Kaca Sapphire smartphone Kyocera tahan dari gesekan batu


Technology | 14 July 2014

Kyocera mengembangkan kaca Sapphire untuk smartphone. Lebih keras, tahan gores bahkan tahan terhadap goresan batu. Kabarnya iPhone 6 akan mengunakan kaca jenis ini.



Sapphire adalah bahan terkuat kedua setelah berlian, bahkan disebutkan 3x lebih kuat dari kaca Gorilla Glass.
Satu kaca pembanding terlihat mengalami retakan ketika digores dengan batu (gambar atas kiri), sedangkan kaca Kyocera Sapphire terlihat mulus (kanan). Gambar dibawahnya satu kaca sebelah kiri pecah ketika jatuh terbentur dengan kerikil, sedangkan kaca Sapphire tetap utuh.

Untuk melihat kekuatan kaca buatan Kyocera bisa dilihat dari video dibawah ini. (video dibawah ini masih status unlist)


Berita terkait
Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass 6 kembali mengembangkan kaca smartphone baru. Kaca Gorilla Glass Victus dibuat lebih keras dengan daya tahan gores, dan tahan jatuh sampai ketinggian 2 meter. Kekuatan kaca ditingkatkan atas permintaan produsen, ketika smartphone jatuh artinya rusak.

Smartphone yang mahal dengan harga ratusan dollar, penguna akan takut tergores. Banyak penguna smartphone membeli Screen Protector. Hati hati ada yang label saja, seperti Sapphire Defence Screen Protector ternyata cuma lembaran plastik.



Perusahaan kaca optik Jepang Ohara mengumumkan mulai menjual kaca Clear Glass Ceramic. Kaca tersebut lebih kuat dari kaca Sapphire Crystal Glass. Kelemahan disain kaca dengan kekuatan khusus umumnya kaca tidak 100% tranmisi gambar. Istilah resmi, trasmisi gambar akan terganggu dan tidak cocok untuk kaca lensa.

Pabrik kaca Sapphire GT Advanced Technologies akan digunakan untuk iPhone. Tahun ini diperkirakan mampu memproduksi 1,35-2,25 unit untuk ukuran 5 inch

Kaca smartpone dengan pelindung baru dari CU dan Nanofiber dikembangkan oleh universitas Akron. Kendala kaca smartphone saat ini hanya tahan gores, tapi tidak anti pecah ketika terjatuh.




No popular articles found.