Kabel serat optik bawah laut seperti apa bentuknya


Technology | 16 August 2012


Tahun ini operator perusahaan telekomunikasi sudah berhasil mengirim data dengan kecepatan 100Gbps.

Melintas di lautan Atlantik sepanjang 6.000km. Tahap baru bagi pengembangan kabel optik bawah laut, di masa mendatang akan memiliki kapasitas lebih besar.

Pengembangan kabel optik berkembang cepat dalam beberapa tahun ini. Setidaknya kecepatan terakhir 40Gbps pada bulan Agustus 2009 sudah bisa dilewati.

Seperti apa bentuk kabel optik bawah lauat, apakah ukurannya sangat besar atau hanya berbentuk serat optik saja.

Sebuah kabel serat optik bawah laut dibuat dalam bentuk beberapa lapisan dan pelindung. Dari bagian luar dengan pelindung dari kerusakan luar.

Dilapis dengan bahan Mylar tape, ditahan dengan bagian besi , ditutup dengan bahan aluminium sebagai penahan air laut (bila terjadi kebocoran pada pelindung luar), tabung aluminium atau tembaga, dilapis lagi dengan jelly minyak.

Bagian terakhir di dalamnya adalah serat optik, yang ukurannya tidak lebih dari ukuran batang korek api.

Mengapa kabel perlu dibeli pelindung dengan kabel baja.

Ketika kabel diturunkan ke dasar laut yang dalam. Berat kabel akan tertarik kebawah, bila tidak ditahan dengan kawat besi maka kabel akan putus karena tarikan beban kabel itu sendiri.

Seperti apa gambar kabel serat optik bawah laut.



Undersea Cables that Connect the World

Jaringan internet 5G mulai di gelar oleh operator Verizon, dengan kecepatan 1Gbps, setidaknya 300Mbps. T-Mobile internet rata rata sampai 50Mbps. Jaringan 5G terbagi menjadi Sub-6Ghz dan mmWave. Qualcomm Snapdragon X65 menjadi chip Modem 5G yang mendukung 10Gbps untuk download. Mampu menandingi kecepatan kabel Ethernet untuk data internet.

Microsoft mulai mengunakan sistem pendingin 2 fase dengan cairan. Server computer direndam ke dalam cairan, kontak komponen panas akan langsung mengenai cairan. Gigabyte menawarkan disain memasukan computer ke dalam cairan teknik yang sama.



Facebook dan Google bermitra pada kabel bawah laut untuk menghubungkan Amerika Utara dengan Asia Tenggara. Pada tanggal 29 Maret 2021, Facebook, Google , XL, Telin mengatakan sedang merencanakan membangun 2 kabel bawah laut baru. Menghubungkan Singapura, Indonesia, dan langsung ke Amerika Utara

PLCN Pacific Light Data Communication dioperasikan akibat beban internet Asia meningkat sebagai kabel jaringan sementara. Kabel bawah laut untuk internet akan dibangun dari Amerika Utara ke Asia. 2 raksasa internet akan mengelar kabel fiber optik terpanjang dan tercepat. Menghubungkan 2 benua Amerika dan Asia

Ada minimum standar untuk mengunakan nama Ultra High Definition atau UHD. Tapi bedakan dengan nama 4K dan UHD. Apakah camera merekam 4K sebenarnya, sebenarnya camera murah tidak merekam 4K sepenuhnya.

Kabel internet Faster menjadi kabel paling cepat dengan kapasitas 60Tb/s. Google mengatakan cukup untuk mengirim file foto selfie setiap 15 detik oleh warga Taiwan dari Taiwan ke Jepang. Google akan memperluas jaringan internet, termasuk data center Google di Singapura

Satu gedung misterius di Inggris dimiliki sebuah JISC dimana membantu menghubungkan institusi pendidikan. Spencer menunjukan di dalam data center, umumnya hanya petugas saja yang boleh masuk. Ruang computer atau pusat data center disana hanya menangani computer untuk perguruan tinggi dari data biasa sampai penelitian medis



Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas

ITU telah menyetujui teknologi G.fast, standar baru yang memungkinkan jalur data 1Gbps melewati kabel telepon. G.fast disebut  ITU-T G.9701, Broadcomm menyiapkan G.Fast 500Mbit DSL

Jalur kabel optik bawah laut milik konsorsium Asia Pacific Cable Network (APCN-2) sudah ditemukan letak kerusakannya minggu lalu. 2 kabel putus dan sudah kembali normal setelah diperbaiki minggu ini.

Disebut Superomniphobic sebuah penemuan cat baru yang dapat melindungi permukaan apa saja. Cairan yang ditemukan oleh universitas Michigen ini dapat menahan air dengan bahan Hidrofobik. Tidak hanya menolak cairan yang menempel

Dari Discovery Channel. Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.

Melihat lebih dekat pabrik Canon, dari rancangan dan pembuatan lensa. Sensor di kemas ke dalam sirkuit. Disatukan di camera, dan procesor untuk mengolah gambar. Teknologi camera tidak hanya mengambil gambar manual, tapi sudah mendukung pengenal wajah. Teknologi camera juga mendukung recording video.




No popular articles found.