Galaksi NGC 6872 bila bagian sisi luar tertarik galaksi lain


Science | 22 September 2014

Galaksi NGC 6872 terletak 300 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini mengalami gangguan dari galaksi di sebelahnya. Membuat luar spiral tertarik keluar, bisa dibayangkan bila manusia yang tinggal di bumi menghadapi situasi seperti ini.

Galaksi NGC 6872 di abadikan dari Hubble dengan camera WFPC2 ini berada di konstelasi Pavo atau The Peacock. Bentuknya terlihat tidak seperti biasa, karena ada galaksi yang lewat tepat berada sisi diatas NGC 6872. Posisi sebuah galaksi kecil IC 4970 ternyata mampu menarik sebagian tepian spiral.

Padahal luas bentangan galaksi NGC 6872 mencapai 500 ribu tahun cahaya dan menjadi galaksi terbesar berbentuk spiral terbesar yang pernah ditemukan saat ini. Bandingkan dengan luas galaksi Bima Sakti hanya 100 ribu tahun cahaya. Galaksi NGC 6872 memiliki lebar 5x lebih besar.
Tapi disana terlihat kekurangan gas hidrogen, sehingga bintang disana relatif lebih sedikit atau tidak mampu membuat lebih banyak bintang baru.


Berita terkait
www.nasa.gov/content/goddard/hubble-feathers-the-peacock/
Galaksi NGC 4676 adalah dua galaksi kecil, disebut juga galaksi Tikus (Mice). Keduanya berada di konstelasi Coma Berenices yang jaraknya 290 juta tahun cahaya dari Bumi. Mungkin sekarang, kedua galaksi sudah bergabung menjadi satu galaksi utuh

Beberapa tahun terakhir ilmuwan mencoba membuat simulasi dengan mengembangkan model dari supercomputer atas pembentukan alam semesta. Tapi tidak pernah berhasil membuat yang mereka inginkan. Simulasi computer membuat galaksi yang terbentuk terlalu besar, ada yang terlalu keci. Proyek Eagle akhirnya berhasil membuat simulasi hampir mirip.




No popular articles found.