Restoran dan smartphone merubah kebiasaan makan masyarakat lebih lama


Stuff | 21 July 2014

Anda pernah merasakan perbedaan ketika smartphone belum ada. Apakah anda ingat apa yang berbeda. Bandingkan dengan hari ini. Tentu berbeda antara 10-15 tahun lalu dengan sekarang. Yang signifikan adalah waktu makan menjadi lebih lama.

Salah satu restoran mencari tahu di Yelp mengapa tamu restoran mereka mendapat tanggapan kurang nyaman atau mendapatkan nilai negatif dari para tamu. Bukan makanannya, tapi terlalu lama menunnggu. Satu penelitian mencari tahu bagaimana masyarakat makan di restoran menjadi lebih lama. Dikumpulkan data antara tahun 2004 sampai 2014 berdasarkan rekaman camera yang pernah dibuat dari sebuah restoran
Dari data tersebut dapat dilihat. Tamu menghabiskan 8 menit untuk melihat menu sebelum memesan makanan mereka. Bila di total sampai waktu makan tiba dan mereka membayar tagihan, 1 jam 5 menit. Astaga begitu lama makan di sebuah restoran, sampai tamu lain harus kesal menunggu.

Tahun 2014 bahkan berubah lagi. Pelanggan membuang waktu dengan mengambil foto di restoran. Ada juga yang meminta password layanan WIFI restoran. Kalau dihitung total waktunya sudah mencapai 1 jam 55 menit.

Sebenarnya pengaman melihat hal menarik dengan smartphone. Membuat masyarakat kurang sosial, kurang bergaul. Terlebih bila satu teman sibuk dengan chatting di smartphone, urusannya semakin lama untuk memulai memesan makanan. Ditambah waktu makan sambil diskusi, lagi lagi smartphone dapat menganggu pembicaraan dan terputusnya dialog.

Bila mampir ke sebuah restoran cukup favorit dan ramai pengunjung. Ada baiknya mencari restoran dengan meja makan yang cukup banyak. Jaman sekarang, jangan berharap antrian para tamu cepat selesai.

Dibawah ini perkiraan waktu dari kebiasaan masyarakat makan di restoran.

Pengunjung restoran di era 2004
Waktu
Pengunjung restoran di era 2014
Datang dan meminta menu
0 menit
Datang dan meminta menu sambil membuka smartphone
Siap memesan makanan
8 menit
Masih menanyakan, password WIFInya apa yah
 
12 menit
Ada yang bingung melakukan setting WIFI.
Makan datang, beberapa tamu bahkan memesan makanan atau minuman lain
14 menit
 
 
21 menit
Siap memesan makanan
 
27 menit
Makanan datang. Ada yang mengabadikan makanan dengan camera smartphone. Ada yang membuat foto dan review kecil.
 
34 menit
Makanan mulai dingin karena terlalu lama di diamkan
Selesai makan dan meminta tagihan
60 menit
Masih ada yang meminta foto bersama, terkadang meminta bantuan pramusaji mengambil gambar
Tamu selesai makan dan pergi
65 menit
Semua rekan dan keluarga selesai makan
 
105 menit
Membutuhkan waktu lagi selama 20 menit sampai meminta tagihan
 
115 menit
Karena beberapa orang masih melakukan chatting, bahkan sampai di luar restoran
Tahun 2004 tamu selesai makan dan pergi 1 jam 5 menit
Tahun 2014 tamu selesai makan dan pergi hampir 2 jam


Pintu depannya dibuat kecil seukuran lemari pendingin sebuah merek minuman.di rancang Alberto Cilola, membuat sebuah restoran minimalis dengan pintu depan tersembunyi. Restoran Flask and the Press adalah tempat untuk makan malam.

Makan di restoran sendirian, duh sedih sekali. Tapi tidak ada pilihan buat mereka yang bekerja malam atau sedang berpergian keluar kota. Satu lagi ide pemilik restoran Moomin menyediakan boneka untuk menemani tamu.



Sebuah restoran Ray and Stark Bar dari grup Patina berada di Los Angeles County Museum of Art. Minggu depan akan menawarkan air minum berbagai jenis. Termasuk air minum yang di impor dari Spanyol, Perancis, Jerman dan Kanada.




No popular articles found.