cahaya reaktor dibuat berwarna biru. Warna biru memang dihasilkan dari sebuah reaktor nuklir.

Video dibawah ini terlihat ketika sebuah reaktor mulai dinyalakan. Miliki Annular Core Research Reactor - ACCR. Reaktor tersebut memiliki kekuatan 35 ribu MW untuk test selama 7 mili detik. Dimiliki oleh lab Sandia National. Reaktor ini dirancang untuk penelitian dari laboratorium nuklir.

Cairan di reaktor nuklir tersebut berisikan 14 ribu galon air deionisasi. Menurut simulasi di lab ini, sistem reaktor nuklir ACCR mampu menghasilkan listrik sampai 3x lebih besar dibanding reaktor nuklir biasa. Hanya pada percobaan selama 7 mili detik saja.



Reaktor ACCR adalah penganti reaktor lama Pulse Reaktor - ACPR yang diganti pada tahun 1978.  ACCR mengunakan bahan keramik metal, uranium dioksida atau berilium oksida sebagai bahan bakar. Dirancang untuk kestabilan reaktor dan memanaskan suhu sampai 1400 derajat Celcius.


Microsoft mulai mengunakan sistem pendingin 2 fase dengan cairan. Server computer direndam ke dalam cairan, kontak komponen panas akan langsung mengenai cairan. Gigabyte menawarkan disain memasukan computer ke dalam cairan teknik yang sama.

SpaceX akan melakukan percobaan membawa barang 1 jam ke seluruh dunia. Nasa sedang merancang roket paling besar dan kuat, memiliki tinggi lebih dari 100 meter. Mengalahkan roket Saturn V yang mengangkut manusia ke Bulan.



Belajar elemen table periodik dan isotop sekarang lebih mudah termasuk benda yang sudah jadi.3 elemen paling langka dialam semesta terbentuk dari aktivitas ekstrem. Karena Boron Lithium dan Berilium terbentuk dari aktivitas lubang hitam, elemen tubuh manusia berasal dari ruang angkasa. 6 elemen utama membentuk kehidupan di alam semesta.

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

China Manned Space Agency mempublikasikan modul stasiun ruang angkasa berawak China. Penyusunan ruang angkasa berawak pertama akan dimulai tahun 2020.  Pertama diberangkatkan dengan roket Heavy Long March 5B, modul lain menyusul dengan membawa astronot untuk merakit. China mengundang para ilmuwan dan melakukan percobaan sendiri di stasiun ruang angkasa Tianhe.



Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Tanki bahan bakar pesawat ulang alik atau space shuttle dibawa pulang ke museum. Tanki raksasa seberat 33 ton seperti ini , dahulunya digunakan sebagai tangki bahan bakar utama. Tabung tersebut dipasang di pesawat ruang angkasa, dan terakhir dilepas setelah mencapai ruang angkasa.

Teknik umum menyambung dua metal adalah di solder atau di las. Dibutuhkan panas, dan satu bagian atau dua bagian akan dirusak. Lem metal ke metal MesoGlue bentuknya seperti lem, dapat merekatkan bagian metal ke metal. Termasuk menyambung pipa, pendingin heatsink ke CPU bahkan bahan kaca.

Satu teknologi dari Fujitsu mengembangkan heatsink untuk smartphone dengan tebal 1mm. Memakai teknologi heatpiope, mampu mentranfer panas 5x lebih banyak. Ruang di smartphone sangat sempit, tidak cukup memasang fan di dalamnya.

GE adalah perusahaan pembuat turbin gas untuk pembangkit listrik. Satu model GE90 dibangun sebagai mesin turbin pembangkit listrik terbesar yang pernah dibuat di seluruh dunia. Memiliki tipe disain 9HA dengan inisial Harriet Turbin, cukup untuk menerangi 500 ribu rumah.



Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup

Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan. Rekor EAST capai 1000 detik dengan 70 juta derajat Celcius. Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi.




No popular articles found.